Meskipun Sering Dianggap Sebagai Kesialan, Angka 13 Nyatanya Tak Seburuk yang Dibayangkan

Percaya nggak percaya sih, nyatanya juga banyak kok kejadian buruk terkait angka 13

513
SHARES

Kehidupan manusia sudah sangat lekat dengan angka. Setiap hari, kemanapun kamu pergi, kamu pasti akan menjumpai angka dimana-mana. Pada plat nomor kendaraan, nomor rumah, alamat, surat kabar, berita hingga berbagai kombinasi angka pada nomor telpon di ponselmu. Ada orang yang percaya bahwa, setiap angka membawa kebaikan bahkan bisa membawa keberuntungan. Misalnya saja angka 8 dianggap membawa keberuntungan karena bentuknya yang tak pernah putus.

Angka 13 (sagacom.com)

Tapi ada juga -bahkan tak sedikit- orang-orang yang percaya tentang angka yang membawa kesialan. Mungkin saat kamu naik ke sebuah gedung, kamu menjumpai beberapa angka yang dilewati untuk menghitung jumlah lantai. Misalnya lantai 1, lantai 2, lantai 3, langsung ke lantai 5 dan melewati angka 4. Karena memang ada sebuah keyakinan bahwa angka 4 membawa kesialan. Tak hanya angka 4, angka 13 juga dianggap kurang baik. Tapi benarkah mitos ini?

Meskipun masih sebatas mitos yang belum tentu kebenarannya, sudah banyak orang yang -terlanjur- percaya dan meyakininya meskipun tak tahu asal usulnya. Biar kamu nggak ikut-ikutan tersesat dalam mitos ini, yuk simak ulasan tentang angka 13 berikut ini. Nggak seperti yang kamu duga kok.

1. Karena 12 dianggap ‘sempurna’ maka 13 kebalikannya

Pernah nggak sih kamu bertanya-tanya kenapa angka jam hanya sampai angka 12, dan satu tahun memiliki 12 bulan? Menurut data yang dikutip dari History, para matematikawan dan juga ilmuwan menganggap 12 adalah angka ‘sempurna’. Anggapan ini didasarkan pada pemahaman penduduk zaman Sumerian (bangsa Babilonia) yang menggunakan angka 12 untuk menghitung jalannya hari. Dan pemahaman ini masih kita yakini sampai sekarang.

Dianggap kebalikan angka 12 (charlotteobserver.com)

Karena angka 12 dianggap ‘sempurna’, maka angka setelahnya, yaitu 13 dianggap sebaliknya dan berlawanan. Kepercayaan angka 13 ini dianut oleh masyarakat barat (Amerika) dan kemudian ketakutan ini menyebar hingga Indonesia. Masayarakat yang mengikuti budaya luar percaya dengan kesialan ini sehingga menghilangkan angka 13 setelah 12. Buktinya? Banyak kok gedung yang nggak punya lantai 13 dan langsung lantai 14 atau 15 setelah lantai 12.

2. Angka 13 dan hari Jumat, mendatangkan kesialan?

Jika angka 13 saja sudah dianggap sebagai kesialan, apalagi ditambah dengan hari Jumat. Bagi beberapa masyarakat, kombinasi angka 13 dan hari Jumat menjadi momok yang menakutkan. Ada beberapa peristiwa yang tidak disengaja terjadi pada hari Jumat tanggal 13. Misalnya saja pada 13 September 1940 pada masa Hitler, Nazi berhasil meledakkan 5 bom di dalam Buckingham Palace, Inggris.

Jumat tanggal 13 (hswstatic.com)

Kemudian 30 tahun kemudian pada bulan November, terjadi badai di Asia Selatan yang merenggut 300.000 nyawa masyarakat Chittagong, Bangladesh. Badai ini juga menyebabkan banjir dan menghilangkan satu juta nyawa di Ganges. Pada 13 Januari 1989 virus Friday the 13th masuk ke sisi komputer IBM Inggris dan menghapus seluruh data di kantor-kantor besar. Dan masih banyak peristiwa besar yang dihimpun oleh LiveScience. Berbagai peristiwa besar ini terjadi secara tidak sengaja di hari Jumat dan tanggal 13. Hingga menyebabkan masyarakat “mengkramatkan” Jumat dan 13.

3. Tak ada yang janggal dengan angka 13

Igor Radun, seorang anggota Human Factors and Safety Behavior dari Universitas Helsinki, Institut Ilmu Perilaku di Finlandia mengatakan bahwa tak pernah ada kejanggalan yang ditemukan pada angka 13. Menurutnya, hingga kini tak ada data eksis yang bisa mengkonfirmasi bahwa 13 membawa kesialan. Oleh karena itu tak ada alasan untuk percaya dengan angka yang membawa kebaikan maupun kesialan, karena semua angka sama saja.

Tak ada yang janggal dengan angka 13 (huffpost.com)

Kepercayaan yang sudah mengakar saat ini hanya bagian dari kerja otak manusia yang berusaha menganggapi peristiwa-peristiwa yang dianggap unik. Kepercayaan ini merupakan efek dari sifat manusia yang mencoba mencari jawaban atas hal unik. Keberuntungan, kesialan dan apapun itu hanya ada di otak manusia dan merupakan buatan  kita sendiri.

4. Lebih sial 4 atau 13?

Ada yang menganggap 13 itu angka sial tapi ada juga yang menganggapnya angka keberuntungan, kepercayaan ini dipegang oleh bangsa Mesir Kuno. Tak sedikit masyarakat Asia, termasuk Indonesia yang mengalami phobia pada angka 13. Sementara masyarakat Tiongkok dan Tionghua justru percaya kalau angka 4 yang membawa keburukan karena pegucapannya sama dengan kata kematian. Tapi bagaimanapun juga, masyarakat lebih meyakini 13 lebih ampuh membawa kesialan dalam bentuk apapun.

Lebih sial 4 atau 4 (businessinsider.com)

Di dalam gedung, nomor rumah dianggap sial jika memiliki angka 13. Banyak juga kejadian mistis yang terjadi dan dialami jika angka 13 muncul. Hal ini masih berkaitan erat dengan kepercayaan bangsa Babilonia yang menyebutkan bahwa setelah angka sempurna (12) adalah angka yang memiliki sisi berlawanan, dan inilah 13.

Namanya juga mitos, kamu boleh percaya dan boleh tidak. Ini semua tergantung pada keyakinanmu. Kalau menurutmu secara pribadi, angka 13 dan 4 membawa kesialan nggak sih? Yuk share jawaban kamu di kolom komentar 😀

513
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Author Erinda

"You can if you think you can"