4 Kebiasaan yang Sangat Kamu Percaya, Eh.. Ternyata Cuma Mitos Belaka

Yuk mulai merutinitaskan kebenaran!

Makan, minum, dan mandi, adalah beberapa rutinitas dasar kita sebagai makhluk hidup setiap hari. Rutinitas seperti itu, bahkan sudah menjadi semcam aturan wajib tanpa kita sadari. Namun ternyata, beberapa dari kita masih saja melakukan kesalahan yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

Baca juga : Penjelasan Misteri Suara Gamelan di Langit Jogja Pada Malam Hari

Tanpa disadari, ada beberapa kebiasaan yang kita lakukan setiap hari justru mengancam kesehatan – excite.co.id

1. Karena siapa bilang kamu harus minum delapan gelas air putih setiap hari?

Himbauan minum delapan gelas air putih setiap hari muncul pada tahun 1945 ketika Food and Nutrition Board menyimpulkan bahwa untuk mencegah dehidrasi, maka manusia membutuhkan setidaknya 2,5 liter cairan per hari.

Karena logikanya, cairan tubuh tidak hanya bisa diperoleh dari air minum saja, kan? – pexels.com

Namun faktanya, cairan tubuh tidak hanya bisa kita dapatkan dari air minum saja, karena sayuran dan buah-buahan pun mengandung cairan dengan kadar di atas rata-rata.

2. Kamu harus mandi dua kali sehari? Kata siapa?

Karena sebenarnya, mandi terlalu sering itu tidak baik untuk kesehatan lho. Selain membuat kulit semakin kering, keseringan mandi juga bisa mengurangi jumlah bakteri baik yang berakibat pada terganggunya sistem kekebalan tubuh.

Mandi dua kali sehari justru bisa memperburuk sistem kekebalan tubuh – safebee.com

Menurut majalah Time, frekuensi mandi yang paling tepat adalah satu sampai dua kali per minggu. Karena selain tentu saja hemat air, mandi sejarang ini juga menjadi cara yang paling baik untuk menjaga kelembaban kulit.

3. Siapa bilang kamu harus keramas setiap hari?

Penelitian lain yang dipubliksikan majalah Time mengatakan, keramas setiap hari bisa menyebabkan minyak alami di kulit kepala ikut terbilas sehingga rambut menjadi lebih cepat kering. Solusi terbaik adalah dengan keramas dua atau tiga hari sekali saja.

Karena pada masa ini, minyak di kepala sudah mulai menumpuk dan memang sudah saatnya untuk dikurangi.

Jangan keramas setiap hari agar keseimbangan minyak alami di kepala tetap terjaga – kapanlagi.com

4. Dan siapa bilang kamu harus makan tiga kali sehari?

Kebiasaan makan tiga kali sehari sebenarnya bukanlah budaya kita, namun dari budaya orang Eropa yang menganggap cara makan seperti ini lebih beradab dari budaya primitif. Dan sejak jaman penjajahan, masyarakat Indonesia mengenal budaya ini hingga berevolusi sebagai sebuah keharusan.

Budaya makan tiga kali sehari adalah bukti dari kesombongan orang-orang Eropa – pexels.com

Menurut Daily Mail, makan dua kali sehari diketahui jauh lebih ampuh menurunkan berat badan dan mampu menurunkan tekanan darah ketmbang ketika kita makan tiga kali sehari.

Memang, semua kebiasaan (salah) di atas menjadi rutinitas kita sehari-hari karena faktor orang lain yang lebih dulu melakukannya secara berulang-ulang yang pada akhirnya, kita menganggapnya sebagai sebuah kebenaran.

Jadi, bagaimana kalau mulai hari ini kita merutinitaskan kebenaran?

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Inilah Proses yang Terjadi Pada Tubuh Saat Detik-detik Kematian Sampai Tubuh Mengalami Pembusukan

Nggak Selalu Pulau Komodo, Nyatanya NTT Masih Punya 6 “Surga” Tersembunyi yang Wajib Kamu Kunjungi