6 Persoalan Keuangan yang Harus Dipersiapkan Sebelum Kamu Menikah

Persiapkan sejak dini agar tak muncul masalah di kemudian hari

Pernikahan tidak hanya menyatukan dua orang yang saling mencintai, kepribadian atau dua keluarga yang berbeda latar belakang. Memutuskan untuk menikah artinya telah siap dengan segala masalah yang akan dihadapi nantinya. Bukan hanya tentang kebiasaan atau pendapat yang bertolak belakang, namun juga tentang finansial yang tak bisa disepelekan.

Persiapan keuangan sebelum menikah (forbes.com)

Memang benar jika ada ungkapan menikah tak hanya modal cinta. Karena kehidupan rumah tangga juga membutuhkan finansial yang matang. Apalagi jika nantinya Tuhan memberikan anugerah berupa buah hati, pasti kamu dan pasangan akan membutuhkan uang yang tak sedikit. Oleh karena itu perencanaan keuangan akan lebih baik dimulai sejak dini, bahkan sebelum memutuskan untuk menikah.

Untuk kamu yang memutuskan ingin menikah, ada beberapa persoalan keuangan yang terlebih dulu harus kamu persiapkan. Agar kehidupan rumah tangga bisa berjalan lebih lancar dan terhindar dari perselisihan karena keuangan.

Hitung hutang kalian

Persoalan hutang seringkali menjadi penyebab perpisahan. Oleh karena itu sebelum menikah ada baiknya hitung semua hutang yang kamu dan pasangan miliki. Baik hutang besar atau kecil dan juga bunganya jika ada. Hitung semua dan jumlahkan. Kemudian bicarakan siapa yang akan membayarnya dan dengan uang apa kalian akan melunasi. Bicarakan semua dengan jujur dan terbuka kemudian cari solusi bersama.

Hitung hutang kalian (advicentsolutions.com)

Apakah ingin punya tabungan bersama atau tidak

Tentukan dulu apakah kalian ingin punya tabungan bersama atau tidak. Entah untuk modal membangun rumah, pendidikan anak, atau sebagainya. Jika memang iya, maka bicarakan berapa bagian yang harus disisihkan masing-masing untuk tabungan tersebut. Agar ada kejelasan dan keadilan satu sama lain. Jangan sampai karena kamu merasa lebih banyak menabung, sementara pasanganmu tidak dan kemudian jadi masalah.

Apakah ingin punya tabungan bersama atau tidak (blog.unpakt.netdna-cdn.com)

Bagaimana gaji kalian akan dikelola?

Sekarang kamu dan pasangan mungkin memiliki gaji masing-masing yang dikelola sendiri-sendiri. Setelah menikah nanti tentukan cara untuk mengelola gaji tersebut. Apakah akan digabung dan diserahkan kepada wanita untuk dia kelola demi kebutuhan rumah tangga, atau dikelola sendiri seperti saat pacaran. Atau malah pihak pria yang mengelola gaji tersebut? Semua keputusan tergantung kalian.

Bagaimana gaji kalian akan dikelola? (usnews.com)

Apakah kalian masih punya tanggungan?

Terkadang, anak pertama memiliki tanggungan adik atau orang tua yang harus dibiayai hidupnya. Nah catat siapa saja yang masih menjadi tanggungan kalian berdua. Pertimbangkan dan perhitungkan pengeluaran untuk tanggungan ini agar tak menjadi masalah di kemudian hari. Pikirkan juga kemampuan finansial kalian, perkuat ekonomi jika memang ada kewajiban menanggung orang tua atau keluarga yang lain.

Apakah kalian masih punya tanggungan? (rd.com)

Dimana kalian akan tinggal setelah menikah

Ada banyak pilihan tempat tinggal bagi pengantin baru. Ada yang memilih kontrakan, rumah KPR atau bahkan di rumah mertua. Sayangnya, jika memilih tinggal di rumah mertua kalian harus siap dengan segala masalah yang mungkin muncul. Lebih baik tinggal di rumah sendiri meski masih dalam bentuk KPR. Selain lebih nyaman, rumah tersebut nantinya akan menjadi aset kalian. Kalau kontrak, kamu mengeluarkan uang namun aset tak bertambah.

Dimana kalian akan tinggal setelah menikah (condormovingsystems.com)

Investasi apa yang akan kamu gunakan

Penting untuk menentukan investasi yang akan kamu gunakan sejak dini. Apakah kalian akan investasi emas, rumah, surat berharga atau investasi lainnya. Investasi ini akan membantu mewujudkan tujuan keuangan bersama. Karena kalau kalian hanya fokus dengan pendapatan dan tabungan saja, keuangan tak akan berkembang. Pun tujuan keuangan akan sulit tercapai.

Investasi apa yang akan kamu gunakan (realestate.com.au)

Sebelum menikah, ada baiknya bicarakan dulu semua persoalan di atas. Jangan sampai menjadi masalah setelah kalian menikah. Karena sekarang tak sedikit pasangan yang berpisah hanya masalah keuangan.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *