Inilah Pertolongan Pertama Ketika HP Kamu Nyemplung Air

Jangan panik saat tau HP kesayanganmu nyemplung air, segera lakukan pertolongan pertama ini

Mungkin kamu pernah tidak sengaja menjatuhkan HP kamu sehingga nyemplung ke air, atau mungkin terkena tumpahan air minum di meja. Panik, pasti itu yang pertama kali kamu rasakan saat melihat HP kesayangan terendam air. Kamu mungkin akan langsung berpikir tentang biaya service yang mahal atau berpikir tentang HP baru. Sebenarnya kamu tidak perlu panik saat HPmu terendam air. Kamu hanya perlu mengikuti tips berikut untuk menyelamatkan HP kesayanganmu.

(Via hargakata.com)
(Via hargakata.com)

1. Segera Keluarkan HPmu dari Dalam Air Secepat Mungkin

Ketika kamu tahu HPmu terendam air, segera keluarkan HPmu dari air dengan segera. Jangan sampe rasa panik menyihirmu sehingga berlama-lama membiarkan HPmu di dalam air. Semakin cepat kamu menyelamatkan HPmu semakin banyak kemungkinan HPmu akan selamat. Jika HP kamu dalam keadaan mati, jangan langsung dinyalakan agar tidak terjadi konslet. Jika HP dalam keadaan hidup, segera lepaskan baterainya. Namun jika baterai HP kamu tidak bisa dilepas, diamkan saja.

(Via womlanka.com)
(Via womlanka.com)

2. Lepaskan Semua Komponen

Setelah melepas baterai, lepaskan semua komponen yang ada pada HP kamu seperti sim card, memory card dan casing segera mungkin. Setelah semua bagian dilepas, lap semua bagian HP dengan tisu atau kain yang dapat menyerap air dengan baik. Lap semua bagian yang bisa kamu jangkau hingga kering.

(Via bduu.blogspot.com)
(Via bduu.blogspot.com)

3. Keringkan HP Kamu

Setelah selesai membersihkan sisa air, kamu bisa mengeringkan dengan menggunakan hair dryer dengan syarat hair dryer tidak boleh terlalu dekat dengan HP, harus diberikan jarak kurang lebih 30cm karena panas yang disebabkan oleh hair dryer dapat merusak HP. Mengeringkan dengan hair dryer juga tidak boleh terlalu lama dengan menggunakan panas sedang. Namun ada cara yang lebih aman dengan merendam HP kedalam beras. Timbun HP dengan beras dan diamkan selama 24jam. Beras dipercaya mampu menyerap lembab sehingga lembab yang ada di dala HP dapat terserap dengan baik. Semakin lama HP direndam dalam beras akan semakin baik. Setelah dirasa cukup, coba nyalakan HP kamu, jika berhasil dan HP beroprasi dengan normal, selamat. Namun jika masih terdapat kerusakan, segeralah ke tempat service.

(Via jalantikus.com)
(Via jalantikus.com)

Nah itulah pertolongan pertama yang harus kamu lakukan saat HP kesayanganmu terendam air. Setiap detik sangatlah berharga untukmu saat menyelamatkan HPmu. Share ke temanmu juga ya. Semoga beruntung!

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *