4 Alasan Kenapa Lagu Jadul Jauh Lebih Berfaedah Daripada Lagu Kekinian

“Kawan coba dengar apa jawabnya. Ketika dia kutanya mengapa. Bapak ibunya tlah lama mati. Ditelan bencana tanah ini”

Kamu mungkin masih ingat betul dengan lagu-lagu lawas yang sering diputar ayahmu di mobil saat perjalanan jauh. Atau mungkin lagu-lagu jadul yang menemani masa kecilmu dan membekas bahkan ketika kamu sudah dewasa. Jika kamu masih ingat betul dengan lirik dan makna yang terkandung di dalamnya, kamu akan menyadari bahwa lagu lama ternyata memiliki lebih banyak manfaat apabila dibandingkan dengan lagu jaman sekarang yang lebih kekinian.

Baca juga : Meski Tenar dan Sukses, 6 Tokoh Ini Juga Sempat Merasakan Kegagalan dalam Hidupnya

Lagu jadul (ytimg.com)

Jika diamati, lagu sekarang hanya memiliki unsur cinta, kesenangan dan hiburan semata. Bahkan diantaranya ada yang mengandung makna erotis yang tak layak untuk konsumsi publik. Selain itu, 4 hal berikut ini juga menguatkan bahwa lagu jadul memang lebih berfaedah daripada lagu kekinian.

Lagu lawas membuatmu belajar banyak hal

Ketika kamu menyukai sebuah lagu, rasa penasaran akan membawamu untuk cari tahu lebih banyak tentang biografi si musisi. Dan dari situ kamu bisa belajar banyak hal baru yang penting. Kamu bisa tau bagaimana perjalanan karirnya hingga akhirnya si musisi wafat.

Lagu lawas membuatmu belajar banyak hal (billboard.com)

Misalnya saja kamu menyukai salah satu lagu milik Elvis Presley, ketika membaca biodatanya mungkin kamu akan tau tentang sejarah rock n’ roll dan kondisi dunia pasca Perang Dunia II. Atau ketika kamu menyukai The Beatles, kamu bisa tau kronologis tewasnya John Lennon karena tertembak. Semua informasi tersebut akan membuka luas pengetahuan kamu tentang sejarah musik di masa lampau.

Lagu lawas juga berkaitan dengan sisi kehidupan

Disaat lagu sekarag diisi dengan masalah percintaan, lagu lawas memiliki cakupan yang lebih luas. Kamu bisa mendengar lagu yang berkaitan dengan politik dan sosial yang tengah memanas saat itu seperti lagu milik Iwan Fals. Selain itu masih banyak lagu jadul yang menggambarkan potret kehidupan sehari-hari dan mengedepankan rakyat kecil.

Lagu lawas juga berkaitan dengan sisi kehidupan (kabar.news)

Selain itu ada pula lagu dengan lirik puitis khas Ebiet G. Ade yang bikin baper sama kehidupan. Lagu jadul memiliki kekuatan untuk lebih menginspirasi generasi muda agar lebih apatis dengan lingkungan sekitar. Atau kamu masih ingat lagu KoesPlus “Kolam Susu”?

Tak hanya modal tampang, musisi jaman dulu memang benar-benar memiliki talenta

Berkat teknologi seperti autotune maupun lypsing yang canggih, penyanyi jaman sekarang dengan suara pas-pasan saja bisa menjadi artis asalkan tampang oke. Tapi jaman dulu, bakat dan talenta adalah hal yang utama. Karena mereka ditutut bisa menyayi dengan suara bagus dan tanpa bantuan teknologi apapun.

Tak hanya modal tampang, musisi jaman dulu memang benar-benar memiliki talenta (twimg.com)

Lihat saja para penyanyi lawas. Suara mereka benar-benar memiliki kualitas jempolan. Teknik menyanyi juga terbilang keren. Inilah alasannya beberapa dari mereka masih bisa eksis dan bertahan hingga sekarang. Sayangnya sebagian besar dari mereka sudah sangat tua atau bahkan banyak yang sudah meninggal.

Membentuk kepribadian menjadi lebih dewasa

Percaya nggak percaya, kepribadian manusia juga dipengaruhi oleh musik yang sering didengarkan. Saat masih kecil, kamu lebih sering mendengar lagu anak-anak sehingga kamu lebih termotivasi belajar, atau melakukan hal-hal yang sesuai dengan usia kamu. Ketika beranjak dewasa kamu mulai memilih jenis musik sendiri dan memilih nuansa hidup yang dibutuhkan.

Membentuk kepribadian menjadi lebih dewasa (cloudfront.net)

Genre favorit juga bisa digunakan untuk menebak kepribadian. Misalnya saja kamu suka musik rock, maka kamu memiliki jiwa kreatif dan juga lebih santai. Atau jika kamu suka Rap, maka kamu berjiwa seni, kreatif, suka menciptakan hal luar biasa, mempunyai harga diri, serta kepercayaan diri yang tinggi.

Bagaimanapun juga menyukai musik lawas bukan berati nggak update ataupun kudet dengan perkembangan musik saat ini. Ini hanyalah soal selera masing-masing orang yang berbeda. Jadi, siapa nih penyanyi lawas favorit kamu?

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Dalam Hubungan Idealnya Pria Lebih Tua Dibandingkan Wanita, Inilah Alasan Logisnya

Persamaan Tak Terduga Antara 7 Hokage dan 7 Presiden Indonesia