Tak Melulu Sate, Semua Kuliner Gosong Buruk Bagi Kesehatan

Semakin gosong memang semakin enak. Tapi, semakin ngeri juga dampaknya

Sate yang paling enak adalah sate yang tekturnya gosong-gosong. Begitu pun dengan roti bakar, terasa sangat renyah dalam kondisi agak gosong. Ya, dalam dunia kuliner, gosongnya makanan memang punya taste tersendiri. Namun, tahukah kamu jika kenikmatan itu buruk bagi kesehatan?

Siapa sangka, makanan gosong ternyata berdampak buruk bagi kesehatan. | resepkoki.id

Percaya atau tidak, ada resiko kanker akibat mengkonsumsi roti gosong, sate, kentang, serta makanan bertepung yang dimasak pada suhu tinggi hingga terlalu matang atau gosong.

Senyawa akrilamida

Makanan gosong bisa menghasilkan senyawa kimia pemicu kanker yang disebut akrilamida. Akrilamida terbentuk dari gula sederhana seperti glukosa, yang ketika dipanaskan pada suhu 120 derajat Celcius, akan bereaksi dengan asam amino alami dalam makanan yang disebut asparagin.

Makanan gosong bisa menghasilkan senyawa kimia pemicu kanker yang disebut akrilamida. | popular-world.com

Dengan kata lain, jika kamu makan makanan yang digoreng, dibakar, dan dipanggang terlalu lama atau panas hingga tampak kehitaman, maka ada banyak akrilamida yang masuk ke dalam tubuh. Dan semakin tinggi suhu serta lama pemanasan, akan semakin tinggi juga tingkat akrilamida-nya.

Dikukus atau direbus

Nah, untuk mengurangi resiko terkena kanker akibat akrilamida, mulailah untuk mengurangi konsumsi makanan yang digoreng, dibakar, dan dipanggang. Akrilamida tidak ditemukan pada makanan yang dikukus atau direbus, karena suhu pengolahannya berkisar 1.000 derajat Celsius.

Makanan yang dikukus atau direbus jauh lebih sehat daripada yang dipanggang, digoreng, atau dibakar. | republika.co.id

Selain itu, masih ada beberapa kiat lain yang bisa kamu lakukan, diantaranya:

  • Hanya memasak hingga warnanya kekuningan atau keemasan
  • Ikuti petunjuk memasak pada makanan kemasan untuk menghindari kelamaan masak
  • Hindari menyimpan kentang di kulkas sebelum dimasak, karena dapat meningkatkan kadar akrilamida. Sebaliknya, cukup simpan di tempat dingin (suhu ruang) dan gelap
  • Kurangi makanan berkalori tinggi seperti keripik dan biskuit yang merupakan sumber utama akrilamida

Selain itu, sangat penting untuk memulai pencegahan dengan memperbaiki gaya hidup buruk yang terbukti beresiko kanker. Antara lain, dengan mengurangi asupan alkohol dan menjaga badan tetap sehat. Bisa?

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *