Katanya Sih Listrik Indonesia Jadi yang Paling Mahal di Dunia. Bener Nggak?

Harga listriknya naik naik ke puncak gunung~

585
SHARES

Setelah adanya pencabutan subsidi, harga listrik memang mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Banyak masyarakat yang mengeluh, begitu pula dengan para pelaku industri. Apalagi baru-baru ini, masyarakat tengah dikejutkan dengan kabar bahwa harga listrik di Indonesia jadi yang paling mahal di dunia. Benarkah kabar ini?

Harga listrik Indonesia paling mahal di dunia (ULBE – Ulasan Lengkap Belajar Elektronika)

Mahalnya harga listrik ini pertama kali dikeluhkan oleh Ketua Umum Forum Industrii Pengguna Gas Bumi, Achmad Safiun, dalam diskusi tata kelola gas di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, yang dikutip dari diMedan.co. Menurut Achmad, tarif lsitrik saat ini mencapai USD11 cent per Kwh. Bahkan di beberapa daerah sudah mencapai 12 cent dan jadi yang paling mahal di dunia.

Padahal listrik adalah komponen penting dan roda penggerak industri. Tarif listrik akan mempengaruhi harga. Apalabila di bindang industri, kenaikan dan perubahan harga ini tentu akan berdampak langsung kepada masyarakat.

Mahalnya harga listrik di Indonesia (Online Shop Miss CHA)

Menurut yang dikutip dari diMedan.co, berikut ini harga listrik di beberapa negara dalam cent per Kwh: Amerika Serikat USD3, Bangladesh USD3, Vietnam USD7, Malaysia USD6, Pakistan USD6,6, Korea Selatan USD6 dan Indonesia USD11. Dari daftar ini, Indonesia berada di urutan pertama dengan harga yang paling mahal.

Namun kabar ini dibantah oleh Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang diwakili oleh Sekretaris Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Agoes Triboesono. Menurut Agoes, listrik di Indonesiajustru lebih rendah dari yang tertinggi di dunia. Bahkan lebih rendah dari negara tetangga, Singapura dan juga Malaysia.

Namun harga di Indonesia ternyata masih lebih rendah dibanding negara tetangga (permarksaran.com)

Selanjutnya Agoes menambahkan, bahwa secara penawaran infrastruktur tenaga listrik, Indonesia lebih menarik dibandingkan dengan negara lainnya, misalnya di tingkat ASEAN. Selain itu, pada saat ini, kondisi internal Indonesia untuk pengembangan tenaga listrik dinilai lebih bagus daripada periode sebelumnya.

Menurutnya, jika ada penelitian perbandingan harga listrik dan menempatkan Indonesia sebagai yang paling mahal di dunia, penelitian tersebut tidaklah valid ataupun belum melihat semua variabel yang dilibatkan.

Per Juli 2017 saja harga jual listrik kepada masyarakat berkisar antara Rp1.352 per kwh dibandingkan dengan Desember 2016, yakni sebesar Rp605 per kwh. Jika mau membandingkan dengan Malaysia, harga listrik disana sekitar Rp1.360 per kwh.

Harganya masih kompetitif (permarksaran.com)

Apabila membandingkan dengan negara yang jauh lebih maju, Amerika Serikat mematok harga sebesar USD10,42 per kwh. Sementara di Indonesia harganya lebih murah 40 sen atau sebesar USD10,2 per kwh. Tentu dengan ini Indonesia tak bisa jadi yang paling mahal.

Tarif dasar listrik nonsubsidi per Agustus 2017 adalah Rp1.467,28/kwh. Sedangkan untuk golongan 900 va yang baru saja mengalami pencabutan subsidi, berlaku tarif sedikit lebih rendah yaitu Rp1.352/kwh.

Listrik di Indonesia dicabut subsidinya (pijarnews.com)

Bantahan ini menegaskan bahwa harga listrik di Indonesia masih sangat kompetitif di tingkat ASEAN, hingga rasanya kurang tepat bila meletakkan Indonesia di urutan pertama dengan harga listrik yang paling mahal. Meskipun diakui, harga listrik baru-baru ini memang mengalami lonjakan yang sering dikeluhkan oleh masyarakat.

Jadi, berapa biaya listrikmu bulan ini?

585
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Author Erinda

"You can if you think you can"