Kuliah Sambil Nyantri, Ini Keuntungan yang Akan Kamu Dapat

Sambil menyelam minum air, dapatkan banyak manfaat dengan kuliah sambil nyantri.

Masa SMA memang seru dan tak terlupakan. Tapi ada yang lebih seru lagi yaitu saat menjadi mahasiswa. Jika sewaktu memakai seragam putih abu-abu, kamu masih terikat dengan aturan sekolah hingga pengawasan orang tua, namun beda lagi dengan dunia perkuliahan. Kamu tidak lagi memakai seragam, sehingga ada yang menyebut jika kuliah adalah masa penuh kebebasan. Pantauan orang tua tak seketat dulu karena kamu dianggap sudah cukup dewasa untuk mengambil keputusan sendiri.

Tapi jika sampai salah pergaulan, kamu bisa terjerumus dan melakukan hal-hal yang justru akan membahayakan kamu sendiri. Misalnya saja menggunakan narkoba hingga melakukan seks bebas. Ada beberapa cara ampuh untuk membentengi diri dari pergaulan bebas yang semakin meresahkan. Salah satunya adalah dengan masuk ke pondok pesantren. Selain itu, menjadi santri juga akan membuat kamu dapat beberapa manfaat berikut ini.

1. Lebih Aman

Dibanding ngekos, tinggal di pondok pesantren lebih aman untuk mahasiswa, mengingat ancaman pergaulan yang merusak moral makin meresahkan. Tidak adanya pengawasan saat tinggal di tempat kos, membuat mahasiswa jadi bebas ngapain aja. Yang paling sering dilakukan oleh mahasiswa yang terjerumus ke pergaulan yang salah adalah seks bebas dan menggunakan narkoba.

Pondok Pesantren [via 5antri.blogspot.com]
Pondok Pesantren [via 5antri.blogspot.com]
Ada juga hobi nongkrong di tempat hiburan malam dan mabuk-mabukan. Jika sudah seperti itu tentu saja akan berpengaruh ke kuliah. Tugas tidak dikerjakan, bangun kesiangan ujung-ujungnya bolos, hingga menjadi mahasiswa kekal karena tak kunjung lulus dari kampus. Kamu bisa mencegah hal itu terjadi dengan membentengi diri sendiri. Pondok pesantren akan mendukung niat tersebut, karena kamu berada di lingkungan dengan banyak santri. Dalam satu kamar bisanya juga diisi oleh lebih dari satu orang. Kamu bisa punya teman yang bisa sama-sama saling melindungi dari pergaulan yang salah.

2. Bisa Ngirit

Jarang sekali ada pondok pesantren yang mematok biaya pendidikan yang mahal. Biaya yang dikeluarkan sudah disesuaikan dengan kebutuhan santri dan tidak didirikan untuk meraup untung dalam jumlah besar dari para santri. Dalam satu kamar diisi oleh dua atau tiga santri sehingga wajar jika harganya bisa lebih murah dari kos.

Pondok Pesantren [via islamiccenterr.blogspot.com]
Pondok Pesantren [via islamiccenterr.blogspot.com]
Bagi kamu yang kuliah dengan dana pas-pasan bisa menjatuhkan pilihan untuk tinggal di pondok pesantren, dengan begitu kamu akan lebih ngirit. Suasana di pondok yang ramai dengan santri juga akan membuatmu tertolong jika sewaktu-waktu membutuhkan bantuan. Karena di tempat ini para santri diajarkan untuk saling menolong satu sama lain tanpa mengharapkan imbalan dan suasana kekeluargaan begitu kental.

3. Dapat Ilmu Agama

Ilmu untuk dunia saja tidak cukup. Kamu bisa saja bangga menjadi orang yang cerdas, tapi jika memiliki perilaku yang buruk juga tidak akan ada gunanya. Orang lain tetap akan memandang sebelah mata dan tidak menghargai kecerdasanmu itu. Itulah mengapa penting sekali untuk mendapat siraman ilmu agama.

Dapat ilmu agama [via harisazhar.com]
Dapat ilmu agama [via harisazhar.com]
Bukan hanya untuk bekal nanti setelah kematian, tapi ilmu agama juga mengajarkan banyak hal agar manusia bisa hidup lebih baik lagi. Entah dengan sesama manusia, maupun dengan makhluk lain seperti hewan dan tumbuhan. Kamu bisa mendapatkan ilmu tersebut dengan menjadi seorang santri. Mungkin kamu awalnya akan mengernyitkan dahi saat mendengar usul kuliah sambil nyantri. Tapi setelah tahu jika pondok pesantren tidak akan mengekang justru akan membawa banyak manfaat, kamu pasti akan betah dan semangat belajar sambil ngaji.

4. Menunjang Perkuliahan

Pelajaran di pondok pesantren juga akan menunjang kuliahmu. Hampir di semua jurusan terdapat mata kuliah agama yang harus ditempuh. Apalagi jika kamu masuk ke Universitas Agama Islam, tentu saja “mondok” adalah pilihan yang tepat.

Menunjang kuliah [via alyasini.net]
Menunjang kuliah [via alyasini.net]
Kamu bisa berdiskusi tentang tugas kuliah dengan sesama santri atau meminta pendapat pada ustadz atau ustadzah tentang keputusan yang akan kamu ambil terkait kuliah. Sistem pengajaran di pondok bisa melatih kesabaran dan disiplin. Hal ini bisa sangat bermanfaat saat lulus dan terjun ke masyarakat, apapun profesimu nantinya. Entah itu sebagai dokter, guru atau pengusaha.

Itulah beberapa keuntungan kuliah sambil nyantri. Tertarik untuk mencobanya?

Written by Titasya Anugraheni

Titasya Anugraheni

She's busy with her life goals: living life to the fullest. a sky lover, sunrise hunter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *