5 Kota di Dunia yang Dijuluki Tempatnya Sejuta Pelajar, Indonesia Punya Banyak

Masuk ke beberapa kota berikut ini kamu akan akrab dengan pelajar yang berlalu-lalang.

11
SHARES

Pendidikan itu sangat penting dan harus diraih setinggi-tingginya, dipelajari sebanyak-banyaknya dan dikejar sejauh apapun. Demi mendapatkan ilmu yang berkualitas, tak sedikit orang yang memiliki impian sekolah di tempat-tempat yang sudah terkenal meluluskan pelajar yang kompeten.


Jarak yang jauh tak jadi masalah apalagi soal biaya itu nomor sekian, yang penting bisa dapat ilmu. Ada beberapa tempat yang bisa kamu datangi untuk mewujudkan impianmu itu. Ya, saking eratnya dengan dunia pendidikan, tempat-tempat tersebut dijuluki sebagai kotanya para pelajar. Di mana saja itu? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Malang

Malang adalah kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Namanya begitu terkenal, selain sebagai destinasi wisata, juga merupakan tujuan para pelajar mencari ilmu dan gelar. Ada banyak hal yang membuat Malang pantas mendapatkan julukan sebagai kota pelajar. Bukan hanya penduduk lokal saja, tapi Malang juga didatangi oleh pelajar dari luar kota. Malang juga memiliki beberapa universitas andalan dan cukup mentereng, baik yang berstatus sebagai kampus negeri maupun swasta.

Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang [via prasetya.ub.ac.id]
Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang [via prasetya.ub.ac.id]
Sebut saja Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, hingga UIN Malang. Untuk yang swasta ada Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Merdeka dan masih banyak yang lainnya. Belum lagi kampus setingkat politeknik, institut dan sekolah tinggi semua ada di Malang. Jadi para pelajar nggak bingung nyari tempat kuliah, selain itu bagi para pendatang terutama yang dari kota besar seperti Surabaya, Malang memiliki lingkungan yang nyaman untuk ditinggali. Udaranya sejuk dan biaya hidup juga terbilang murah.

2. Yogyakarta

Selain Malang, Yogyakarta atau Jogja juga mendapat julukan sebagai kota pelajar. Di Ibu Kota Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut ada banyak sekali fasilitas pendidikan yang terjamin kualitasnya. Lulusan-lulusan dari beberapa kampus di Jogja banyak yang memiliki posisi penting di Pemerintahan maupun perusahaan swasta. Tak heran jika banyak yang berbondong-bondong melanjutkan pendidikan di Jogja.

Universitas Gajah Mada [via dianloves.me]
Universitas Gajah Mada [via dianloves.me]
Bekas Ibu Kota Republik Indonesia itu juga sempat dikenal sebagai Kota Perjuangan. Dan salah satu langkah perjuangan yang dilakukan adalah dalam bidang pendidikan. Jogja pernah menjadi pusat pendidikan dan tempat berkumpulnya orang-orang terpelajar. Saat ini lebih dari 20 persen penduduk produktif Yogyakarta adalah seorang pelajar, jumlah tersebut sudah cukup membuktikan bahwa Jogja memang pantas disebut sebagai kota pelajar.

3. Bandung

Iklim di kota kembang yaitu Bandung hampir mirip dengan Malang. Tinggal di Bandung akan membuat kamu merasakan udara yang sangat sejuk dan dingin. Kondisi tersebut cukup mendukung para pelajar yang sedang menempuh pendidikan di sana. Suasana kota juga ramai dengan berbagai kegiatan sekaligus menjadi pusat mode dan kotanya anak muda.

Universitas Padjajaran [via kawankumagz.com]
Universitas Padjajaran [via kawankumagz.com]
Segala kelebihan yang dimiliki Bandung membuat kota tersebut jadi incaran para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Beberapa kampus besar terletak di Bandung. Mulai dari Institut Teknologi Bandung hingga Universitas Padjajaran.

4. Sydney

Selain Melbourne yang terkenal sebagai pusat tradisi dan budaya Australia, Kota Sydney juga menjadi pusat perhatian dunia.Jika pernah mengunjunginya, pasti kamu akan melihat pemandangan pelabuhan dengan ikon bangunannya yang menakjubkan. Sydney adalah pusat perekonomian Australia sekaligus jadi kotanya pelajar.

Universitas Sedney [via sydney.edu.au]
Universitas Sedney [via sydney.edu.au]
Para pelajar dari berbagai dunia banyak yang mendatangi kota tersebut. Ada dua universitas di Sydney yang masuk dalam deretan 100 kampus terbaik di dunia yaitu University of Sydney dan University of New South Wales.

5. Boston

Jika berbicara tentang kota pelajar terbaik di dunia, rasanya nggak afdol jika tidak menyebut Boston. Karena di kota ini bertengger universitas nomer satu di dunia yaitu Massachusetts Institute of Technology atau MIT. Selain itu ada juga Harvard University yang menduduki peringkat ke 3 dunia.

MIT [via thinglink.com]
MIT [via thinglink.com]
Kamu akan menemukan banyak sekali pelajar yang terdiri dari berbagai latar belakang budaya dan negara. Dengan statusnya yang mentereng, tak heran jika biaya pendidikan di Boston cukup tinggi termasuk juga biaya hidupnya.

Itulah beberapa kota pelajar di dunia. Kalau kamu ingin belajar di kota mana?

11
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

She's busy with her life goals: living life to the fullest. a sky lover, sunrise hunter.