Kerajaan Saudi Mengizinkan Wanita Berbikini di Pantai, Hasil Study Banding di Bali Beberapa Waktu Lalu Kah?

Setelah Dubai memperbolehkan berbikini, kini giliran Arab Saudi?

Awal Agustus ini media Arab Saudi ramai-ramai memberitakan perihal rencana Kerajaan Arab yang akan membolehkan perempuannya berbikini di pantai. Padahal sebelumnya, Arab dikenal sebagai negara yang ketat dalam urusan aurat, bahkan kerajaan Arab tidak segan-segan menahan wanita yang berpakaian seksi di tempat umum.

Arab mewacanakan pantai bebas berbikini bagi perempuan (assets.hmetro.com.my)

Keputusan Kerajaan Arab yang membolehkan perempuan berbikini di pantai pun mendapatkan berbagai reaksi dari beberapa kalangan. Ada yang mendukung namun tidak sedikit yang menolak, lalu apa yang membuat kebijakan itu dikeluarkan? Apakah ada hubungannya dengan kunjungan di Bali Raja Salman beberapa waktu lalu?

Kebijakan tersebut berlaku di resort mewah yang akan dibangun di pantai di kawasan Laut Merah

Rupa-rupanya kebijakan yang dikeluarkan oleh Pangeran Arab yang baru dilantik bulan Juni lalu, yaitu Muhammed bin Salman ini merupakan bagian dari proyek pembangunan resort mewah yang akan dibangun di pantai kawasan laut merah.

Pangeran Muhammed bin Salman, putra mahkota yang dilantik Juni lalu (detik.net.id)

Nantinya, saat berada di daerah pantai tersebut pengunjung wanita bebas menggunakan bikini selama berada di pantai. Namun saat berkunjung ke tempat umum lain, wanita masih harus menggunakan pakaian yang menutup aurat. Hal ini dilakukan untuk menggenjot sektor wisata Arab Saudi.

Pantai di dubai (adventuretravel.co.id)

Meskipun di resort mewah tersebut nantinya wanita bisa bebas berbikini, namun pemerintah kerajaan Arab Saudi tetap melarang peredaran minuman beralkohol di tempat tersebut.

Arab Saudi mulai menggenjot sektor wisata mengikuti Dubai

Seperti yang dilansir di media Arab Saudi, Khaleej Times, alasan Pangeran Arab Muhammed bin Salman memperbolehkan wanita berbikini di pantai ialah karena daerah tersebut merupakan daerah wisata. Jadi para wanita hanya diperbolehkan berbikini di resort mewah tersebut.

Pemandangan pantai di Dubai yang dikunjungi turis asing (bbci.co.uk)

Adapun media The Sun mewartakan, apa yang dilakukan Arab Saudi merupakan kebijakan yang meniru dari Dubai. Sama-sama negara Timur tengah yang ketat dalam persoalan aurat, Dubai lebih dulu memperbolehkan wanitanya berbikini di pantai, dampaknya dalam waktu singkat sektor wisata di Dubai pun meroket jauh.

Arab tidak mau hanya bergantung pada pendapatan minyak bumi

Sepertinya kerajaan Arab Saudi mulai sadar, jika negara tetangganya Uni Emirat Arab kaya bukan saja karena sumber minyaknya yang berlimpah, namun juga sektor wisatanya yang mendunia. Pembangunan resort mewah di kawasan pantai laut merah merupakan bentuk menghidupkan gairah wisata di Arab Saudi.

Melalui sektor wisata, Arab ingin mengurangi ketergantungan pada minyak bumi (detik.net.id)

Sebab menurut beberapa sumber mengatakan, jika salah satu visi dari pangeran Muhammed bin Salman ialah, membuat Arab Saudi bebas dari ketergantungan pendapatan minyak pada tahun 2035 nanti. Rencananya pembangunan resort mewah ini akan dilakukan mulai tahun 2019 dan direncanakan selesai pada tahun 2022. Resort ini nantinya akan mampu menampung satu juta turis.

Apakah keputusan ini ada hubungannya kedatangan Raja Salman dan rombongan di Bali?

Tidak menutup kemungkinan ada dampak yang tidak langsung dari kebijakan ini dengan kedatangan Raja Salman dan rombongan ke bali bebarapa waktu lalu. Sebagaimana diketahui, Raja Salman dan rombongan melakukan liburan selama 9 hari di Bali pada bulan Maret lalu.

Kedatangan Raja Salman ke Indonesia bulan Maret lalu (indopos.co.id)

Bahkan karena Raja Salman merasa betah berwisata di pantai, liburan yang rencananya cuma dari tanggal 4 sampai 9 Maret, harus diperpanjang menjadi 12 Maret. Sepertinya keluarga kerajaan Arab Saudi menyukai wisata di pantai guys!

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Bandara Dubai Gunakan Bahasa Jawa untuk Informasi Penerbangan Mereka. Kok Bisa?

Kalau Kamu Berzodiak Ini, Fix, Kamu Adalah Pasangan Leo Sejati