Siapa Sangka, Ternyata Korea Utara Itu Tak Seseram yang Diberitakan Media-Media

Mereka justru mendobrak mindset negeri komunis yang suram

157
SHARES

Oleh banyak media, Korea Utara diberitakan sebagai negara tertutup dengan masyarakatnya yang dingin, miskin, dan selalu di bawah tekanan. Selain itu, Korut juga dimediakan sebagai negara yang getol bermain rudal balistik bermuatan hulu ledak nuklir hingga dicap sebagai negara haus perang. Hm.. sebegitu ngerikah negara yang bisa dibilang sebagai saudara kembar Korea Selatan ini?

Apakah kondisi Korea Utara itu seseram yang selama ini kita bayangkan? | reubenteo.com

Kondisi Korut yang di luar perkiraan

Sebaiknya, kita sebagai negara netral yang tidak terlibat dalam panasnya suhu politik di Semenanjung Korea, yang tidak ikut ambil bagian dalam perang urat syaraf antara Korut dan Amerika Serikat, harus bersikap netral dan tidak begitu saja menerima apa-apa yang digembar-gemborkan media.

Kita harus bersikap netral dan jangan mudah terpengaruh dengan apa yang diberitakan media-media. | reubenteo.com

Karena faktanya, kondisi dalam negeri Korut tidak setegang dan seseram yang dibayangkan oleh kita dan masyarakat internasional pada umumnya. Kebenaran ini telah dibuktikan oleh Reuben Teo, traveler asal Serawak, Malaysia, yang diijinkan masuk ke Korut yang berhasil memotret susana Korut yang bertolak belakang dengan apa yang selama ini dituduhkan.

Reuben Teo, traveler Malaysia yang telah membuktikan sendiri bahwa apa yang diberitakan media selama ini tentang Korut itu salah. | reubenteo.com

Mendobrak mindset negeri komunis

Kondisi Korut ternyata sangat indah, bersih, tertib, dan jauh dari mindset negeri komunis yang tertutup dan sangar. Kebersihan kota-kotanya pun begitu menohok dugaan kita selama ini, karena tidak ada sehelai sampah pun yang tercecer di sana.

Kota-kota di Korut begitu indah, bersih, dan jauh dari mindset negeri komunis. | reubenteo.com

Pemandangan ibukota Korut, Pyongyang, yang selama ini diberitakan oleh banyak media tidak segemerlap ibukota Korsel, Seoul, ternyata tak sepenuhnya benar. Karena pada malam hari, ribuan lampu jalan dan gedung-gedung membuat kota ini begitu gemerlap layaknya kota-kota besar pada umumnya.

Suasana ibukota Pyongyang yang sama gemerlapnya dengan kota-kota besar kebanyakan. | reubenteo.com

Destinasi wisata potensial

Sedangkan masyarakatnya, ternyata masuk dalam kategori yang biasa-biasa saja dan santai ketika melihat orang asing. Ini membuktikan bahwa sebenarnya, Korut merupakan destinasi wisata yang potensial dan sangat layak dikunjungi.

Layak dijadikan destinasi wisata yang potensial. | reubenteo.com

Buktinya, orang asing di Korut yang datang sebagai turis ternyata aman-aman saja asal mengikuti prosedur yang diberlakukan di sana, seperti Reuben Teo sendiri, misalnya.

Masyarakat Korut itu biasa-biasa saja dan santai terhadap turis asing kok. | reubenteo.com

Jadi, mari, biasakan untuk jangan langsung menelan mentah-mentah apa yang dibicarakan atau diberitakan oleh orang-orang. Karena, tentu saja, semua orang bisa bicara dan menulis di internet seenaknya, bahkan dengan berbagai propaganda di dalamnya.

157
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."