7 Khasiat Kopi Hijau Bagi Tubuh, yang Membuatnya Layak Dijuluki Sebagai Biji Ajaib

Sisi lain biji kopi, minuman nikmat dengan khasiat tubuh sehat!

Ada kabar gembira buat kamu yang menyukai minum kopi, karena jika selama ini kita lebih sering mendengarkan terkait informasi dampak negatif dari minuman kopi, kali ini kita akan membahas tentang hal-hal positif yang terkandung dalam biji kopi. Khususnya kopi hijau. Kopi hijau sendiri merupakan kopi arabica yang dalam pengolahannya tidak melalui proses sangrai atau roasting.

Baca juga : Kehamilan Pertama Rawan Keguguran? Inilah yang Harus Mamah Muda Lakukan

Kopi hijau memiliki kandungan yang baik bagi tubuh lebih banyak dibandingkan dengan kopi hitam. Hal itu disebabkan utuhnya kandungan antioksidan dan kandungan farmakolugus, akibat tidak melalui roasting atau penyangraian. Selain itu, kopi hijau juga kaya akan kandungan asam klorogenat yangmerupakan zat terbaik untuk membantu proses diet. Nah agar lebih jelas terkait apa saja manfaat dari kopi hijau untuk tubuh, sila baca artikel ini sampai selesai.

1. Mencegah kolesterol

Khasiat dari kopi hijau yang pertama ialah mencegah datangnya kolesterol. Dari beberapa hasil penelitian, kopi hijau memiliki kandungan yang mampu mencegah timbulnya Low Density Lipoprotein atau (LDL) yang merupakan kolestrol jahat. Penelitian yang dilakukan menunjukkan jika seserorang dengan rutin mengkonsumsi kopi hiijau, kecenderungan seseorang itu terkena kolesterol sangat tipis bahkan hampir nol persen.

Khasiat Kopi Hijau
ahlikolesterol.com

2. Mengatasi penyakit alzheimer

Penyakit alzheimer merupakan penyakit kelainan mental yang disebabkan oleh rusaknya sistem saraf pada otak. Ciri-ciri dari penyakit ini biasanya pasien mengalami penurunan daya ingat, mulai susah berbicara dan perubahan dalam tingkah lakunya. Nah, salah satu khasiat dari kopi hijau ialah mampu mengatasi penyakit alzheimer ini. Kandungan polifenol dalam kopi hijau yang tinggi mampu melawan Amiloid Beta (ABeta) yang merupakan protein dalam otak penyebab alzheimer.

Khasiat Kopi Hijau
gazettereview.com

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pada usia remaja dan dewasa, sistem kekebalan tubuh sedang baik-baiknya, namun jika usia sudah mulai memasuki uzur, maka dengan sendirinya sistem kekebalan tubuh lebih menurun. Hal ini yang mengakibatkan seseorang yang usianya sudah uzur mudah sakit. Namun usia muda juga bisa mengalami penurunan sistema kekebalan tubuh, kondisi lingkungan yang kurang sehat dan banyaknya toksin dalam tubuh membuat imun tubuh semakin lemah.

Khasiat Kopi Hijau
autoimunitas.com

Untuk menjaga imun tubuh agar tetap kuat, salah satu caranya ialah dengan mengkonsumsi kopi hijau. Kopi hijau yang mempunyai kandungan zat antioksidan yang siap membantu imun tubuh melawan radikal bebas, sehingga kekebalan tubuh selalu terjaga dengan baik.

4. Mempertahankan kelembaban dan kecantikan kulit

Satu lagi dari khasiat kopi hijau yang sangat luar biasa, ialah dapat menjaga kelembaban dan kecantik kulit. Jadi buat kamu yang ingin memiliki kulit cantik, bisa coba dengan mengkonsumsi minuman kopi hijau loh. Kerusakan kulit kita salah satunya disebabkan oleh polusi, debu, kotoran, dan radikal bebas yang akan memiliki unsur beracun dan merusak kulit.

Khasiat Kopi Hijau
infoloka.com

Kopi hijau dengan kandungan zat antioksidan tinggi yang akan mengusir radikal bebas penyebab kulit kusam dan jerawat. Selain itu, kopi hijau juga mengandung lemak dan ester arahidic asam, asam linoleic, dan asam oleat ynag berguna mengencangkan kulit kendur dan menghilangkan flek hitam dan garis pada kulit wajah.

5. Mencegah diabetes

Ekstrak biji kopi hijau dikenal memiliki khasiat menurunkan kandungan kadar gula yang tinggi di dalam aliran darah. Selain itu juga kopi hijau mampu dengan cepat menurunkan berat badan dan lemak dalam tubuh kita. Dengan khasiat kopi hijau tersebut, bijian ini mempu mencegah dan mengurangi resiko diabetes mellitus tipe 2.

Khasiat Kopi Hijau
xamthonemedicine.com

6. Menurunkan tekanan darah tinggi

Jika selama ini banyak yang beranggapan jika biji kopi daat menaikkan tekanan darah tinggi, maka tidak untuk kopi hijau. Kopi hijau terbukti mampu menurunkan tekaan darah tinggi hingga normal. Hal itu dibuktikan melalui penelitian terhadap 117 orang yang mengalami tekanan darah tinggi, lalu mereka disuruh mengkonsumsi kopi hijau secara rutin dala 28 hari. Hasilnya mereka rata-rata mengalami penurunan darah yang sangat drastis hingga tekanan darah mereka stabil.

Khasiat Kopi Hijau
dedaunan.com

7. Obat diet alami yang aman dan cepat

Khasiat kopi hijau selanutnya ialah biji ini terbukti mampu menurunkan berat badan dengan cepat dan aman. Bahkan beberapa tahun terakhir ini, minuman kopi hijau banyak dijua belikan sebagai minuman pelangsing.Kopi hijau memang terbukti dapat menurunkan berat badan, jadi kalau kamu ingin berat badanmu ideal, tidak ada salahnya kan mencoba dengan mengkonsumsi kopi hijau.

Khasiat Kopi Hijau
rahasialangsingalami.com

Itulah tujuh khasiat kopi hijau yang sangat bagus untuk kesehatan dan kecantikan. Selain ketujuh khasiat tersebut, kopi hijau juga masih memiliki khasiat-khasiat yang lainnya, seperti sebagai anti penuaan dini, sebagai detoksifikasi, memperlancar sirkulasi darah, dan masih banyak yang lainnya.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Kamu yang Jarang Pamer di Media Sosial, Justru Kamu yang Hidupnya Lebih Bahagia

Baru Jadian? 5 Hal Inilah yang Harus Kamu Lakukan Pertama Kali!