Menurut Penelitian, Inilah 5 Kebiasaan Pria yang Bisa Membuatnya Mati Muda

Kalau mau berumur panjang, hindari 5 hal ini bro.

Kita semua tentu sepakat jika persoalan usia, rejeki, dan jodoh, merupakan misteri yang sepenuhnya menjadi hak prerogatif Tuhan. Namun kita juga yakin, ada peran manusia dalam terjadinya takdir Tuhan. Termasuk dalam soal kematian, ada beberapa kebiasaan manusia yang bisa membuat kesempatan mati di usia muda semakin terbuka lebar.

Khususnya bagi pria, pola hidup kaum Adam biasanya tidak begitu lebih baik dibandingkan dengan wanita. Hal inilah yang menunjukkan banyaknya pria yang meninggal di usia muda.

Pria lebih rentan mati muda. (sinner2winner.blogspot.com)

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli di University of Montreal, Kanada menemukan fakta, jika pada sepuluh tahun terakhir wanita lebih berpeluang hidup lebih lama dibandingkan pria. Fenomena ini pun terjadi di berbagai komunitas masyarakat di dunia.

Melihat fakta tersebut, seorang jurnalis sekalipun dokter kenamaan, Dr Ciara Kelly, melakukan riset terhadap fenomena pria lebih mudah mati muda. Ternyata, menurut riset yang dilakukan Kelly, ada kebiasaan pria yang paling berpengaruh dia lebih berusia lebih pendek. Lalu kebiasaan apa saja sih yang membuat pria bisa mati muda?

1. Merokok

Kebiasaan merokok menurut Dr Kelly menjadi faktor utama banyak pria yang mengalami mati di usia muda. Menurutnya, di Irlandia saja 5 dari 10 pria menderita penyakit kronis akibat merokok. Lebih lanjut, 1 dari 10 pria meninggal di usia muda karena kebiasaan tersebut.

Kebiasaan merokok penyebab mati muda. (telset.id)

Merokok memang menjadi pemicu berbagai penyakit kronis yang dikenal sebagai penyakit mematikan seperti jantung, kanker, dan stroke. Tentu angka yang dilaporkan Dr Kelly di setiap negara berbeda. Bayangkan, di Irlandia yang dikenal sebagai negara maju dan masyarakatnya jauh dari rokok saja memiliki angka kematian akibat rokok yang cukup tinggi. Lalu bagaimana dengan di Indonesia yang dikenal sebagai surganya perokok?

2. Kebiasaan mengkonsumsi makanan berlemak dan tinggi kolesterol

Dibandingkan dengan wanita, pria dinilai tidak begitu mempedulikan pola makannya. Sehingga banyak persoalan kesehatan pria yang diakibatkan dari apa yang ia makan. Menurut Dr Kelly, pria tidak begitu mempersoalkan kandungan lemak jenuh dan lemak trans pada makanan, padahal dua kandungan tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan.

Sering Mengkonsumsi Makanan Berlemak Tinggi Sebabkan *Kanker Prostat. (plus.google.com)

Sedangkan wanita, biasanya menghindari mengkonsumsi makanan yang mengandung dua lemak tersebut dengan alasan takut berat badan akan naik. Makanya wanita lebih aman dalam memilih pola makan.

Sebagaimana diketahui, makanan berkolesterol tinggi merupakan faktor munculnya penyakit kronis pada manusia. Pola makan seperti ini juga yang membuat banyak pria meninggal di usia muda.

3. Malas olahraga

Kebiasaan malas olahraga pada pria juga menjadi salah satu faktor kenapa banyak pria meninggal di usia muda. Hal ini sesuai dengan riset yang dilakukan oleh National Institute of Health. Menurutnya, wanita cenderung rajin berolahraga dibandingkan pria. Meskipun kebanyakan alasan wanita berolahraga ialah alasan mendapatkan berat badan yang bagus, bukan soal kesehatan.

Pria lebih malas olahraga. (yukepo.com)

Dr kelly mengatakan, pria cenderung lebih menyukai duduk di depan Tv, sambil makan makanan ringan, atau tidur seharian saat liburan. Sedangkan wanita cenderung lebih aktif saat liburan.

4. Kebiasaan mengkonsumsi alkohol

Richard W. Wilsnack dari University of North Dakota School of Medicine and Health Science, melakukan penelitian tentang kebiasaan pria yang suka mengkonsumsi alkohol. Menurutnya, jumlah pria yang mengkonsumsi alkohol jauh lebih tinggi dibandingkan wanita.

Kebiasaan minum alkohol. (hellosehat.com)

Tingkat kecanduan alkohol juga lebih banyak terjadi pada kaum pria. Sedangkan sebagaimana diketahui, alkohol memiliki kandungan gula dan kalori yang sangat tinggi. Untuk satu gelas minuman beralkohol saja terdapat 200 kalori. Bayangkan jika minum setiap hari.

Minuman alkohol juga menjadi penyebab terjadinya obesitas pada pria di Amerika. Selain itu, menurut Dr Kelly, kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol juga menjadi pemicu serangan jantung, diabetes, masalah saraf, dan stroke yang bisa mengancam jiwa.

5. Kebiasaan begadang

Kebiasaan begadang menjadi faktor selanjutnya yang membuat banyak pria meninggal di usia muda. Saat begadang, daya tahan tubuh manusia akan mengalami pelemahan yang cukup signifikan, berbagai penyakit kronis pun lebih rentan menyerang.

Kebiasaan buruk begadang. (lifestyle.okezone.com)

Selain itu, hasil penelitian menunjukkan jika pria yang gemar begadang mengalami kerusakan pada syaraf otaknya. Sebab, otak yang seharusnya bekerja ringan saat malam hari, ternyata masih bertahan.

Itulah 5 kebiasaan pria yang bisa membuat ia mati di usia muda. Jika kamu mencintai dirimu dan orang di sekitarmu, maka hindarilah kebiasaan buruk tersebut. Silahkan bagikan jika kamu merasa artikel ini bermanfaat.

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *