7 ‘Kebohongan’ yang Terlanjur Dipercaya Bisa Batalkan Puasa

Ngupil bikin batal puasa nggak ya?

6
SHARES

Mungkin saat pertama kali belajar puasa, kamu insecure banget biar nggak batal. Apalagi dulu pernah ada mitos-mitos dan berbagai “kebohongan” yang sering dikatakan oleh orang tua bisa membatalkan puasa. Bukan tanpa alasan, mitos ini diciptakan agar kamu lebih disiplin dan berhati-hati agar tidak membatalkan puasa.


Membatalkan puasa (organicfacts.net)

Namun sepertinya mitos ini terbawa hingga dewasa. Larangan nggak boleh ini dan itu menjadi patokan yang dipegang hingga sekarang. Padahal jika dicermati, mitos dan kebohongan ini benar-benar nggak masuk akal. Apalagi tak ada di dalam Al-Quran maupun hadist. Biar nggak melulu percaya, ini lho 7 kebohongan yang “katanya” bisa membatalkan puasa padahal sebenarnya tidak.

1. Menangis

Orang tua jaman dulu wanti-wanti kalau kamu nggak boleh nangis saat puasa karena bisa bikin batal. Dan dengan polosnya kamu percaya, hingga bisa dengan leluasa makan dan minum dengan alasan abis nangis dijahilin teman.

Padahal nggak ada korelasi antara menangis dan batal puasa. Puasamu hanya bisa batal kalau kamu dengan sengaja menelan air mata yang masuk ke mulut. Jadi, boleh nangis tapi jangan sampai air mata masuk ke mulut ya!

Menangis (huffpost.com)

2. Gosok gigi siang hari

Katanya sih saat puasa nggak boleh gosok gigi, makanya banyak yang gosok gigi setelah sahur biar nggak batal. Bukan batal, hukumnya gosok gigi saat puasa itu makruh (sebaiknya tidak dilakukan). Nggak ada larangan gosok gigi saat puasa tapi lebih baik tidak kamu lakukan. Kalaupun mau gosok gigi, sebaiknya lakukan dengan hati-hati.

Sikat gigi (evolvedental.com.au)

3. Kumur-kumur

Saat masih kecil mungkin kamu pernah dilarang kumur-kumur karena bisa membasahi kerongkongan dan membatalkan puasa. Padahal, kumur-kumur diperbolehkan selama untuk kepentingan wudhu. Yang dilarang itu kalau kamu menelan air saat kumur atau kumur dengan kuah bakso, es sirup, es buah atau es kelapa muda~

Berkumur (Wara Lofitra)

4. Berbohong

“Jangan bohong, ntar puasamu batal lho!”

Pernah mendapat ancaman ini? Bohong memang perbuatan yang bikin dosa, tapi tidak membatalkan puasa. Berbohong hanya akan mengurangi pahala puasa. Meskipun begitu, kamu nggak mau kan puasamu hanya mendapat haus dan lapar tanpa mendapatkan pahala? Biar puasamu nggak sia-sia, lebih baik berkata jujur, kan?

Berbohong (trbimg.com)

5. Ngupil bikin batal, tapi…

Ada yang mengatakan ngupil bisa membatalkan puasa tapi ada juga yang bilang tidak. Karena saat seseorang terlalu asik ngupil, tanpa sadar jarinya masuk terlalu dalam pada lubang hidung. Sementara larangan saat puasa salah satunya adalah tidak boleh ada sesuatu yang masuk ke lubang-lubang tertentu seperti mulut, hidung, telinga hingga kemaluan. Jadi, lebih baik ngupil setelah buka puasa aja ya!

Ngupil (inovasee.com)

6. Suntik

Suntik memang bisa membatalkan puasa. Karena cairan suntikan yang masuk ke dalam tubuh bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang ketika puasa. Tapi kalau suntik dengan tujuan donor darah ataupun mengambil sampel darah boleh dilakukan. Karena suntik ini tidak memasukkan cairan tapi mengambil cairan dalam tubuh, yaitu darah.

Suntik (hellosehat.com)

7. Pakai obat tetes mata

Tenang saja, menggunakan obat tetes mata selama puasa tidak membatalkan. Penggunaan obat mata diperbolehkan selama keadaan darurat. Obat tetes mata hanya masuk ke mata, bukan tenggorokan sehingga puasa tetap aman. Mata juga bukan sarana untuk makan dan minum, begitu juga dengan pori-pori kulit.

Pakai obat tetes mata (kesehatanaz.com)

Nah itulah sekian mitos yang -mungkin- sempat kamu ercaya saat masih kecil. Karena sekarang sudah dewasa, pastinya sudah paham kan mana yang bisa membatalkan puasa dan mana yang tidak.

6
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

"You can if you think you can"