Sadar Nggak Sadar, 7 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Membuatmu Makin Pintar

Kalau nggak biasa, coba biasakan mulai sekarang biar terbiasa~

Kepintaran dan juga kecerdasan menjadi modal penting untuk masa depan. Itulah sebabnya Kepintaran dan kecerdasan harus selalu diasah. Nggak melulu lewat pendidikan formal kok, kamu bisa melatih dan mengasah kepintaran lewat berbagai cara. Salah satunya melalui kebiasaan sehari-hari yang sering kamu lakukan.

Baca juga : Karena Kesetiaan Itu Mahal, Maka Orang Murahan Memang Tak Bisa Melakukannya

Kebanyakan orang tak menyadari bahwa kebiasaan yang sering dilakukan bisa membawa dampak bagi diri sendiri, termasuk mencerdaskan dan mengasah kepintaran. Hanya saja tidak semua kebiasaan bisa bikin kamu makin pintar. Berbanggalah kalau kebiasaanmu termasuk disini, tanpa kamu sadari kamu bisa makin pintar dan cerdas karena sering melakukan hal ini.

Kebiasaan Sepele Ini Bisa Membuatmu Makin Pintar (msecnd.net)

1. Sering baca berita online

Jadi, selama ini smartphone sering kamu gunakan untuk apa? Main sosmed, stalking mantan, atau cuma buat chattingan doang? Nyatanya, keseringan menggunakan smartphone hanya akan memberikan dampak negatif bagi tubuh. Tapi tak selamanya buruk, nyatanya smartphone juga bisa membantumu mengasah kecerdasan. Memang bukan smartphonenya, tapi isinya.

Sering membaca berita online ataupun bermacam-macam informasi akan menambah wawasan yang kamu miliki. Selain itu akan melatih daya pikir dan kemampuanmu menanggapi informasi yang kamu terima. Entah itu berita penting maupun tidak.

Sering baca berita online (gleam.io)

2. Berkumpul dengan teman-teman pintar

Seperti yang banyak orang katakan. Jika kamu bergaul dengan tukang parfum, kamu akan tertular wanginya. Jika kamu bergaul dengan orang yang kotor, kamu juga akan ikut kotor. Sebuah keberuntungan jika kamu dikelilingi mereka yang pintar atau berwawasan luas.

Bergaul dengan mereka, kamu akan mendapat banyak pengetahuan baru. Wawasanmu akan semakin luas dan kecerdasanmu makin bertambah. Karena kepintaran dan kecerdasan juga bisa dipengaruhi oleh lingkungan.

punya teman teman pintar (nextavenue.org)

3. Membaca

Buku memang jendela dunia. Sayangnya tidak semua orang bisa menikmati kegiatan membaca. Bahkan membuka buku saja udah bikin ngantuk. Beruntunglah kamu yang bisa ‘bersahabat’ dengan buku. Sering menghabiskan waktu untuk membaca akan membuat wawasanmu semakin luas. Tak selalu membaca buku, kamu bisa membaca berita, cerita fiksi, cerita non fiksi atau bacaan jenis apapun.

Membaca (publiclibrariesonline.org)

4. Menjelaskan apa yang telah kamu pelajari

Menjelaskan kembali apa yang kamu pelajari kepada orang lain juga bisa membuatmu makin pintar lho. Hal ini karena mau tak mau kamu harus mengulang kembali apa yang telah kamu baca ataupun pelajari. Membuat orang lain mengerti dengan apa yang kamu sampaikan juga bukanlah hal yang mudah.

Menjelaskan apa yang telah kamu pelajari (lumentum.com)

5. Mencoba banyak hal baru

Hingga kini masih banyak orang yang takut untuk mencoba hal-hal baru yang belum pernah mereka coba sebelumnya. Hal-hal baru tak hanya akan membawamu keluar dari zona nyaman tapi juga akan memberikan berbagai pengalaman baru. Setiap pengalaman pasti memberikan pelajaran yang bisa kamu serap. Jadi, jangan takut mencoba hal baru ya selama itu bukan hal negatif!

Mencoba banyak hal baru (entitymag.com)

6. Olahraga teratur

Sudah bukan rahasia lagi kalau olahraga membawa banyak manfaat positif bagi tubuh. Tak hanya membuat tubuh semakin sehat dan bugar, olahraga juga bisa membuatmu lebih pintar! Setelah olahraga otak bisa berpikir lebih jernih sehingga pelajaran yang didapat bisa terserap dengan semakin baik. Apalagi kalau kamu terbiasa olahraga pagi sebelum memulai aktivitas, dijamin deh kecerdasan di depan mata!

Olahraga teratur (gilasport.com)

7. Tidur cukup dan piknik

Kurang tidur dan keseringan begadang justru akan menghambat kerja otak. Dari mulai menurunnya daya pikir hingga kurangnya konsentrasi menjadi tanda otak yang lelah. Mulai sekarang biasakanlah tidur dan juga istirahat yang cukup agar otak juga bisa bekerja dengan baik. Gunakan waktu sebaik-baiknya untuk beristirahat dan menghilangkan kejenuhan. Karena kebanyakan belajar yang terlalu dipaksakan juga tak akan membuatmu makin pintar.

Tidur cukup dan piknik (underarmour.com)

Nah itulah beberapa kebiasaan yang bisa membantumu makin pintar. Kalau kamu belum punya, lebih baik biasakan mulai sekarang yuk! 😀

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

7 Keuntungan Buat Kamu yang Jadian Sama Sahabat Dekat

Ini Dia 6 Kelebihan Golongan Darah AB dalam Urusan Cinta