Ini Kota Tua Terbaik di Indonesia, Saksi Bisu Sejarah Masa Lalu

Indonesia ternyata memiliki kota tua bersejarah yang terjaga hingga saat ini, bagaimana suasananya? Cari tahu di sini.

Indonesia memiliki sejarah panjang hingga bisa sampai seperti sekarang ini. Berbagai peristiwa dan gempuran teknologi serta pembangunan menuju era modern telah banyak mengubah wajah Indonesia. Beberapa kota telah banyak mengalami kemajuan terutama dalam hal pembangunan. Gedung-gedung baru bermunculan menjulang tinggi mencakar langit Nusantara. Ya, hal itu memang cukup membanggakan dan menjadi bukti bahwa negara kita tidak terlalu ketinggalan jauh dari negara maju di dunia.

Namun pembangunan seperti sebuah keadaan yang dilematis, artinya untuk membangun gedung yang lebih baru, otomatis harus menghancurkan bangunan yang sudah ada. Padahal beberapa bangunan memiliki nilai sejarah yang sangat bernilai sekali. Namun ada beberapa kota yang tetap mempertahankan bangunan-bangunan peninggalan sejarah. Kebanyakan adalah peninggalan penjajah yang dirawat dan dijaga agar bisa tetap dinikmati dari generasi ke generasi. Hal itu juga membuat kota-kota tersebut mendapat julukan sebagai kota tua. Penasaran ada di mana saja sih kota tua terbaik di Indonesia itu? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Jakarta

Jakarta saat ini telah tumbuh menjadi sebuah kota metropolitan yang padat penduduk bahkan populasinya menduduki peringkat ke 6 sebagai kota terpadat di dunia. Pertumbuhan Jakarta meningkat seiring fungsinya menjadi ibu kota negara. Meski begitu, pemerintah hingga saat ini tak serta merta menjadikan pembangunan sebagai obsesi. Buktinya, masih ada kawasan-kawasan peninggalan masa lampau yang masih terjaga.

Kota tua Jakarta [via qraved.com]
Kota tua Jakarta [via qraved.com]
Bahkan difungsikan menjadi museum dan tempat wisata. Salah satunya adalah kawasan kota tua yang luasnya mencapai 1,3 kilometer persegi melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat (Pinangsia, Taman Sari dan Roa Malaka). Di tempat inilah VOC mulai membangun kota setelah menghancurkan Jayakarta atau Sunda Kelapa. Kamu akan menemukan banyak sekali gedung tua. Mulai dari Museum Sejarah Jakarta yang dulunya adalah kantor Gubernur Jenderal VOC, hingga Stasiun Jakarta Kota .

2. Semarang

Semarang sebelumnya juga merupakan kota pelabuhan yang ramai. Sampai saat ini Semarang terus saja mengalami perkembangan, namun tak serta merta menghapus predikat sebagai salah satu kota tertua di Indonesia, bahkan Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah itu lebih tua dari Kota Jakarta. Ya, Semarang mulai berdiri pada tahun 1547. Pada masa silam, Semarang dianggap sebagai kota yang paling berkembang dan terkenal ke berbagai penjuru dunia.

Kota tua Semarang [via pegipegi.com]
Kota tua Semarang [via pegipegi.com]
Tidak heran jika seorang Laksamana Cheng Ho sampai menyempatkan diri untuk bertandang ke Semarang. Kamu akan menemukan monumen yang didedikasikan untuk laksamana Cheng Ho di Semarang. Selain itu, suasa kota tua masih begitu terasa, bangunan-bangunan peninggalan sejarah juga masih kokoh berdiri. Salah satu yang cukup terkenal adalah Lawang Sewu yaitu bangunan yang dulunya adalah gedung perusahaan kereta api Hindia Belanda.

3. Surabaya

Yang berikutnya juga memiliki sejarah sebagai pelabuhan ramai di masa lalu dan terus berkembang menjadi pelabuhan modern pada saat ini. Kota tersebut adalah Surabaya yaitu kawasan paling ramai di provinsi paling timur Pulau Jawa. Surabaya juga menjadi salah satu basis pertahanan dan perekonomian para penjajah setelah Jakarta dan Semarang. Pembangunan kota pahlawan saat itu juga tak luput dari perhatian penjajah.

Kota tua Surabaya [via swaraguna.com]
Kota tua Surabaya [via swaraguna.com]
Hal tersebut terlihat dari peninggalan bangunan hingga sistem tata kota yang mirip dengan Jakarta. yaitu adanya kawasan terpisah antara pribumi dan orang-orang Belanda. Beberapa peninggalan masih bisa kamu nikmati hingga saat ini. Penyebutan Surabaya sendiri diadaptasi dari mitos dan  legenda setempat tentang pertempuran antara suro/sura (ikan) dan boyo/baya (buaya).

Itulah beberapa kota tua yang ada di Indonesia. Selain ketiga daerah tersebut masih ada banyak daerah lainnya yang juga memiliki sejarah panjang dan jadi saksi bisu pertumbuhan negeri ini. Masih ada Magelang, Medan, Kediri dan masih banyak yang lainnya.

Written by Titasya Anugraheni

Titasya Anugraheni

She's busy with her life goals: living life to the fullest. a sky lover, sunrise hunter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *