Kontroversi “Eta Terangkanlah” yang Sedang Viral, Parodi Kreatif Atau Justru Kebablasan?

Apa jadinya kalau lagu religi pun ikut jadi bahan parodi?

Harus diakui, Indonesia memiliki segudang talenta berbakat untuk urusan parodi ataupun memviralkan hal-hal aneh. Mulai dari ‘Om Telolet Om’ hingga Despacito versi bahasa Jawa yang bisa bikin pendengarnya tertawa.

Kembali sebuah parodi lagu jadi viral belakangan ini. Kalau kamu menemukan orang-orang menyanyikan lagu dengan kalimat ‘Eta Terangkanlah’ di media sosial, maka parodi itulah yang saya maksud. Apakah ini bukti orang Indonesia itu kreatif, atau justru kebablasan, karena lagu yang diparodikan adalah lagu religi?

Asal muasal ‘Eta Terangkanlah’

Seperti yang saya ungkapkan di atas, Eta Terangkanlah adalah sebuah parodi dari lagu religi berjudul ‘Khusnul Khotimah’ yang dibawakan oleh Opick. Melalui kata ‘Eta’ yang ada pada parodinya, bisa ditebak kalau orang yang pertama menyanyikannya berdarah Sunda. Dalam bahasa Sunda, ‘Eta’ berarti ‘Itu’.

Hiji dua hiji dua tilu,
Eta terangkanlah… Eta terangkanlaahhh…
Eta jiwa yang berkabut
Eta yang penuh dosa
Ampunilah… ampunilaaah…
Ampunilah zikiri dosa mas Tono

Melalui parodi lagu Opick tersebut, ‘Eta Terangkanlah’ lantas viral berbekal pengulangan kata ‘Eta Terangkanlah’ yang terus terngiang-ngiang di telinga. Tak hanya itu, orang yang mempopulerkan parodi inipun memodifikasi lirik, tempo dan musiknya. Jika aslinya ‘Khusnul Khotimah’ bertempo lambat dengan aura sendu, maka ‘Eta Terangkanlah’ justru berirama rancak bak musik kasidah yang sering dibawakan kelompok ibu-ibu pengajian.

Dari cover lagu sampai joget ala seleb YouTube

Memang sulit untuk tidak tertawa ketika pertama kali mendengar lantunan ‘Eta Terangkanlah’. Betapa tidak, lirik yang berbau Sunda dipadukan dengan orkes mulut selayaknya ‘beatbox‘ dengan kualitas suara yang pasti ditolak oleh para juri ajang pencarian bakat.

‘Eta Terangkanlah’ makin populer karena banyak orang yang tertarik untuk membawakan dalam versi mereka sendiri. Mulai dari meng-cover lagunya, men-dubbing-kan ke video populer macam film Ultraman, maupun meniru jogetan yang dilakukan salah satu versi parodi ini. Bahkan selebritas YouTube macam Ria Ricis pun tak segan berjoget gila-gilaan dengan iringan lagu ini!

Pro kontra

Viralnya ‘Eta Terangkanlah’ tentu menuai pro dan kontra. Mereka yang pro lantas ikutan mengunggah ‘Eta Terangkanlah’ versi mereka sendiri, seperti yang kerap terjadi saat sebuah parodi viral. Biasanya, mereka beranggapan bahwa hal tersebut lucu dan menghibur. Sementara bagi yang kontra, rata-rata merupakan kawan atau fans Opick. Mereka merasa gerah karena lagu religi bertemakan tentang kematian dijadikan bahan parodi yang dibumbui joget-joget aneh.

Opick sendiri selaku penyanyi ‘Khusnul Khotimah’ justru santai atas viralnya ‘Eta Terangkanlah’. Ia mengaku sudah melihat aneka parodi ‘Eta Terangkanlah’ di media sosial dan mengaku tak mempermasalahkannya. Bahkan menurutnya, parodi itu terbilang lucu.

Lagipula, rasanya lagu ‘Khusnul Khotimah’ bisa jadi kian populer. Bukan begitu, Opick?

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Isis dan Beberapa Orang yang Dilarang Main Facebook Karena Keunikan Namanya

Apapun Alasannya, Generasi Milenial Tidak Cocok dengan Perjodohan!