Dikenal Mampu Menggetarkan Dada, Lagu Indonesia Raya Menjadi National Anthem Terbaik Dunia

Kita patut bangga memiliki lagu kebangsaan terbaik di dunia~

Tentu kita sering melihat olahragawan meneteskan air mata saat menyanyikan lagu Indonesia raya. Bagi generasi 80an, tentu masih ingat momen Susi Susanti meneteskan air mata saat meraih emas di olipmiade Barcelona 1992. Bahkan, kini banyak sekali olahragawan yang tidak bisa menahan air mata saat menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Salah satu pemain timnas Indonesia meneteskan air mata saat menyanyikan Indonesia Raya (tribunnews.com)

Mungkin ada sih orang yang mengatakan, “ah gitu aja nangis, lebay“. Tapi perlu diketahui, jika bukan hanya momennya yang mengharukan, namun instrumen dari lagu Indonesia Raya juga dikenal sangat menusuk dada hingga tidak jarang orang yang menyanyikannya akan meneteskan air mata.

Lagu Indonesia Raya menjadi lagu kebangsaan terbaik di dunia

Banyak yang mengatakan jika instrumen lagu Indonesia Raya memiliki ruh yang menggetarkan dada setiap yang melantunkannya. Notasi yang tepat membuat lagu kebanggaan masyarakat Indonesia ini banyak dipuji oleh komposer luar negeri.

Salah satu komposer keturunan Belanda, Jozef Cleber menyebutkan jika lagu Indonesia Raya tidak hanya sebagai lagu kebangsaan saja, melainkan memiliki kekuatan magis yang membakar semangat masyarakat Indonesia. Hal inilah yang membuat Indonesia Raya dikatakan sebagai lagu kebangsaan terbaik di dunia.

WR Suprtaman pencipta Indonesa Raya (tribunews.com)

Pada tahun 2009 yang lalu, wikipedia versi bahasa Inggris juga pernah menyebutkan jika lagu Indonesia Raya menjadi salah satu lagu terbaik di dunia. Instrumen ciptaan W.R Suprtaman ini bahkan menduduki peringkat ketiga dari sepuluh lagu kebangsaan terbaik di dunia.

Tidak berlebihan jika Indonesia Raya dikatakan lebih baik dari “Star Spangled Banner” milik Amerika Srikat, “La Marsellaise” milik Perancis dan “God Save The Queen” milik Inggris. Pasalnya, instrumen yang diciptakan oleh W.R Suprtaman ini memang dibuat atas dasar semangat kemerdekaan sehingga kental dengan ruh perjuangan.

Lagu Indonesia Raya pernah dituduh hasil plagiat

Saking menariknya susunan instrumen lagu Indonesia Raya, membuat banyak pihak yang tertarik untuk meneliti setiap nada yang ada di lagu ini. Namun tidak semua pihak memuji lagu kebangaan negara kita ini, ternyata ada juga yang menuduh jika Indonesia Raya merupakan hasil plagiat dari lagu Leka-leka asal Belanda.

Mengenai persoalan tersebut, penulis paparkan sendiri di artikel berjudul Dugaan Plagiarisme Lagu Indonesia Raya, Benarkah WR Supratman Seorang Plagiat?. Terlepas dari semua itu, Lagu Indonesia Raya memang menjadi lagu terbaik sebagai media pemersatu bangsa. Setiap liriknya penuh makna dan instrumennya menggetarkan jiwa.

Written by Aulawi (Aw)

Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *