Kuliner Penjamin Kenyang yang Layak Coba di Sepanjang Jalur Selatan

Udah jalurnya nyaman, dapet bonus kuliner enak pula!

Selain Pantura, jalur selatan Jawa juga menjadi primadona lain bagi para pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman. Nah, bagi kamu yang berencana mudik lewat jalur yang katanya tak semacet Pantura ini, jangan lupa untuk istirahat di beberapa wisata kuliner paling direkomendasikan di sepanjang jalur selatan ini ya!

Jalur mudik selatan Jawa. Bukan favorit, tapi aduhai. | harrysantosa.blogspot.com

1. Rumah Makan Cibiuk

Mari kita mulai dari barat. Saat kamu sudah sampai di kota Ciamis, istirahatlah untuk pertama kalinya di Rumah Makan Cibiuk. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai masakan Sunda yang diolah dengan cara unik: ayam kampung diberi bumbu dan dibungkus daun pisang, dimasukkan ke dalam bilah bambu, kemudian dibakar.

cepamagz.com

Kalau kamu tidak begitu suka ayam, di sini juga tersedia ikan patin dan gurame. Cara penyajiannya pun terbilang menarik karena melibatkan potongan-potongan bambu. Rumah Makan Cibiuk ada di Jalan Raya Sindangkasih nomor 90, Ciamis, Jawa Barat.

2. Rumah Makan Gentong

Sudah lapar lagi saat melintasi Tasikmalaya? Tenang, kamu bisa langsung mampir ke Rumah Makan Gentong dengan menu utama Nasi Liwet Gepuk. Nasi ini berbeda dari nasi pada umumnya karena sebelum dimasak, diberi bumbu terlebih dulu sehingga rasanya gurih.

daenkmarholiday.com

Nasi Liwet Gepuk biasa dinikmati bersama lauk gepuk atau daging sapi goreng, sayur asam, tahu tempe goreng, ikan asin jambal, ayam bakar/goreng, pepes ikan, lalapan, dan sambal. Yang lebih istimewa, rumah makan yang beralamat di Jalan Raya Gentong nomor 16, Ciawi, Tasikmalaya ini masih menggunakan kendil sebagai tempat penyajian nasi liwetnya.

3. Kerupuk Miskin dan aneka Dodol Subang

Pernah mendengar nama kerupuk miskin? Di kota-kota besar mungkin kamu akan kesulitan menemukan kerupuk yang digoreng dengan media pasir ini. Tapi di kota kecil Subang, kamu bisa mudah menemukannya karena memang dijajakan di sepanjang jalan raya lintas kota.

riskmanagement.co.id

Selain kerupuk miskin, kota Subang juga kaya dengan kuliner dodolnya, tape ketan, peuyeum ciruluk, hingga keripik nangka yang sering dijadikan oleh-oleh para pemudik yang melintas dari luar kota.

4. Mie Ongklok Pak Muhadi

Sambil mendinginkan kendaraan dan merehatkan badan sejenak saat sudah sampai di daerah Wonosobo, kamu bisa mampir ke Mie Ongklok Pak Muhadi. Sudah tahu mie ongklok? Ini adalah mie rebus khas Wonosobo yang disajikan dengan kuah kental bersama sayur dan aneka rempah.

satyawinnie.com

Di antara banyak penjual mie ongklok, Mie Ongklok Pak Muhadi yang buka di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Wonosobo, Jawa Tengah ini disebut-sebut memiliki rasa terbaik.

5. Roti Bakar 543

Kalau kamu terpaksa harus melintasi Solo malam hari, ada baiknya kamu berhenti sejenak di Roti Bakar 543. Di kedai ini, tersedia roti bakar yang disajikan dengan selai buatan rumahan dengan cita rasa lembut dan tanpa bahan pengawet.

subculinary.wordpress.com

Tak hanya roti, kedai yang beralamat di Jl. Sam Ratulangi No. 20, Manahan, Solo ini juga menyediakan menu Monster Long John. Yaitu, roti berbentuk lonjong berisi sosis sapi utuh sepanjang 40 sentimeter lengkap dengan sayuran dan kentang.

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Kisah Mulia Dibalik Nama Masjid ‘Maria, Ibu Yesus’ di Abu Dhabi

Menurut Penelitian, Manusia Hanya Bisa Memiliki 5 Sahabat yang Benar-Benar Setia dalam Satu Waktu