Suara Ibu Lebih Ampuh Membangunkan Dibandingkan Jam Alarm? Ini Menurut Ilmiahnya

Inilah bukti suara ibumu lebih efektif dibandingkan jam alarm!

Pernah tidak kamu merasa jam alarm tidak efektif memangunkanmu, namun suara ibu langsung bikin kamu melek? Nah kira-kira apa yah yang membuat suara ibu begitu dengan mudah membangunkanmu?

Guna menjawab pertanyaan ini, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nationwide Children’s Hospital, Ohio, Amerika Serikat mencoba menguak perihal keajaiban suara ibu yang bisa membangunkan anak tidur dengan begitu cepat.

Jam alarm tidak efektik untuk membangunkan anak (orami.co.id)

Penelitian ini melibatkan 176 anak-anak berusia 5-12 tahun untuk dijadikan objek penelitian. Anak-anak kemudian ditempatkan di pusat studi tidur dan masing-masing mereka diberikan rekaman suara ibunya, dan jam alarm yang melengking.

Hasilnya, saat mereka tertidur dan dibunyikan jam alarm, kebanyakan anak-anak justru tidak merespon bunyi tersebut. Sebaliknya, saat rekaman suara ibu masing-masing anak, mereka langsung merespon meskipun kondisi masih dalam keadaan ngantuk.

Otak anak lebih cepat merespon suara ibunya (arwini.com)

Menariknya, saat didengarkan suara ibu mereka, anak-anak bisa langsung bangun dengan hanya membutuhkan waktu 15 sampai 20 detik. Sedangkan saat menggunakan alarm yang melengking, peneliti butuh waktu minimal 5 menit untuk benar-benar membuat anak-anak tersadar.

Menurut pimpinan penelitian, Gary Smith, dikutip dari The Independent, ia mengatakan jika suara ibu memiliki kedekatan emosional yang terekam dalam otak anak. Jika suara ibu terdengar, maka secara otomatis otak anak akan langsung bekerja meresponnya.

Inilah yang membuat suara ibu jauh lebih efektif membangunkan tidur anak dibandingkan lengkingan suara jam alarm.

Suara ibu memiliki ikatan emosional yang kuat dengan anak (beritagar.id)

Nah, jadi sudah terbongkar kan kenapa kamu bisa langsung bangun saat dipanggil ibumu. Sedangkan jam alarm kadang harus bunyi puluhan kali untuk membangunkanmu.

Terlebih jika ibumu membangunkan dengan sapu ditangannya, tentu lebih cepat akan membuatmu terbangun kan? Namun meskipun demikian, suara khas ibu saat membangunkanmu bakalan akan kamu rindukan saat tidak lagi bersamanya.

Jadi, jangan malas-malasan saat dibangunkan ibu yah!

Written by Aulawi (Aw)

Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *