8 Kuliner Menggoda yang Hanya Bisa Ditemui di Jalur Pantura

Terjebak macet di Pantura? Silahkan menepi dan isi perut

201
SHARES

Seperti biasa, Pantai Utara (Pantura) Jawa selalu menjadi jalur favorit para pemudik setiap menjelang dan habis Lebaran. Bahkan sepekan sebelum Lebaran, jalan yang beroperasi sejak jaman penjajahan Belanda ini sudah mulai dijejali kendaraan hingga menimbulkan kemacetan. Namun jangan khawatir, karena ada cara terbaik untuk keluar dari kemacetan sekaligus menghilangkan kepenatan.

Saat terjebbak macet di Pantura seperti ini, menepilah untuk istirahat dan mengisi perut. | aktual.com

Di saat kamu benar-benar merasa lelah berada di tengah-tengah kemacetan, menepilah sejenak untuk memanjakan lidah dan perut dengan kuliner pilihan di sepanjang jalur Pantura ini.

1. Pesona Laut

Sesuai namanya, menu di restoran ini didominasi oleh hidangan laut, seperti sup kepala ikan kakap, masakan cumi, udang, rajungan, dan ikan lainnya. Juga, tersedia ayam goreng dan aneka sup, mi, dan sayuran. Semua itu bisa kamu nikmati dengan harga yang paling masuk akal.

anekainfounik.wordpress.com

Di sini, kamu pun bisa istirahat sejenak di tempat tidur kayu yang memang disediakan di salah satu sudut halaman. Dan bisa jadi, ini adalah tempat terbaik untuk menghilangkan kantuk di sepanjang jalur Pantura. Pesona Laut berada di Jl. Raya Pantura, Eretan Kulon, Kandang Haur, Indramayu.

2. Empal Gentong Mang Darma

Kalau kamu penyuka masakan pedas sekaligus gutih, maka Empal Gentong Mang Darma yang terletak di Jl. Slamet Riyadi No.1, Krucuk, Cirebon, bisa dijadikan pilihan terbaik. Daging empal yang direbus beserta aneka jeroan, langsung dimasak hingga gurih bersama kaldu berwarna kekuningan.

id.orstatic.com

Kamu bisa menikmatinya bersama beberapa potong lontong. Dan kalau mau lebih pedas, tambahkan saja bubuk cabai kering yang tersebar di setiap meja. Selain bubuk cabai kering, tersedia juga kerupuk kulit kerbau super renyah yang siap menyempurnakan kuah empal pesananmu.

3. Nasi Jamblang Mang Dul

Ini merupakan tempat terbaik bagi kamu yang terpaksa harus makan sahur di jalan. Berada di Jl. DR. Cipto Mangunkusumo, Pekiringan, Kesambi, Cirebon, Nasi Jamblang Mang Dul sudah penuh dengan antrean para pemudik sejak pukul 03.00 pagi.

wisatakulinercirebon.com

Menu favoritnya tentu saja nasi jamblang, yaitu nasi yang dihidangkan dalam porsi kecil yang di atas daun jamblang (daun pohon jati), dengan pendamping khas sambal goreng, sate kentang, semur tahu kulit, ikan asing sambal roti, dadar telor kampung, perkedel kopong, dan terik daging atau ati.

4. Bubur Sop Mang Kapi

Kalau kamu kebetulan melewati Cirebon di malam hari, berarti kamu harus mampir ke Bubur Sop Mang Kapi yang menyajikan semangkuk bubur pekat bersiram sop hangat. Sopnya berisi suwiran ayam, sedikit hati dan ampela, soun, irisan kol, dan tomat merah.

debdebee.blogspot.com

Taburan di atas buburnya juga cukup berlimpah, terdiri dari kerupuk, irisan daun bawang, daun seledri, bawang goreng, dan kacang goreng. Sebelum menikmatinya, tambahkan kecap Matahari yang manis sedang dan sedikit sambal hingga rasanya menjadi gurih berpadu sedikit manis dan pedas.

Kamu bisa mencicipi bubur yang unik ini di Jl. Tentara Pelajar no. 18, Pekalangan, Pekalipan, Cirebon.

5. Sate Blengong Bu Kijah

Sate blengong adalah salah satu kuliner legendaris di Brebes. Blengong sendiri merupakan hewan hasil perkawinan antara bebek dan entok. Tekstur dagingnya mirip sekali dengan daging bebek yang memiliki serat, namun lebih lunak dan lembut saat dikunyah.

ditegal.com

Sate blengong biasa disantap dengan kupat dan juga kuah ala ketupat sayur. Selain sate bakar seperti pada umumnya, di Sate Blengong Bu Kijah yang berada di Jl. Gajah Mada no. 31, Limbangan Wetan, Brebes, kamu juga bisa memilih menu sate masak, yaitu daging blengong yang direbus dengan bumbu santan dan ditusuk dengan lidi berukuran panjang.

6. Sate Kambing Wendy’s

Nah, bagi kamu penikmat sate kambing, Sate Kambing Wendy’s adalah tempat yang tidak boleh kamu lewatkan. Sate di sini memiliki tekstur daging kambing yang empuk dan dilengkapi dengan cocolan kecap yang sedap.

ariadenta.wordpress.com

Selain sate kambing, kamu pun bisa mencoba menu sop kambing, gule kambing, serta garang asem kambing yang segar. Jangan lupa pesan segelas teh poci dengan gula batu untuk menetralisir rasa lemak daging kambing, ya! Sate Kambing Wendy’s buka di Jl. Letjend Suprapto No. 59, Tegal.

7. Gule Kepala Kakap Mas Har

Sekarang kita pindah ke Pemalang. Di kota ini, gule kepala kakap merupakan menu yang cukup terkenal. Ikan kakapnya dimasak hingga empuk, terutama ketika bagian kepalanya diseruput. Rasa kuahnya adalah perpaduan antara pedas dan gurih.

kabarpemalang.id

Gule kepala kakap paling nikmat disantap dengan nasi putih panas dan segelas es teh manis, terutama ketika cuaca sedang panas-panasnya. Rumah makan yang beralamat di Jl. Ahmad Yani No. 69B, Pemalang ini sangat layak kamu kunjungi saat mudik nanti.

8. Nasi Megono

Ingin tempat makan dengan suasana santai? Coba deh warung lesehan di Jl. Urip Sumoharjo Prilangu, Pekalongan, yang biasanya baru buka sekitar pukul 17:00 ini. Di sini, kamu bisa memilih sendiri menu yang diinginkan, mulai dari pepes ikan, sate telur puyuh, tempe mendoan, hingga capitan. Selain makanannya enak, harganya pun murah meriah.

kabarkuliner.com

Jangan lupa, berkendaralah dengan hati-hati dan selalu hormati sesama pemudik. Kalau memang lelah dan ngantuk, jangan dipaksakan. Menepilah di tempat yang aman sekaligus bisa menjamin perutmu kenyang.

Selamat mudik Lebaran!

201
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."