4 Kota Rantau di Indonesia, Penuh Bahaya Tapi Juga Selalu Menggiurkan

Beberapa kota ini bisa kamu jadikan tujuan untuk merantau dan cari pengalaman.

Saat ini mencari pekerjaan itu sulit. Apalagi jika kamu tinggal di desa yang masih sepi. Memang suasana kampung halaman akan jauh lebih nyaman dari tempat manapun. Namun saat kamu terbentur dengan kesulitan ekonomi dan kekhawatiran akan nasib di masa mendatang bila kamu tidak memiliki pekerjaan yang menjanjikan keuntungan, maka merantau bisa jadi pilihan.

Pada saat itu kamu akan sampai pada keputusan besar. Ingin tetap di kampung halaman dengan pekerjaan yang dan penghasilan yang begitu-begitu saja atau akan melangkahkan kakimu menuju kota-kota besar untuk merantau. Jika kamu memilih untuk berangkat ke tanah rantau, kamu harus siap dalam segala hal. Mental harus kuat dan perbekalan juga cukup tidak hanya sekadar modal nekat. Ada beberapa kota yang bisa kamu tuju untuk merantau. Di mana saja itu? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Jakarta

Ada banyak sekali selentingan tentang Ibu Kota Jakarta. Posisinya sebagai kota paling penting di Indonesia, membuat Jakarta tumbuh pesat dalam banyak hal. Budaya yang semakin modern hingga lapangan pekerjaan yang banyak. Wajar karena Jakarta juga menjadi pusat ekonomi negeri ini. Kesempatanmu untuk mendapat pekerjaan layak dengan bayaran melimpah juga akan semakin besar.

Jakarta  [via id.techinasia.com]
Jakarta [via id.techinasia.com]
Standar upah pekerja di sini juga lumayan tinggi, namun di sisi lain biaya untuk hidup juga tergolong mahal. Ada yang bilang jika ibu kota itu keras dan kejam, bekali dirimu dengan wawasan yang luas. Akan lebih baik lagi jika kamu memiliki ilmu bela diri yang mumpuni. Jangan mudah percaya dengan orang, bahkan jika kamu ditawari barang-barang yang gratisan. Angkutan umum di Jakarta banyak, jadi kamu nggak perlu repot jika merantau tanpa membawa kendaraan.

2. Bandar Lampung

Bandar Lampung juga mendapat julukan sebagai Kota Rantau. Hal itu sesuai dengan kondisi Lampung yang masyarakatnya sebagian besar adalah perantau. Bandar Lampung memang memiliki keistimewaan, berbagai lapangan pekerjaan baik yang sekelas industri maupun usaha rumahan bisa didirikan di sana.

Lampung [via indra92yudi.blogspot.com]
Lampung [via indra92yudi.blogspot.com]
Kota yang berada di provinsi paling ujung  Pulau Sumatera itu juga menjanjikan kesejahteraan bagi para perantau. Ada yang berasal dari Jawa, Kalimantan, hingga daerah-daerah di Indonesia Timur. Meski begitu, kamu tetap harus berhati-hati dan pandai-pandai membaca situasi agar bisa melindungi diri di tanah rantau.

3. Yogyakarta

Yogyakarta adalah salah satu permata yang dimiliki oleh negeri ini. Sebuah simbol budaya dan sejarah sangat kental di Yogyakarta. Sensasi yang diberikan saat kamu bertandang ke Yogyakarta akan jauh berbeda dengan merantau ke Jakarta atau kota-kota lain. Selain lapangan kerja yang melimpah, kamu juga nggak akan kesulitan soal makanan. Karena jenisnya banyak dan tentu saja harganya murah.

Yogyakarta [via regional.liputan6.com]
Yogyakarta [via regional.liputan6.com]
Masyarakat setempat juga terkenal ramah dan suka membantu orang lain. Sambil bekerja, kamu juga bisa menyempatkan untuk keliling Yogyakarta sembari menikmati suguhan pariwisatanya dari pesisir pantai hingga puncak gunung.

4. Surabaya

Surabaya adalah Ibu Kota Provinsi Jawa Timur. Dengan status tersebut, Surabaya sudah pasti menjadi kota yang paling sibuk dan ramai. Bukan hanya sebagai pusat pemerintahan, tapi Surabaya juga jadi pusat industri, perdagangan, hingga wisata k[via ]uliner yang mengesankan. Kesempatanmu mendapat pekerjaan di Surabaya akan jadi lebih besar jika kamu memiliki kemampuan khusus.

Surabaya [via skyscrapercity.com]
Surabaya [via skyscrapercity.com]
Masyarakat Surabaya tentu memiliki watak yang berbeda dengan masyarakat daerah lain. Banyak yang bilang jika orang asli Surabaya nada bicaranya tinggi dan terdengar kasar, namun sebenarnya mereka tidak bermaksud sekeras itu. Sopan santun saat ada di tempat orang harus kamu terapkan agar mendapat rasa hormat dan pengertian dari orang lain.

Itulah beberapa kota di Indonesia yang mendapat julukan sebagai kota rantau dan bisa kamu tuju untuk mengadu nasib. Selain beberapa kota di atas, masih ada kota-kota lainnya seperti Semarang, Semarinda dan Denpasar. Tempat manapun yang dituju, kamu harus tahan banting dan mengedepankan sikap baik pada semua orang.  Semoga beruntung!

Written by Titasya Anugraheni

Titasya Anugraheni

She's busy with her life goals: living life to the fullest. a sky lover, sunrise hunter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *