6 Kebohongan ‘Klasik’ yang Akan Dengan Mudah Menjauhkanmu Dari Kesuksesan

Mau sukses? Jangan bohongi diri sendiri!

531
SHARES

Siapa sih yang nggak ingin sukses? Sukses dalam semua bidang sudah pasti menjadi impian banyak orang. Tapi untuk meraih dan mewujudkan kesuksesan tersebut, dibutuhkan usaha dan kerja keras yang tak mudah. Kesuksesanmu tidak bergantung kepada orang lain. Dirimu sendiri yang bisa mewujudkannya. Tapi di waktu yang bersamaan, dirimu sendiri juga bisa menjadi faktor yang akan menjauhkanmu dari kata sukses.


kebohongan pada diri sendiri (staticflickr.com)

Dengan memaksa diri untuk bekerja keras, kesuksesan bukan lagi mimpi belaka. Tapi tanpa kamu sadari, kamu selalu saja mengatakan kebohongan pada diri sendiri yang akhirnya malah menjauhkanmu dari kata sukses. Kebohongan “biasa” namun diselubungi berbagai alasan ini akan menjadi penghalang terbesar bagimu. Jika kamu masih ingin mencicipi rasanya sukses, lebih baik hentikan bohongi diri sendiri dengan 6 kalimat ini.

1. “Aku nggak boleh gagal”

Nggak ada kok orang yang menginginkan kegagalan. Karena memang kegagalan itu menyakitkan, mengecewakan dan bisa bikin putus asa. Meskipun begitu, dengan memaksa diri agar tidak gagal, kamu justru menutup pintu kesuksesan. Kegagalan adalah bagian dari kesuksesan. Hampir bisa dipastikan, semua orang yang sukses pasti pernah mengalami kegagalan. Alih-alih menolak gagal, kamu justru harus persiapkan diri dengan berbagai kemungkinan gagal.

Aku nggak boleh gagal (bbci.co.uk)

Misalnya saja Kolonel Sanders yang mengalami penolakan 1009 kali serta berbagai kegagalan di masa muda sebelum akhirnya sukses dengan restoran KFC miliknya. Atau kamu bisa menilik perjuangan JK Rowling yang pernah terpuruk karena perceraian dan kegagalan karir sebelum akhirnya bisa menjadi wanita terkaya nomor 2 di Inggris.

2. “Sukses itu butuh keberuntungan, dan aku hanya butuh itu”

Percayalah, sukses itu terdiri dari 99% kerja keras dan 1% keberuntungan. Memang sukses membutuhkan keberuntungan tapi itu hanya 1% saja. Selebihnya? Kesuksesan ditentukan dari kerja keras yang kamu lakukan. Boleh saja berharap adanya keberuntungan, tapi jangan sampai kamu percaya bahwa hanya keberuntungan bisa mengantarkanmu pada kesuksesan.

Sukses itu butuh keberuntungan, dan aku hanya butuh itu (peoplemagazine.co.za)

Hanya diam dan mengharap keberuntungan tak akan membawamu kemana-mana. Kamu membutuhkan semangat, konsistensi dan kerja keras tiada henti agar bisa sampai pada keberhasilan. Jangan lupa berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa.

3. “Aku nggak punya keberanian”

Rasa takut pasti ada dalam diri setiap manusia. Tapi kamu harus jeli membedakan apakah kamu benar-benar takut atau hanya ingin menghindar. Percaya bahwa ketakutanmu tak bisa dikalahkan dengan apapun hanya akan menutup peluang suksesmu. Ketakutan justru akan semakin menjauhkanmu dari keberhasilan-keberhasilan yang akan datang.

Aku nggak punya keberanian (levelkids.com)

Misalnya saja kamu takut bertemu orang-orang baru, lalu bagaimana caranya kamu bisa dapat relasi untuk mengembangkan bisnismu? Berlatihlah dengan apa yang kamu takutkan dengan begitu rasa takut tak akan jadi penghalang.

4. “Aku harus melakukan semua hal sendirian”

Dengan mengerjakan semua hal sendirian, mengambil semua tanggungjawab akan membuatmu terlihat lebih rajin dan tekun dibanding yang lainnya. Tapi ini tak akan membawamu pada kesuksesan. Kamu justru akan kehilangan kepercayaan dari rekan-rekan satu tim dan mengahncurkan dirimu sendiri.

Aku harus melakukan semua hal sendirian (dplindbenchmark.com)

Akan ada saatnya kamu kuwalahan menghadapi berbagai tanggung jawab yang kamu pikul. Selain itu, mengambil semua pekerjaan sendirian tak akan membuat tim berkembang. Kamu dan tim hanya akan berjalan ditempat.

5. “Aku nggak cocok untuk pekerjaan ini”

Di dunia ini nggak ada orang yang cocok 100% dengan pekerjaan tertentu. Setiap pekerjaan membutuhkan penyesuaian diri dan juga seni bertahan di dalamnya. Jika kamu percaya bahwa kepribadianmu tidak tepat untuk suatu pekerjaan bahkan jika itu potensial, kamu tak akan bisa meraih kesuksesan.

Aku nggak cocok untuk pekerjaan ini (netdoctor.cdnds.net)

Dengan konsistensi yang terus kamu lakoni, kepribadianmu akan terlatih. Jangan buru-buru menganggap kamu tak cocok untuk pekerjaan tertentu. Cobalah dulu dan kembangkan apa yang kamu punya daripada terus khawatir hingga akhirnya menutup diri.

6. “Aku nggak sepintar mereka”

Di awali melihat kepintaran orang lain dan kemudian kamu menilai bahwa dirimu tak bisa sepintar mereka. Hal ini hanya akan membuatmu merasa tak percaya diri dan berpikir bahwa kamu tak bisa bersaing dengan yang lain. Padahal, kecerdasan intelektual hanya menyumbang 25% dari sebuah kesuksesan. Sementara 75% ditentukan oleh optimisme, konsistensi, kerja keras dan kerja cerdas.

Aku nggak sepintar mereka (blogpendleton.files.wordpress.com)

Bukan berati orang lain lebih pintar dari kamu dan kamu lebih bodoh dari mereka. Kamu bisa manfaatkan kemampuanmu yang lainnya untuk meraih apa yang kamu inginkan. Jangan sampai rasa tak percaya diri menutup pintumu menuju apa yang diingini.

Nah itulah 6 kebohongan klasik yang -pasti- pernah kamu ucapkan untuk diri sendiri. Mulai sekarang hentikan dan mulai ambil langkah untuk menuju kesuksesan!

531
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

"You can if you think you can"