5 Prediksi Kecanggihan Smartphone di Masa Depan yang Perlu Kamu Tahu

Teknologi apa yang paling kamu harapkan ada?

Saat ini, persaingan dalam dunia gadget semakin ketat. Para produsen berlomba-lomba untuk menghadirkan ponsel cerdas dengan harga terjangkau namun sarat fitur menarik. Hal ini tentu berbeda dengan satu-dua dekade lalu, dimana produsen ponsel dikuasai oleh nama-nama raksasa yang itu-itu saja.

Konsumen tentu diuntungkan dengan booming ponsel cerdas seperti ini karena jadi punya banyak pilihan yang bisa menyesuaikan kemampuan kantong. Bayangkan, dengan harga terjangkau sekalipun, kita bisa memiliki ponsel cerdas dengan teknologi yang bahkan tidak terbayangkan sebelumnya di era dua dekade lalu. Lantas, bagaimana perkembangan teknologi ponsel di masa depan? Ini prediksinya!

1. Proyeksi hologram

Dengan 3D hologram,
kita bisa mengakses ponsel secara lebih seru (play.google.com)

Layaknya sebuah adegan dalam film fiksi, diperkirakan teknologi proyeksi hologram bakal digunakan juga pada ponsel cerdas di masa depan. Seru rasanya membayangkan kita memproyeksikan apapun yang ada pada ponsel seolah-olah menjadi sesuatu yang nyata di depan mata.

2. Eye tracking

Mengoperasikan ponsel jadi lebih mudah dengan eye tracking (youtube)

Teknologi sensor eye tracking mungkin bukan barang baru, karena kita sudah bisa menemukannya pada beberapa perangkat laptop hi-end macam Acer Predator 21 X atau Dell Alienware. Sesuai namanya, teknologi ini berguna untuk memprediksi pergerakan bola mata manusia. Artinya, kita bisa memindahkan navigasi layar atau beralih menu pada ponsel hanya dengan menggerakkan bola mata saja tanpa perlu bantuan sentuhan tangan lagi. Teknologi ini sudah mulai dikembangkan di beberapa produk smartphone, namun kinerjanya mungkin belum terlalu prima.

3. Voice recognition

Teknologi voice rcognition akan dipercanggih lagi di masa depan (cosmosmagazine.com)

Teknologi ini juga bukanlah barang baru, namun diyakini akan semakin canggih lagi nantinya di masa depan. Konon, kita bakal bisa mengendalikan ponsel sepenuhnya hanya melalui perintah suara seperti layaknya JARVIS di film Iron Man.

4. Camera burst

Bakal secanggih apakah teknologi ini di masa depan? (iphonehacks.com)

Camera burst biasanya kita temukan pada perangkat fotografi macam kamera DSLR atau mirrorless. Namun kini, banyak produsen ponsel yang juga mulai mengaplikasikan pada produknya untuk memberikan pengalaman phone photography yang berbeda. Teknologi ini memungkinkan penggunanya mengambil objek gambar tanpa ada batasan jumlah dalam satu bidikan saja. Kita nantikan saja, bakal secanggih apa teknologi ini nanti di masa depan.

5. Pop up play

Ponsel di masa depan akan semakin canggih lagi dalam melakukan multitasking (youtube)

Meski saat ini sudah banyak ponsel pintar yang bisa melakukan multitasking dalam pengoperasiannya, namun fitur pop up play ini juga digadang bakal semakin canggih di masa depan. Pengguna tak perlu lagi menutup salah satu menu terlebih dahulu untuk membuka enu yang lainnya. Layar ponsel juga bisa berubah menjadi bagian-bagian yang menampilkan apa saja yang sedang di buka secara bersamaan di layar ponsel.

Tulis Komentarmu
Dozan Alfian

Written by Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Viral, Bule Nyelonong Ke Masjid Saat Waktu Sholat dengan Mengenakan Celana Pendek, Endingnya Bikin Haru

8 Karakter Cowok dari Cara Nembak Cewek. Ada yang Pemalu, Ada Juga yang Malu-Maluin