Jangan Ngaku Lahir 29 Februari Kalau Kamu Nggak Pernah Ngalamin 7 Hal Unik Ini

Jadi bingung mo ngerayain kapan nih…

Tahun kabisat itu unik, dimana kamu akan menemukan tanggal 29 Februari di tahun yang hanya datang setiap empat tahun sekali ini. Efeknya, akan ada segelintir orang yang unik mau tidak mau harus menunggu empat tahun dulu untuk merayakan ulang tahunnnya. Hm.. termasuk kamu?

newsapi.com.au

Jangan iri dan kecewa. Karena dibanding mereka yang lahir pada tanggal-tanggal ‘normal’, kamu justru punya banyak kelebihan. Tujuh hal unik ini contohnya:

1. Selalu merasa awet muda

Misalkan saja kamu lahir pada tanggal 29 Februari 1992. Itu artinya, kamu baru benar-benar merayakan ulang tahunmu enam kali sampai tahun 2016 kemarin. Di saat yang lain sudah menginjak umur 24 tahun, kamu masih imut dengan usia enam tahunmu. Dan akan bertahan sampai 2020 nanti!

lakeybanget.com

2. Sering mendapat hadiah empat kali lipat

Menyadari hari ulang tahunmu yang begitu langka, tidak jarang teman, keluarga, dan pasanganmu memberi hadiah rapel sebagai pengganti tiga tahun sebelumnya yang sudah terlewat. Bahkan mungkin di antara kamu ada yang diistimewakan dengan meniup lilin empat kali pada kue tart yang berbeda.

gobankingrates.com

3. Tidur 28 Februari malam, bangun-bangun sudah sudah 1 Maret pagi!

Kamu pasti sering merasa aneh seperti ini. Ketika orang lain berdebar-debar menebak siapa yang pertama kali akan memberi surprise dan kado, kamu justru bingung mengapa hari ulang tahunmu hilang entah kemana. “Apa aku tidur selama dua hari???”

citynews.ca

4. Terdiskriminasi karena alasan 29 Februari

Di Indonesia mungkin jarang, tapi ada sistem dan kelompok masyarakat di beberapa negara yang mendiskriminasi orang yang lahir pada tanggal 29 Februari. Di Amerika misalnya, ada pihak yang menyangkal keberadaan 29 Februari dan menyebutnya sebagai tanggal yang tidak sah atau cacat.

theatlantic.com

Di negeri Paman Sam itu, ada beberapa perusahaan yang menolak mencantumkan tanggal 29 Februari pada identitas karyawannya dengan alasan komputer tidak mendeteksi adanya tanggal itu, dan mengubahnya secara sepihak menjadi 28 Februari atau 1 Maret.

Apa kamu pernah merasakan hal menjengkelkan seperti ini di Indonesia?

5. Sebaliknya, ada juga yang justru merasa sangat bangga

Di sisi lain, mereka yang tidak terkena dampak diskriminasi 29 Februari cenderung sangat bangga dengan keunikan dirinya. Mereka merasa jauh lebih diperhatikan karena hari ulang tahunnya begitu mudah diingat oleh teman, keluarga, dan orang-orang tercinta.

nymag.com

6. Tidak asing dengan pertanyaan, “mau dirayain 28 Februari atau 1 Maret?”

Ini yang benar-benar unik. Karena meskipun secara sah kamu hanya boleh merayakan ulang tahunmu pada tanggal 29 Februari saja, namun kamu mempunyai hak yang sama untuk memajukannya pada 28 Februari, atau menundanya sampai 1 Maret. Kamu, seperti orang yang dilahirkan tiga kali!

7. (Harus) tidak asing dengan ‘The Honor Society of Leap Year Day Babies’

Sebuah situs bernama ‘The Honor Society of Leap Year Day Babies’ adalah tempat khusus bagi kamu yang lahir pada tanggal 29 Februari. Didirikan oleh Peter Brouwer dan Raenell Dawn dari Amerika, forum ini juga tersedia di Facebook dengan Page-nya yang di-like lebih dari 3.000 akun.

leapyearday.com

Bergabunglah di sana, sehingga kamu bisa sharing cerita unik dengan ribuan orang dari seluruh dunia yang sama uniknya denganmu.

Selain tujuh hal unik di atas, apa kamu pernah merasakan pengalaman lain yang tak kalah uniknya? Coba cerita di kolom komentar ya!

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *