Mulai dari Jokowi Hingga Vladimir Putin, Inilah Kebiasaan-Kebiasaan Unik para Kepala Negara

Beberapa kepala negara memang dikenal punya kebiasaan yang unik dan tidak biasa

Meski memiliki kuasa untuk menentukan arah kebijakan negara, seorang kepala negara toh tetaplah manusia biasa seperti pada umumnya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak kepala negara di dunia ini yang punya kebiasaan-kebiasaan dalam hidupnya yang tak jauh berbeda dari kita.

Meski begitu, tentu saja ada juga kebiasaan yang terbilang unik dan jarang diketahui orang, khususnya warga negaranya sendiri. Berikut ini kami sudah menghimpun informasi tentang kebiasaan-kebiasaan unik beberapa kepala negara dunia. Kira-kira, apa ya kebiasaan mereka sehari-hari?

1. Joko Widodo

Tak ada salahnya kita mengawali dari kebiasaan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Mantan walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta ini dikenal punya banyak kebiasaan unik. Misalkan saja kesukaannya minum jamu setiap pagi menggunakan gelas antik. Kalau kamu ingin meniru kebiasaan ini, resep jamu favorit Jokowi adalah campuran dari temulawak, jahe, dan kunyit yang dipercaya jadi kunci kebugaran beliau dalam menjalankan tugas negara.

Jokowi selalu minum jamu setiap pagi dengan menggunakan gelas antik (kapanlagiimage)

Kebiasaan lain yang cukup unik adalah memelihara berbagai hewan, mulai dari kodok, kambing, kuda, bebek atau entok, rusa, dan ikan. Jokowi bahkan sering turun langsung untuk memberi makan hewan peliharaannya itu seperti yang biasa kita lihat melalui vlog pribadinya di YouTube.

2. Elizabeth II

Sebagai pemegang tahta kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II dikenal memiliki minat yang tinggi pada hewan. Selain menjadi pemilik hampir seluruh angsa di Inggris, Ratu Elizabeth II juga menggemari anjing berkaki pendek jenis Welsh Corgis, dan pernah berjanji untuk membantu peningkatan populasi tupai merah di Balmoral Castle.

Ratu Elizabeth II dan anjing-anjing corgisnya (ndtvimg.com)

Tak kalah unik, beliau juga suka menangkap kelelawar! Binatang malam itu lantas dibuatkan koloni di aula utama koloninya. Saking sayangnya pada para kelelawar itu, Elizabeth II melarang staf kastil mengganggu koloni tersebut. Staf kastil pun jadi ikut kebagian repot karena harus rajin membersihkan kotoran para ‘penghuni’ aula tersebut.

3. Narendra Modi

Narendra Modi dan gaya berpakaiannya yang menonjolkan kurta India (dontgetserious.com)

Perdana Menteri India Narendra Modi ternyata punya ketertarikan pada dunia fashion. Tak heran jika beliau selalu tampak rapi, termasuk dengan ciri khasnya yang selalu mengenakan kurta (kemeja tradisional India) lengan pendek. Konon, ia bisa memakai 500 kurta sehari dan memakai kurta baru untuk setiap pertemuan. Wow!

4. Vladimir Putin

Vladimir Putin pernah berujar bahwa dirinya adalah pemimpin Rusia yang bekerja paling keras setelah Stalin. Selain jadwal hariannya yang padat dan ketat, Putin juga dikenal suka bekerja hingga larut malam dan bangun sebelum tengah hari.

Vladimir Putin punya jadwal harian yang padat dan ketat hingga larut malam (aolcdn.com)

Untuk mengisi tenaganya, Putin selalu mengonsumsi jus buah segar yang buahnya ditanam di perkebunan pemimpin agama Rusia Patriarch Kirill. Sedangkan untuk sarapan, Putin gemar menyantap keju, bubur, telur dadar, atau telur puyuh. Selepas sarapan, ia akan minum kopi, dua jam berenang, latihan beban, mandi air panas dan dingin.

Latihan beban masih jadi rutinitas Putin setiap harinya (theguardian.com)

Setelah berpakaian, Putin siap bekerja dan memulainya dengan membaca laporan harian dari badan intelijen domestiknya (FSB), badan intelijen asing (SVR), dan pengamanan (FSO). Ia juga akan menyaksikan berita, membaca koran, surat kabar asing dan tabloid populis.

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *