4 Kuliner Khas Natal dan Tahun Baru yang Sayangnya Bikin Kamu Gemuk

Kontrol ya.. kontrol…

Bulan Desember adalah bulan yang paling ditunggu oleh banyak orang. Selain pastinya liburan Natal dan Tahun Baru, sebagian dari kamu yang beruntung juga akan menerima bonus akhir tahun. Namun hati-hati, bulan Desember juga bulan dimana banyak orang mengalami kegemukan!


kapanlagi.com
kapanlagi.com

Lho, kok bisa? Bisa. Karena pada acara Natal dan Tahun Baru, ada kuliner khas yang bagi sebagian orang wajib dihidangkan saat berkumpul dengan keluarga atau orang tercinta. Masalahnya, selain menggoda selera, makanan-makanan itu berpotensi besar menambah berat badanmu secara singkat.

Jadi bagi kamu yang saat ini sedang menjalani program diet ketat, hindari menikmati terlalu banyak kuliner-kuliner enak di bawah ini ya!

1. Barbeque (BBQ)

Untuk mengisi acara Natal dan Tahun Baru, mungkin kamu sudah merencanakan pesta barbeque bersama keluarga atau teman-teman. Hati-hati, meskipun tak ada yang menolak menikmati barbeque yang enak, namun ada banyak lemak yang bersembunyi di balik harumnya daging dan seafood yang dibakar itu.

fundraiserinsight.org
fundraiserinsight.org

2. Candy cane

Candy cane adalah kuliner wajib di perayaan Natal. Tak hanya anak-anak, rasanya yang begitu manis tentu menggoda siapa saja untuk mencobanya. Meski begitu, kamu harus tetap mengontrol diri karena gula adalah bahan baku utama untuk membuat permen berbentuk tongkat ini.

newsapi.com.au
newsapi.com.au

3. Sajian ayam dan kuliner daging lainnya

Sama seperti barbeque, segala macam kuliner dari daging harus kamu perhatikan sebaik mungkin. Karena biasanya orang lupa mengontrol diri saat menikmati hidangan jenis ini sambil bercengkerama bersama orang-orang tercinta. Silahkan nikmati, namun ingat untuk tetap membatasi diri.

danielfooddiary.com
danielfooddiary.com

4. Alkohol

Meskipun hanya sesekali atau bahkan setahun sekali, ada baiknya kalau kamu tetap menghindari minuman ini. Alkohol itu mengandung banyak kalori. Tidak hanya itu, kamu juga tidak akan pernah sadar berapa banyak kacang, kue, dan makanan pendamping lain ketika menikmati alkohol.

servishero.io
servishero.io

Tips: Agar kamu tidak terus-menerus melihat atau bahkan dipaksa menikmati semua kuliner di atas, usahakan untuk tidak datang ke pesta Natal dan Tahun Baru lebih dari dua kali dalam satu hari. Karena jika kamu menghadiri semua undangan yang diterima, maka mau tidak mau kamu harus menyantap hidangan yang disediakan di sana.

Intinya adalah mengontrol diri, jangan sampai kamu mengawali tahun yang baru dengan murung karena berat badan yang bertambah terlalu signifikan.

Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."