4 Cara PDKT dengan Kerjaan yang Nggak Sesuai Passion

Dengan 4 cara ini tak ada lagi alasan malas bekerja karena nggak sesuai passion

Setiap orang pasti ingin bekerja sesuai dengan bakat dan minatnya, terlebih sesuai dengan passionnya. Dengan bekerja sesuai passion, pekerjaan akan terasa mudah dan menyenangkan. Yang menjalani pun dapat bekerja dengan ikhlas dan senang hati sehingga hasil pekerjaan akan baik. Namun, pada saat ini banyak yang bekerja tidak sesuai dengan passionnya. Memasuki dunia kerja memang berat, banyak saingan dan juga tantangan yang harus dihadapi. Pada jaman dimana pekerjaan susah didapatkan inilah banyak yang terjebak dengan pekerjaan tanpa passion. Kalau kamu berpikir “yang penting bekerja dulu, passion belakangan” mungkin memang seperti itu tuntutan saat ini. Passion menjadi hal kesekian, yang penting dapat pekerjaan dulu. Mungkin memang awalnya kita akan giat bekerja, namun lambat laun (mungkin) akan mulai terasa berat jika memang bekerja tanpa passion didalamnya. Nah, kalau kamu salah satu yang mengalami seperti ini, kamu membutuhkan cara berikut untuk mensiasati pekerjaan yang tanpa passion sehingga kamu bisa enjoy menjalani dan hasilnya pun akan baik.

Baca juga : Ternyata Ini Alasan Logis Kenapa Kipas Angin Cuma Punya 3 Baling-Baling

Finding Passion in Your Government Career (Via careersingovernment.com)
Finding Passion in Your Government Career (Via careersingovernment.com)

1. Kamu harus benar-benar tau apa passionmu dan carilah celah

Terkadang kamu memang harus menomor duakan passion dalam masalah pekerjaan, karena dunia kerja memang tidak hanya tentang passion. Kamu harus benar-benar tau apa dan dimana passionmu dan bagaimana hubungannya dengan pekerjaanmu saat ini. Jika memang kamu tau benar apa passionmu, maka salurkanlah walaupun pekerjaanmu sekarang tidak sesuai dengan passionmu. Kamu harus pintar-pintar mencari celah agar dapat menyalurkan passion dalam pekerjaan. Misalnya saja passionmu adalah design, tapi pekerjaanmu seorang akuntan. Kamu bisa meminta atasanmu untuk menyerahkan tugas yang berhubungan dengan design kepadamu, misalnya saja saat perusahaanmu ingin mengadakan wisata, kamu bisa membuat design posternya.

Strategi Supaya Kamu Gak Diperbudak Pekerjaan (Via hipwee.com)
Strategi Supaya Kamu Gak Diperbudak Pekerjaan (Via hipwee.com)

2. Carilah teman dan sahabat di kantor

Jika memang kamu tidak bisa menyalurkan passionmu, kamu bisa mulai dengan mencari teman maupun sahabat di kantormu atau menjadikan rekan kerja sebagai temanmu. Dengan adanya teman yang asik dan seru untuk berbincang, penatmu akan terobati. Pekerjaan yang tak sesuai denganmu akan terasa lebih ringan karena adanya teman-teman yang bekerja bersama kamu. Mereka juga bisa menjadi penyemangatmu disaat pekerjaan membuatmu menyerah. Teman akan selalu berbagi cerita, pengalaman dan lainnya yang tak akan membuatmu bosan berada di tempat kerja.

Business people giving high five in office (Via huffingtonpost.com)
Business people giving high five in office (Via huffingtonpost.com)

3. Passion bisa jadi sampinganmu

Tips yang satu ini wajib kamu coba jika memang kamu ingin menyalurkan passionmu. Kamu bisa mencari pekerjaan sampingan ataupun kegiatan diluar kantor yang sesuai dengan passionmu. Dengan begitu, passionmu akan tetap tersalurkan, ya meskipun diluar pekerjaan utama. Tapi setidaknya kamu tidak akan berat hati menjalani hari-harimu. Misalnya saja kamu menyukai musik, kamu bisa mengambil kursus musik diwaktu senggangmu ataupun disaat libur. Tidak jadi masalah jika memang kamu bekerja tidak sesuai dengan passion, kamu hanya perlu membuat dirimu nyaman dengan pekerjaanmu dan membuat pekerjaanmu menjadi menyenangkan sesuai caramu sendiri.

(Via milesanthonysmith.com)
(Via milesanthonysmith.com)

4. Carilah teladan yang bisa membuatmu semangat

Cara yang terakhir ini mungkin bisa membuatmu berubah pikiran. Temukan orang yang bisa kamu jadikan teladan ataupun mentor di kantormu. Pastikan orang tersebut benar-benar paham bagaimana pekerjaanmu dan juga bisa membuatmu bersemangat dengan menjadi motivatormu. Kamu akan banyak mendapatkan pelajaran darinya. Lebih baik jika memang mentormu adalah atasanmu, dengan begitu kamu akan lebih terpacu untuk maju walaupun itu bukan bidangmu. Kamu mungkin akan lebih bersemangat untuk mencapai lebih dari yang dicapai mentormu. Dan bisa jadi kamu bisa mencintai pekerjaanmu sekarang. Tak ada salahnya kan.

Business group meeting portrait (Via growingleaders.com)
Business group meeting portrait (Via growingleaders.com)

Tak ada yang tak mungkin jika kamu berusaha, semua tergantung bagaimana usahamu untuk beradaptasi dengan pekerjaanmu. Mencari pekerjaan saat ini sangatlah sulit, apalagi jika mencari yang sesuai passion. Yang ada kamu harus menciptakan pekerjaan sendiri yang benar-benar kamu banget, itu malah lebih baik bukan? Dengan begitu tidak hanya passionmu yang tersalurkan, kamu juga bisa membantu mengurangi angka pengangguran. Intinya sih cintai pekerjaanmu, dan pekerjaan akan mencintaimu. Yuk share dan komentar pendapatmu tentang pekerjaan.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Di Saat Mereka Pamer Kemesraan, Inilah Alasan Kenapa Jadi Single Itu Menyenangkan

Waini! 7 Karakter Marvel Studios yang Punya “Saudara Kembar” di DC Comics