Kehamilan Pertama Rawan Keguguran? Inilah yang Harus Mamah Muda Lakukan

Biar ibu sehat janin selamat yuk lakukan hal ini.

Banyak kasus keguguran yang menimpa ibu muda pada kehamilan yang pertama. Faktor keguguran bagi kehamilan pertama pun beraneka ragam, dari mulai masih lemahnya rahim seseorang sampai belum cukupnya pengetahuan seorang wanita tentang kehamilan pada hamil pertama, membuat keguguran menjadi momok menakutkan.

Baca juga : Waspada! Inilah Bahaya Saat Mengupload Foto Hamil di Media Sosial

Rawan keguguran di kehamilan pertama (partnercantik.com)

Nah agar saat hamil pertama tidak terjadi sesuatu yang tidak diharapkan, kamu perlu melakukan beberapa hal berikut agar potensi keguguran tidak terjadi pada masa kehamilan pertamamu.

Lakukan gerakan ringan setiap pagi untuk kebugaran tubuh dan kesehatan janin

Biasanya para ibu muda yang sedang hamil pertama mengalami sebuah kemanjaan yang luar biasa. Dampaknya ia akan malas melakukan aktifitas, dan waktunya banyak dihabiskan diatas tempat tidur atau santai-santai sembari menonton tv.

Lakukan gerakan ringan saat hamil (trifocusfitnessacademy.in)

Biasanya sih memang saat hamil seseorang bawaannya males dan lemes, namun bukan berarti terus tidak melakukan aktifitas apa-apa dan hanya tidur-tiduran saja. Yang demikian justru tidak baik untuk kesehatan kandungan dan juga sang ibu.

Yoga saat masa kehamilan itu penting (trifocusfitnessacademy.in)

Lakukanlah aktifitas gerakan ringan pada pagi hari untuk mendapatkan kebugaran fisik ibu. Jika hal tersebut sukar dilakukan, bisa juga melakukan aktifitas yoga saat pagi hari untuk menyegarkan tubuh dan menenangkan pikiran. Hal tersebut juga akan semakin menguatkan janin dalam kandungan.

Konsumsi makan-makanan tinggi nutrisi yang baik untuk janin

Kesehatan janin dan ibu bayi juga dipengaruhi oleh makan-makanan yang dikonsumsi ibu hami. Nah, untuk menjaga kesehatan ibu dan janin, alangkah baiknya seorang ibu hamil memperhatikan gizi pada makanannya.

Konsumsi makanan sehat saat hamil (organik100.com)

Terlebih jika usia kandungan terbilang masih muda, ibu hamil harus mencukupi kebutuhan gizinya untuk mendukung proses pembentukan organ tubuh janin, termasuk proses perkembangan otak dan tubuh. Semakin baik gizi yang diasup oleh ibu hamil, maka semakin sehat kondisi kandungannya.

Jangan terlalu capek, terlebih saat usia kandungan masih muda

Salah satu penyebab keguguran paling banyak ditemukan ialah karena ibu hamil melakukan aktifitas di luar wajar batas ibu hamil. Semisal saja dia melakukan pekerjaan yang berat-berat seperti angkat-angkat benda, atau melakukan aktifitas yang membuat goncangan pada perut sangat terasa.

Ibu hamil jangan terlalu kecapekan (nakita.grid.id)

Dampaknya, ibu hamil akan sangat kecapekan, dan kondisi tubuh semakin lemah. Kondisi semacam ini akan sangat berbahaya jika kondisi kandungan belum begitu kuat atau dalam usia kandungan yang masih muda.

Hindari Konsumsi sesuatu yang berbahaya bagi janin dan ibu hamil

Selain mengkonsumsi makanan yang bergizi, ibu hamil juga perlu menghindari makanan-makanan yang bisa berbahaya bagi kondisi janin. Hindari minuman beralkohol, minuman bersoda, asap rokok, dan minum kopi yang berlebihan.

Hindari konsumsi sesuatu yang berbahaya bagi janin (jawapos.com)

Selain itu, bagi ibu hamil juga perlu menjaga diri dari makanan-makanan mentah seperti ikan laut mentah, daging asap, dan jenis fermentasi makanan mentah lainnya seperti keju. Pasalnya ibu hamil sangat sensitif terhadap kuman, bakteri dan virus. Karena itu ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan mentah yang bisa menyebabkan ibu terkena infeksi dari parasit seperti listeriosis.

Usahakan selalu berfikiran postitif dan bahagia

Nah yang tidak kalah penting bagi ibu hamil ialah selalu berfikiran postitif dan bahagia. Sebab jika ibu hamil selalu mengalami tekanan fikiran atau stres, maka kesehatan janinnya [un akan menurun.

Ibu hamil harus dalam kondisi bahagia dan jauh dari tekanan fikiran atau stres (nakita.id)

Dalam hal ini peran suami sangat vital, bagaimana dia harus bertanggung jawab atas kebahagiaan istri selama masa kehamilan. Tidak perlu dengan memberikannya barang mewah, cukup diberi kasih sayang dan perhatian yang ekstra saja akan membuat istri lebih bahagia.

Itulah apa yang harus dilakukan oleh mamah muda saat sedang menjalani kehamilan pertama agar kandungannya sehat. Meskipun kadang berat menjalani masa-masa kehamilan, namun sebagai seorang perempuan tentu hal itu sangat membahagiakan.

 

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

7 Alasan Mengapa Cowok yang Hobi Otomotif Itu Suami-able Banget

Girls, Yakinlah Bahwa Pria yang Tak Memberi Kepastian Memang Layak Ditinggalkan