Tipe Kepribadian Berdasarkan Gaya Belanja, Kamu yang Mana?

Kamu yang mana nih?

Belanja menjadi sebuah rutinitas yang sering dilakukan banyak orang, apalagi bagi perempuan. Seakan sudah menjadi kegiatan wajib setiap bulan, bahkan ada yang mingguan tergantung kebutuhan. Jika ditilik satu-satu, setiap orang memiliki gaya belanja yang berbeda-beda lho.

Tipe kepribadian berdasar gaya belanja. (blog.homeaway.co.id)

Misalnya ada yang belanja saat diskon saja, beli sesuai kebutuhan, hingga asal ambil tanpa peduli fungsi dan harga. Berbagai kebiasaan tersebut ternyata bisa mengungkapkan kepribadian seseorang. Diantara beberapa tipe kepribadian berdasar gaya belanja ini, kamu termasuk yang mana?

Si tipe teliti

Tipe satu ini sering menghabiskan banyak waktu untuk belanja sesuatu. Mengapa? Karena mereka meneliti terlebih dulu barang sebelum dihitung di kasir. Misalnya saja memperhitungkan manfaatnya, tipe, harga hingga komposisi jika itu makanan. Dia tidak ingin membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Tipe teliti. (huffingtonpost.com)

Bisa dibilang perfeksionis. Demi kesempurnaan, tipe ini tak peduli berapa lama dia meneliti dan memilih barang satu persatu. Paling penting adalah barang sesuai kebutuhan dan punya kualitas yang baik.

Tipe galau

Suatu ketika dia rela menabung selama berbulan-bulan demi membeli suatu barang. Bahkan sudah survey harga serta fungsi secara menyeluruh. Namun ketika uang sudah terkumpul tiba-tiba muncul pikiran yang mematahkan niat awal. Misalnya saja “Apa aku benar-benar membutuhkan ini?”, “Padahal dengan uang ini aku bisa dapat ini dan itu”.

Tipe galau (grandwailea.com)

Pada akhirnya barang tak jadi di beli, tapi sampai rumah selalu berpikir ulang. Begitu seterusnya hingga stok barang habis. Nah tipe ini biasanya mudah terbawa arus karena tidak berpendirian kuat. Buruknya dia tak tau apa yang harus dilakukan dalam hidup karena selama ini hanya ikut-ikutan saja.

Si tipe ngirit

Dimana ada diskon di situlah kamu bisa menemukan tipe pemburu satu ini. Semua promo hingga cashback seakan tak luput dari amatan. Mau itu di mall besar, atau minimarket sekalipun tak jadi masalah. Paling penting berapa banyak potongan harga yang diberikan sehingga bisa lebih untung.

Pengejar diskonan. (verdict.co.uk)

Agar bisa selalu update, shopper satu ini tak sungkan untuk follow semua tempat belanja dan aktif mencari tau di media sosial. Entah barang tersebut tak berguna nantinya, yang penting “Mumpung diskon tak apalah dibeli”. Padahal akhirnya malah tak dipakai sama sekali.

Si konsisten

Sebelum belanja, tipe ini selalu menyiapkan segala keperluan. Misalnya saja mencatat apa yang akan di beli, hingga berapa uang yang dibutuhkan. Bahkan masalah toko dan waktu berbelanja juga sangat diperhitungkan. Daftar belanja berisi semua kebutuhan penting untuk beberapa minggu kedepan.

Si konsisten (Kapanlagi Plus)

Semua itu dilakukan agar bisa lebih fokus berbelanja dan tidak tergiur barang yang tidak berguna. Dia konsisten membeli sesuai catatan, tidak kurang atau lebih. Biasanya sih tipe ini didominasi oleh ibu rumah tangga.

Nah itulah beberapa tipe kepribadian jika dilihat dari caranya belanja. Kamu termasuk yang mana nih?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *