Keren, Naik Level Lagu Dangdut Kini Dinyanyikan Paduan Suara Saat Acara Wisuda

Kebayang kan wisuda nyanyinya oplosan.

232
SHARES

Sepuluh atau dua puluh tahun yang lalu, musik dangdut masih identik dengan musik kampungan yang banyak digemari oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah. Bahkan salah satu film layar lebar yang berjudul “Mendadak Dangdut” menggambarkan bagaimana dangdut kala itu sangat identik dengan masyarakat pinggiran.

Dibawakan paduan suara di acara wisuda, dangdut bukan lagi musik kalangan bawah (inovasee.com)

Namun seiring berjalannya waktu, sepertinya musik dangdut sudah mengalami pergeseran steorotip. Kini musik khas Indonesia ini tidak lagi dipandang sebagai musiknya para masyarakat pinggiran yang memiliki perekonomian dan pendidikan rendah. Namun lebih dari itu dangdut kini hadir di level yang lebih tinggi.

Lagu dangdut dibawakan di acara formal seperti wisuda

Ialah Universitas Jember, salah satu universitas terkemuka di JawaTimur ini kerap membawakan lagu-lagu dangdut saat acara wisuda. Para paduan suara yang biasanya menyanyikan lagu-lagu formal seperti lagu nasional, kini terlihat lebih santai menyanyikan lagu-lagu dangdut yang sedang hits.

Dinyanyikannya lagu dangdut di acara wisuda mengindikasikan jika lagu dangdut kini bukan lagu kalangan berpendidikan rendah (Maaf, seperti tukang becak, nelayan, petani, dan buruh bangunan). Namun mereka yang memiliki gelar akademik, mereka para intelektual yang berada di gedung Universitas juga sangat menikmati alunan lagu dangdut dan tidak “risih” dengan musik yang dulu diklaim musik kampungan.

Dangdut bukan lagi musik kampungan

hadirnya musik dangdut di paduan suara acara wisuda Universitas Jember mengindikasikan kini musik dangdut bukan lagi musik kampungan yang hanya disukai oleh masyarakat kalangan bawah. Indikasi lain yang menguatkan argumen jika musik dangdut bukan lagi musik kampungan ialah hadirnya acara ajang pencarian bakat musik dangdut level Asia Tenggara yang diadakan oleh salah satu stasiun Tv.

Musik dangdut dulu identik dengan musik kampungan (malesbanget.com)

Kerennya lagi, ternyata peserta dari negara tetangga seperti Brunei, Malaysia, dan Singapura, banyak yang mengikuti audisi tersebut. Ini merupakan kabar baik bagi para insan yang berkecimpung dengan musik dangdut, sebab kini dangdut tidak hanya diterima oleh semua kalangan masyarakat Indonesia. Namun juga warga negara tetangga kita banyak yang menyukai musik dangdut ini.

Seharusnya kita bangga terhadap musik asli Indonesia

Miris memang, disaat banyak warga negara asing yang menyukai musik dangdut, namun generasi muda kita justru banyak yang ogah-ogahan terhadap musik asli Indonesia ini. Banyak generasi muda kita yang justru lebih mengagumi musik K-pop, Reggae, dan musik pop barat yang justru bukan jati diri masyarakat Indonesia.

Sebagai generasi muda seharusnya kita bangga dengan musik dangdut. Sebab, musik dangdut merupakan warisan kekayaan intelektual bangsa Indonesia yang sudah menjadi ciri khas negara kita.

232
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,