Oh, Jadi Ini Alasannya Kenapa Kucing Suka Ngumpet Ketika Mati

Ternyata Ini Rahasianya Kenapa Bangkai Kucing Tidak Pernah Terlihat di Sekitar Kita

Pernah sadar nggak, meskipun di sekitar rumah kita banyak kucing kampung, namun kita jarang menemukan bangkainya saat dia mati? (selain mati karena tertabrak atau diracun). Ternyata, hewan yang masih satu familia dengan macan dan singa ini memiliki kebiasaan menjauh dari kehidupan manusia saat ia merasa akan mati.

kucing ngumpet saat mati (cloudfront.net)

Tidak hanya kucing, hal ini juga berlaku bagi kucing besar seperti singa, macan, harimau, dan cheetah. Kucing liar tersebut biasanya mencari semak-semak, gua, atau hutan yang lebat untuk menyembunyikan kematiannya. Lalu kenapa keluarga kucing memiliki naluri yang demikian?

Kemana yah kucing saat mau meninggal (kucingpedia.com)

Banyak spekulasi yang berkembang untuk menjawab pertanyaan ini. Namun, menurut beberapa forum pecinta kucing, hal tersebut terjadi karena beberapa kemungkinan.

Kucing memiliki naluri untuk pergi jauh dari tempat keramaian, meskipun ia tidak tahu bahwa dia akan segera mati

Kucing suka ngumpet (kucingpedia.com)

Saat kucing mengalami kondisi yang lemah, ia secara naluri akan mencari tempat yang jauh dari keramaian. Hal ini merupakan sifat alami kucing yang tidak bisa dihilangkan darinya. Uniknya, meskipun ia belum tahu akan mati atau sembuh, ia tetap bersembunyi dari keramaian.

Secara naluri kucing merupakan hewan yang sangat menutup rapat aibnya

Kucing suka menutupi aibnya (kucinglucu.net)

Konon katanya, kucing merupakan salah satu hewan yang sangat pemalu dengan aibnya. Inilah kenapa kemudian ada istilah malu-malu kucing. hewan berkumis ini juga dikenal sebagai binatang yang “mengubur” kotorannya saat ia buang air besar. Hal ini karena kotorannya dianggap sebagai aib. Pun saat ia akan mati, ia berusaha mencari tempat tersembunyi agar tidak ada yang tahu masa ajalnya.

Bila itu kucing liar, mungkin binatang itu takut ada musuh yang menyerangnya

Sudah hukum di alam liar, siapa yang lemah maka akan dimangsa yang kuat. Pun dengan keluarga kucing seperti singa, macan dan cheetah, saat mereka dalam kondisi lemah hendak meninggal, tidak menutup kemungkinan ia akan dimangsa hewan lain yang masih kuat.

Takut dimangsa hewan yang masih kuat (pixabay.com)

Hal inilah yang menjadi alasan keluarga kucing tersebut, untuk mencari tempat persembunyian paling jauh agar kematiannya tidak terlihat oleh siapapun. Selain kucing liar dan kucing kampung, kucing rumahan yang diberi kandang juga memiliki sifat yang sama. Mereka akan mencari tempat tersembunyi di dalam rumah, seperti kolong, atau pojokan rumah, saat ia merasa sudah dekat ajalnya.

Written by Aulawi (Aw)

Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *