5 Kegunaan Lain Aluminium Foil, Salah Satunya Untuk Perkuat Sinyal WiFi!

Ternyata aluminium foil nggak cuma berguna di dapur lho

Benda berwarna silver yang biasa tersedia dalam bentuk gulungan ini pasti tak asing untuk mereka yang hobi memasak. Aluminium foil memang memiliki banyak manfaat soal urusan dapur. Misalnya saja untuk memanggang agar makanan matang secara merata hingga membersihkan peralatan memasak yang sangat kotor bahkan gosong sekalipun.

Namun yang tidak banyak diketahui, benda satu ini ternyata juga mempunyai manfaat lain di luar urusan dapur. Bahkan bisa memudahkan untuk kehidupan sehari-hari. Penasaran? Simak ya penjelasannya di bawah ini.

Menghilangkan debu pada baju

Menghilangkan debu pada baju (ytimg.com)

Mencuci baju dengan mesin memang lebih mudah, sayangnya ada beberapa kekurangan yang biasa dijumpai. Misalnya saja banyak debu, partikel maupun serat kain halus yang menempel pada baju yang berwarna gelap setelah baju dikeringkan. Ternyata hal tersebut disebabkan oleh listrik statis. Nah untuk mencegah hal tersebut terjadi pada baju kesayangan, coba deh masukkan bola-bola aluminium foil bersama cucian. Kemudian lihat hasilnya!

Mengasah gunting

Mengasah gunting (ytimg.com)

Bukan hanya pisau, gunting juga bisa berkarat dan berkurang ketajamannya. Jangan keburu dibuang, kamu bisa menggunakan aluminium foil untuk mengasahnya dengan mudah. Caranya, lipat beberapa lapis lembaran foil sekaligus, kemudian potong-potong dengan gunting yang hendak di asah. Pastikan aluminium menyentuh semua bagian gunting. Ulangi beberapa kali hingga benar-benar tajam.

Perbaiki koneksi baterai

Siapa sangka benda silver ini juga berguna untuk peralatan elektronik seperti baterai pada remote TV atau senter. Penggunaan yang terlalu lama dapat membuat pegas kecil penghubung baterai dalam benda elektronik semakin longgar. Efeknya kinerja benda tersebut jadi tidak maksimal.

Perbaiki koneksi baterai (internapcdn.net)

Nah aluminium foil bisa kamu gunakan agar peralatan tersebut bekerja kembali secara maksimal. Caranya dengan meletakkan aluminium yang telah dilipat kecil diantara pegas dan baterai. Kemudian lihat hasilnya, remote TV akan lebih peka pun cahaya senter bisa lebih terang.

Setrika baju jadi lebih mudah

Setrika baju jadi lebih mudah (sbly-web-prod-shareably.netdna-ssl.com)

Pernah nggak sih kamu marah-marah hanya karena baju yang disetrika tak kunjung rapi? tenang saja, kini tak perlu lagi ribet berlama-lama menyetrika. Letakkan saja selembar aluminium foil pada bagian bawah baju, dan setrika di bagian permukaan kain saja. Dalam waktu singkat baju tersebut bisa tampak lebih rapi dan licin.

Memperkuat sinyal Wifi

Wifi seakan sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok sekarang ini. Sinyal yang kuat tentu sangat mendukung berbagai pekerjaan hingga mempermudah kegiatan sehari-hari. Namun kalau sinyalnya lambat, rasanya bikin emosi ya. Nah untuk mengatasi masalah tersebut kamu bisa gunakan aluminium foil sebagai solusi.

Memperkuat sinyal Wifi (itbusinessdirect.com)

Caranya adalah bungkus sebuah karton dengan aluminium foil secara merata. Kemudian letakkan di belakang antena router wifi. Foil tersebut akan membantu memantulkan sinyal ke arah yang kamu inginkan sehingga bisa lebih fokus masuk ke gadget yang digunakan.

Nah itulah beberapa fungsi lain aluminium foil yang wajib kamu tau agar hidupmu lebih mudah. Yuk segera praktekkan!

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *