Mengenal Ujian Berbasis Komputer, Serta Kekurangan dan Kelebihannya

Menurut kamu suka ujian dengan kertas atau dengan komputer?

187
SHARES

Ujian Nasional di depan mata, rencananya kegiatan yang diadakan tahunan di dunia pendidikan ini akan dimulai dari tanggal 3 April 2017 mendatang. Ujian akan dimulai dari Sekolah Menengah Kejuruan dari tanggal 3 sampai 6 April, dilanjutkan dengan Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah dari tanggal 10 sampai 13 April 2017.

Jadwal UNBK akan dimuali pada tanggal 3 – 6 April. DImana SMK akan memulai paling awal (pengenkuliah.com)

Namun ada yang menarik di ujian nasional kali ini, pasalnya ada beberapa sekolah yang baru pertama kali beralih menggunakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK. Ujian berbasis komputer sendiri pertama kali diterapkan di Indonesia pada tahun 2014 yang lalu, yaitu hanya diterapkan di beberapa sekolah di Jakarta, karena waktu itu sifatnya masih uji coba.

Pada tahun 2015 baru 224 sekolah yang mengadakan UNBK, dan setiap tahunnya ada sekolah baru yang menggunakan sistem ini (kompasiana.com)

Pada tahun 2015, UNBK mulai diterapkan di beberapa sekolah di luar Ibu Kota. Bahkan diperkirakan sekitar 554 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 379 SMK di 29 Provinsi dan Luar Negeri sudah menggunakan UNBK. Nah, buat kamu yang masih belum tahu bagaimana sistem UNBK dan apa saja kelebihan dan kekurangannya. Simak artikel ini dengan seksama sampai akhir ya 😀

1. Mengenal ujian nasional berbasis komputer

Ujian nasional berbasis komputer merupakan prakarasa dari kementrian pendidikan dan kebudayaan pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan menteri pendidikannya waktu itu Muhammad Nuh. Sistem ujian berbasis komputer waktu itu masih dalam proses percobaan dan hanya dilakukan di beberapa sekolah percontohan di Jakarta dan di luar negeri.

UNBK mengubah medium ujian dari kertas beralih menggunakan aplikasi digital (arah.com)

Pada dasarnya ujian nasional berbasis komputer hanya merubah medium ujian, dari yang tadinya menggunakan kertas berubah menggunakan apilkasi digital. Semua kegiatan yang berkaitan dengan ujian akan menggunakan sistem internet, mulai dari pembuatan soal, pengaturan kelas, pengaturan user peserta ujian, pengaturan guru atau pengawas, sampai proses ujiannya.

Mungkin buat kalian yang pernah mengisi survei digital, atau mengisi form yang menggunakan google drive kamu tidak akan merasa asing dengan sistem ujian berbasis komputer ini. Sebab secara konsep UNBK hampir sama dengan survei digital dan pengisian form di google drive. Penggunaan UNBK juga berlaku di ujian seleksi penerimaan pegawai negeri sipil, atau yang dikenal dengan sistem Computer Assisted Tes (CAT)

2. Kelebihan menggunakan sistem ujian berbasis komputer

Ujian berbasis komputer tentu dipilih karena memiliki beberapa kelebihan dibandingkan ujian konvesional menggunakan kertas. Ada beberapa keunggulan ujian berbasis komputer ini, diantara kelebihannya adalah sebagai berikut.

Pemerintah berharap adanya UNBK dpat menyelesaikan masalah klasik UN, seperti keterlambatan distribusi soal UN dan penggunaan anggaran yang besar (metroasahan.com)
  • Lebih meminimalisir adanya persoalan klasik UN, yaitu keterlambatan distribusi soal ujian. Terlebih untuk daerah terpencil.
  • Untuk soal yang mendukung adanya gambar, UNBK dinilai lebih baik, sebab kemungkinan adanya gambar yang kurang jelas lebih sedikit.
  • Proses pengumpulan lembar jawaban lebih praktis, sebab tanpa harus mengumpulkan manual dan tanpa mengurutkan sesuai nomor urut ujian.
  • Hasil ujian akan dipublish lebih cepat, dengan demikian peserta yang lulus ujian lebih banyak waktu untuk mempersiapkan ke jenjang selanjutnya.
  • Lebih hemat anggaran, sebab media yang digunakan ialah bukan kertas dimana harga kertas kini tidak murah lagi.

3. Kekurangan dengan sistem ujian berbasis komputer

Layaknya dengan kehadiran ha-hal yang baru lainnya, biasanya akan diperhitungkan kelebihan dan kekurangannya dibandingkan dengan sesuatu yang lama. Pun dalam ujian berbasis komputer ini, jika tadi kita sudah mengulas tentang beberapa kelebihan ujian berbasis komputer ini. Kali ini giliran kekurangan menggunakan ujian berbasis komputer. Adapun beberapa kekurangan UNBK diantaranya ialah.

Adanya kekhawatiran mesin error dan kendala-kendala yang lainnya pada UNBK membuat rasa khawatir peserta UN semakin tinggi dibandingkan dengan ujian konvesional (fxekobudi.net)
  • Harus adanya sosialisasi kembali ke seluruh sekolah yang akan menyelenggarakan UNBK, tidak hanya itu pemerintah juga tetap harus melakukan pengawasan dan pendampingan terhadap sekolah dan guru. Dengan adanya sosialisasi baru, tentu butuh anggaran tambahan.
  • Untuk daerah terpencil dan daerah perbatasan dimana internet dan listrik belum tersedia secara maksimal, hal ini akan memunculkan persoalan baru.
  • Soal keamanan dan bocoran jawaban bisa jadi lebih mudah diambil alih pihak ketiga, mengingat semakin banyaknya orang yang bisa membobol keamanan di dunia maya. Kita bisa belajar dari lumpuhnya web revolusi mental milik pemerintah, yang konon menghabiskan anggaran negara sebesar 140 Milyar, dengan kekuatan website konon nomor wahid, pun masih bisa lumpuh.
  • memungkinkan terjadinya machine errors, yaitu kesalahan yang diakibatkan oleh mesin atau komputer. Hal ini sangat memungkinkan terjadi, mengingat ujian ini bersistemkan online hal-hal yang berhubungan dengan sistem online perlu diperhatikan, seperti terputusnya jaringan internet secara tiba-tiba, kerusakan komputer, sampai mati listrik yang tidak terduga.
  • Untuk sekolah yang belum memiliki komputer yang jumlahnya sama atau lebih banyak dari pseserta ujian, ini juga akan menimbulkan persoalan baru. Alternatifnya peserta ujian akan bergantian melakukan ujian nasional.
Klebihan dan kekurangan yang ada pada sistem UNBK seharusnya tidak menganggu fokus belajar peserta ujian (metroasahan.com)

Selain beberapa kelebihan dan kekurangan diatas, mungkin masih banyak kelebihan dan kekurangan ujian nasional berbasis komputer yang belum disebutkan penulis. Selain itu, meskipun adanya kekurangan di UNBK hal ini tentu bukan berarti sistem UNBK tidak lebih baik dari sistem konvesional seperti yang sebelumnya. Sebab tujuan adanya perubahan ialah agar terjadinya perbaikan.

Simpan

Simpan

187
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,