Kepala Selalu Condong ke Kanan Saat Berciuman. Tahu Kenapa?

Yang jelas, bukan karena kamu kebanyakan nonton film yang banyak adegan ciumannya

Saat berciuman, sadarkah kalau kamu dan pasangan selalu memiringkan kepala ke kanan? Tak perlu repot-repot mengelak, karena para ilmuwan pun sudah membuktikan kebiasaan itu melalui penelitian. Kecuali, kamu adalah seorang jomblo akut dan belum pernah sekali pun berciuman.

Rata-rata orang akan memiringkan kepala ke kanan saat berciuman.| thoughtco.com

Baru-baru ini, hasil penelitian yang dilaporkan dalam jurnal ilmiah Nature menunjukkan bahwa manusia punya kecenderungan alami dalam hal berciuman yang sepertinya berlaku universal. Penelitian ini menunjukkan bahwa, orang cenderung memiringkan kepala ke kanan saat berciuman.

Melihat fakta ini, para ilmuwan ingin mengetahui bagaimana sampai akhirnya orang bisa sebegitu latahnya, dan bagaimana orang terpengaruh untuk berciuman dengan cara yang seperti itu, serta apa artinya tentang naluri fisik.

Kondisi neurologis manusia

Sebagai informasi, orang-orang barat cukup terbiasa melihat aktivitas ciuman di televisi, bioskop, dan bahkan tempat umum yang terbuka. Di sana, sulit untuk mengatakan apakah budaya yang meniru kehidupan atau sebaliknya.

Di barat, aktivitas ciuman di tempat umum sudah menjadi hal yang biasa. | illennialmagazine.co

Karena itu, demi mendapatkan hasil yang dinamis dan membuka wawasan, para ilmuwan mulai mencari sampel penelitian di belahan dunia lain. Mereka kemudian melibatkan orang-orang yang tinggal di negara-negara yang tidak memiliki norma budaya yang sama dengan orang-orang barat.

Maka dipilihlah 48 pasangan suami-istri heteroseksual di Bangladesh. Hasilnya, menunjukkan bahwa pria 15 kali lebih mungkin untuk memulai ciuman, dan lebih dari dua pertiga pasangan memilih untuk memiringkan kepala ke kanan sebelum berciuman.

Namun, jika seorang kidal memiringkan kepalanya ke kiri sebelum berciuman, pasangannya yang tidak kidal juga akan menyesuaikan diri dan juga memiringkan kepala ke kiri. Kemungkinan besar, ini merupakan antisipasi alami untuk menghindari kecanggungan.

Jadi, ketika pasangan berciuman, mereka tetap cenderung memilih untuk memiringkan kepala ke sisi kanan. Ini bisa diartikan bahwa kita secara neurologis dikondisikan memilih posisi demikian.

Testosteron lebih tinggi pada pria

Sementara, menjawab pertanyaan mengapa pria punya kecenderungan untuk memulai ciuman, dengan mengesampingkan norma sosial dan budaya, adalah karena faktor testosteron. Testosteron adalah hormon yang membuat seseorang dominan secara seksual dan termotivasi.

Kadar hormon testosteron yang tinggi membuat pria lebih sering memulai ciuman. | vulture.com

Saat pria dan wanita bertatap muka, kadar testosteron mereka akan meningkat. Nah, karena pria cenderung memiliki kadar testosteron lebih tinggi dibanding wanita, maka interaksi ini akan membuat mereka lebih berani secara seksual untuk memulai ciuman.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *