Inilah yang Ditakutkan Wanita Tentang Kehidupan Setelah Pernikahan

Rasa takut itu wajar, namun jangan sampai ketakutan ini menjadi penghambat untuk menikah

Bagi sebagian orang, menikah adalah sebuah pilihan. Namun bagi banyak orang, pernikahan menjadi tahapan penting dalam kehidupan, terutama untuk wanita. Pernikahan adalah sesuatu sakral yang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Butuh persiapan matang lahir dan batin untuk menjalaninya.

Ketakutan wanita tentang kehidupan setelah menikah (myweddingguides.com)

Menikah bukan hanya tentang berubahnya status sosial atau bersatunya dua keluarga. Pernikahan juga tentang berubahnya pola kehidupan, kedewasaan, komitmen, toleransi dan juga kompromi dengan pasangan. Oleh karena itu banyak yang tidak siap untuk menikah, bahkan beberapa mengaku takut.

Nyatanya, ada beberapa ketakutan wanita yang membuatnya sulit sekali berkomitmen menuju pernikahan. Atau mungkin kamu sedang merasakannya sekarang? Berikut ini beberapa ketakutan wanita tentang kehidupan setelah menikah.

Kesetiaan pasangan

Kesetiaan menjadi hal penting untuk membangun rumah tangga yang tangguh. Meski sebelum menikah pasangan kamu memiliki kesetiaan yang luar biasa, hal ini tetap menjadi ketakutan tersendiri bagi wanita. Bukan tidak percaya dengan pasangan, namun banyaknya kasus perselingkuhan atau pengkhianatan menjadi alasan utama.

Kesetiaan pasangan (appelgatelaw.com)

Wanita merasakan keraguan, apakah pasangannya bisa setia hingga akhir ajal? Bagaimana cara melewati tahun-tahun pernikahan dengan tetap mempertahankan kesetiaan satu sama lain? Bagaimana jika nanti dia selingkuh tapi kamu tidak tau? Rasanya sangat mengkhawatirkan.

Perihal keturunan

Siapa sih yang tidak mendambakan keturunan dalam pernikahan? Anak menjadi anugerah terindah yang dititipkan Tuhan kepada manusia. Sayangnya, tidak semua manusia bisa beruntung mendapatkan titipan tersebut. Dan ini menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi seorang wanita.

Perihal keturunan (everydayfeminism.com)

Apalagi jika hidup di lingkungan sosial dimana wanita yang tidak bisa memiliki keturunan dianggap sebagai ‘aib’ dan juga kesalahan. Padahal perihal keturunan ini sepenuhnya hak Tuhan diluar kuasa manusia.

Tidak lagi bebas melakukan apapun

Salah satu hal yang sering dipertanyakan wanita tentang kehidupan setelah menikah adalah perihal kebebasan. Mereka takut tidak memiliki waktu untuk diri sendiri, hingga takut semua waktu tersita sepenuhnya oleh pasangan dan urusan rumah tangga. Rasa takut tidak bisa melakukan apapun dengan bebas juga menjadi alasan.

Tidak lagi bebas melakukan apapun (verilymag.com)

Kamu harus rela mengurangi waktu untuk berkumpul dengan teman atau membatasi interaksi dengan teman pria. Semua kebebasan berubah menjadi tanggung jawab untuk keluarga. Sudah siapkah kamu untuk melakukan hal itu?

Tidak bisa menjadi ibu yang baik

Tentu kamu akan sangat bersyukur jika Tuhan bersedia menitipkan buah hati dalam pernikahan kalian. Namun satu hal yang kini menjadi ketakutan bagimu, apa kamu mampu menjadi ibu yang baik bagi anakmu kelak?

Tidak bisa menjadi ibu yang baik (taosvhdstorage.blob.core.windows.net)

Mengurus, mendidik dan memastikan bahwa buah hati hidup dengan sejahtera dan memiliki masa depan cerah bukanlah hal yang mudah. Dan saat itulah peran seorang ibu hebat dibutuhkan.

Sikap pasangan

Sebelum menikah, kamu mungkin sudah sangat mengenal pasangan. Apa saja kebiasaannya, bagaimana karakternya hingga hal apa yang dia sukai dan dibenci. Namun setelah menikah, kamu tidak bisa memastikan sikapnya akan sama seperti saat jadi pacar.

Sikap pasangan (verilymag.com)

Akan ada perubahan-perubahan yang mungkin tidak terduga. Kamu mungkin bersyukur jika dia berubah menjadi lebih baik, namun kamu sangat khawatir jika dia berubah ke arah yang negatif. Kamu takut sikapnya kepadamu berubah, dan lagi yang lebih menakutkan ketika perasaannya kepadamu juga ikut berubah, pudar.

Tapi itu semua adalah resiko dari pernikahan. Tidak ada pernikahan yang mulus seperti jalan tol. Akan ada masalah, mulai dari yang kecil hingga masalah besar yang mengguncang rumah tanggamu kelak. Oleh karena itu kamu harus menyiapkan diri dan menyingkirkan ketakutanmu sendiri.

Tulis Komentarmu

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Dibanding yang Biasa Saja, Cewek Cantik Lebih Banyak yang Jomblo. Kenapa?

Belum Tentu Wanita Susah Dimengerti, Bisa Jadi Memang Prianya Kurang Pengertian