Kisah Inspiratif Ria Irawan dalam Melawan Kanker Ini Layak Diacungi Jempol

Kini ia dinyatakan bebas dari sel kanker setelah menderita kanker selama 3 tahun

Rasanya masih segar di ingatan kita bagaimana Julia Perez akhirnya menghembuskan napas terakhir setelah sebelumnya berjuang melawan kanker serviks yang telah dideritanya. Kita tahu, kanker adalah salah satu penyakit yang menjadi momok bagi banyak orang karena keganasannya.

Baca juga : Kisah Inspiratif Pasien Kanker Payudara yang Sudah 49 Kali Kemoterapi dan Menolak Kalah Oleh Penyakitnya

Dan dari sekian banyak penderita kanker, nama artis senior Ria Irawan menjadi salah satu yang bisa bertahan dan mendapat kesembuhan dari Tuhan. Ria yang telah terkena kanker getah bening stadium 3 sejak tahun 2014, akhirnya dinyatakan bersih dari sel kanker di awal tahun 2017 lalu. Kisah perjuangannya yang menakjubkan itu semoga bisa menjadi penyemangat hidup bagi siapapun yang saat ini divonis menderita kanker.

Memahami penyakit lebih dalam

Setegar dan setabah apapun seseorang, ia tetap akan terguncang jika mengetahui bahwa dirinya terkena kanker. Begitu juga dengan Ria Irawan. Meski begitu, ia tidak mau hanya diam dan meratapi nasib. Ia justru terus mencari tahu berbagai informasi mengenai penyakit yang dideritanya, termasuk dengan langkah-langkah apa yang harus diambil untuk mencari kesembuhan.

Ria Irawan sukses melawan kanker karena kegigihannya (kompas.com)

Memahami berbagai informasi tentang penyakit yang diderita amatlah perlu, karena ini bisa membantumu dan keluarga untuk bisa segera memberikan keputusan jika ada tindakan yang perlu diambil, termasuk urusan pembiayaan untuk pengobatan. Ria Irawan juga memanfaatkan program BPJS untuk membantunya menutupi biaya pengobatan kanker yang mahal.

Ceritakan detail informasi yang diminta dokter

Untuk bisa mendapatkan penanganan terbaik, pasien harus jujur pada segala pertanyaan yang ditanyakan oleh dokter. Hal ini diperlukan untuk membantu dokter memutuskan prosedu terbaik yang harus dijalani pasien. Segala macam keluhan yang dirasakan perlu disampaikan sepenuhnya agar tidak terjadi kesalahan dalam pemberian terapi pengobatan.

Tetap optimis

Selama menjalani masa pengobatan, jangan biarkan pikiran bersedih. Tetaplah optimis dan tak perlu mendramatisir keadaan. Ada banyak rumor beredar mengenai pengobatan kanker, khususnya khemoterapi. Cari tahu informasinya dengan benar dan jangan termakan isu-isu semata.

Ria Irawan tetap berpikir positif selama menjalani pengobatan (liputan6.com)

Begitu pula yang dilakukan Ria. Selain terus mencari informasi seputar penyakitnya, ia juga tidak ragu untuk mengikuti anjuran yang disarankan dokter hingga dirinya dinyatakan bersih dari sel kanker. Meski begitu, Ria tetap disiplin menjalani berbagai proses lain yang diperlukan untuk menjaga dirinya tetap bebas dari sel kanker.

Menghindari makanan yang menyebabkan sel kanker kian ganas

Ria saat akan menjalani kemoterapi (jawapos.com)

Selain aneka proses, prosedur, dan pengetahuan seputar penyakit yang diderita, Ria Irawan juga membekali dirinya dengan pengetahuan mengenai makanan apa saja yang pantang disantap oleh orang yang terkena penyakit kanker. Mulai dari gula, junk food, susu, kopi, teh dan cokelat ia hindari agar sel kanker kelaparan karena tidak mendapat asupan makanan untuk pertumbuhannya.

Menjaga pikiran tetap positif

Sejak awal, Ria sudah meyakini bahwa semua penyakit di dunia ini ada obatnya. Oleh karena itulah ia juga yakin bahwa penyakitnya bisa disembuhkan. Ria pun menjaga jiwa, raga dan pikirannya tetap positif agar semangat sembuhnya selalu ada.

Ria bersama almarhumah Julia Perez (oketekno.com)

Kita tahu ada banyak penderita kanker yang kemudian merasa kehilangan motivasi hidup setelah tahu dirinya mengidap kanker. Padahal, dengan bersikap seperti itu, secara tak langsung si penderita sudah menyerah kalah pada penyakit kanker. Oleh karenanya, hindarilah segala macam pikiran yang negatif agar tubuh bisa ikut tersugesti dan menyembuhkan dirinya.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Keren, Cina Punya Perpustakaan Modern dengan 1,2 Juta Koleksi Buku

Akibat Buruk yang Kamu Dapatkan Jika Mencintai Kekasih Secara Berlebihan