Bosan Ketika Ada Jeda Kuliah? Isi Saja Dengan 4 Kegiatan Seru Ini

Nggak perlu takut bosan ngadepin jeda kuliah yang panjang. Isi dengan kegiatan seru berikut ini.

Perkuliahan tentu beda dengan masa-masa SMA. Dulu sewaktu masih pakai seragam putih abu-abu, ada jeda belajar yang kamu sebut sebagai waktu istirahat. Biasanya tidak lebih dari satu jam. Kamu bisa makan, istirahat, atau ngobrol bareng temen. Karena jedanya tidak terlalu lama, wajar jika kamu nggak merasa bosan. Waktu akan terasa cepat berlalu. Hal berbeda akan kamu temui ketika menyandang gelar sebagai mahasiswa.

Terkadang kamu akan mendapat jadwal kuliah yang bikin spaneng. Bagaimana tidak, dalam satu hari hanya ada dua sesi kuliah, tapi jeda antara mata kuliah satu dengan yang lainnya bisa lebih dari 4 jam. Bila rumahmu dekat kampus sih enak, tinggal pulang dan menunggu di rumah. Tapi bagi yang jauh, akan merepotkan sekali jika harus bolak-balik. Kalau sudah begitu, tak ada pilihan lain selain menunggu kuliah berikutnya di kampus saja. Memang terdengar membosankan, tapi jika kamu melakukan beberapa kegiatan seru berikut ini, dijamin kamu bakal betah lama-lama di kampus.

1. Main Musik

Jika kampusmu memiliki fasilitas musik seperti ruang piano atau ruang band, hingga gamelan sekalipun bisa kamu manfaatkan. Terutama jika kamu adalah orang yang hobi bermusik. Kamu bisa melatih bakat dan mengusir kebosanan karena harus menghadapi jeda kuliah yang lamanya kebangetan. Melakukan hal yang menjadi hobimu tentu akan sangat menarik, sampai-sampai tiga atau empat jam menunggu tidak jadi masalah.

Main piano [via youtube.com]
Main piano [via youtube.com]
Tapi main musik juga nggak luput dari rasa bosan apabila dilakukan terus-menerus. Agar hal itu tidak terjadi, kamu bisa ajak serta teman-temanmu untuk gabung dan main musik bersama. Melatih bakat masing-masing dan saling memberikan masukan.

2. Olahraga

Hampir semua kampus memiliki fasilitas pendukung yang bisa memanjakan mahasiswanya. Salah satu yang wajib ada adalah fasilitas olahraga. Seperti gedung olahraga, pusat kebugaran, termasuk juga kolam renang. Jeda kuliah jika hanya diisi dengan duduk-duduk sudah pasti akan membosankan. Hindari hal tersebut dengan datang ke pusat olahraga.

Olahraga [via sindonews.com]
Olahraga [via sindonews.com]
Kamu bisa mengajak teman-temanmu untuk melakukan olahraga permainan. Seperti badminton atau basket. Atau jika itu terlalu berat dan kamu takut capek hingga akan berpengaruh pada konsentrasimu saat kuliah berikutnya, pilihlah olahraga sederhana. Ada tenis meja yang bisa kamu coba, olahraga ini nggak kalah seru dari yang lainnya. Bosanmu hilang, sehat datang.

3. Nongkrong Seru

Setelah mengikuti kuliah sesi pertama, mungkin kamu sudah lelah tenaga dan pikiran. Saatnya mengisi semangatmu dengan canda dan tawa bareng temen. Selain fasilitas olahraga, kampus juga didukung dengan tempat santai untuk mahasiswa. Biasanya berupa gazebo yang dikelilingi oleh taman rindang yang sejuk.

Nongkrong [via anakui.com]
Nongkrong [via anakui.com]
Kamu bisa nongkrong di gazebo kampus bareng temen-temen satu kelas. Atau mengajak serta temen dari jurusan lain. Jika punya pacar yang kebetulan satu kampus atau mungkin seangkatan sama kamu, ajak saja untuk bertemu dan menghabiskan waktu bersama di kampus. Tentu kuliah ditemani kekasih adalah momen seru yang bisa bikin semangatmu melonjak drastis.

4. Ngisi Perut

Menunggu lama bikin lapar? Hal ini memang sering terjadi. Sudah bosan, perut protes terus minta diisi. Kamu bisa pergi ke food court atau tempat makan yang berjajar di dekat kampus. Kamu bisa memilih menu favorit dan karena lokasinya dekat dengan kampus, biasanya harga yang dipatok juga disesuaikan dengan kantong mahasiswa.

Ngisi Perut [via hipwee.com]
Ngisi Perut [via hipwee.com]
Artinya, nggak terlalu mahal tapi rasanya juara. Jangan lupa untuk mengajak teman-teman kamu dan menikmati kuliner bersama. Kamu bisa ngopi dan ngobrol lepas bareng mereka membahas berbagai hal seru mulai dari dosen yang paling cantik di kampus, hingga merencanakan liburan di akhir pekan.

Itulah beberapa kegiatan seru yang bisa kamu lakukan saat jeda kuliah. Daripada berdiam diri, tentu nongkrong atau berolahraga akan membuat kamu makin betah di kampus. Bagaimana dengan kamu sendiri? Kegiatan apa yang biasanya kamu lakukan saat jeda kuliah?

Written by Titasya Anugraheni

Titasya Anugraheni

She's busy with her life goals: living life to the fullest. a sky lover, sunrise hunter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *