Bernostalgia dengan Kata-Kata Mutiara dari Serial Kartun Favorit Generasi 90-an

Seru kartunnya, dapat pelajaran hidup pula

Saya yakin banyak dari pembaca Inovasee yang besar di era 90-an. Pada masa itu, anak-anak belum mengenal media sosial maupun pemainan elektronik yang kini bisa dimainkan dengan mudah melalui smartphone. Di masa itu, hiburan utama anak-anak adalah bermain dengan teman sebaya seperti sepakbola, lompat tali, dan lain sebagainya.

Baca juga : “Orang Bodoh Bisa Berbahagia dengan Kebodohannya” – Patrick Star

Kalaupun kamu dulu termasuk jarang beraktivitas di luar rumah, ada juga deretan serial kartun yang mengisi sore hari anak-anak. Apalagi di hari Minggu. Bisa seharian penuh tuh di depan layar televisi karena deretan serial khusus anak-anak tayang dari pagi hingga menjelang siang. Berbagai macam kartun itu juga mengajarkan banyak kebaikan melalui kata-kata mutiara yang terkandung di dalamnya. Yuk kita nostalgia mengenang beberapa di antaranya!

Pertengkaran itu wajar dalam berteman, tapi jangan karena sebuah pertengkaran kecil lalu bisa merusak pertemanan yang indah (Doraemon)

Nobita (anime-101.wikia.com)

Percayakah kalian kalau kata-kata sebagus itu ternyata keluar dari mulut Nobita? Salah satu tokoh utama dari serial Doraemon ini memang terkenal bodoh, pemalas, tidak bisa olahraga dan cengeng. Tapi jangan salah, Nobita adalah bocah yang amat menghargai pertemanan. Terkadang ia bahkan rela mengorbankan dirinya demi keselamatan teman-temannya saat mereka berpetualang bersama.

Kita tidak bisa menyerah hanya karena segala sesuatu tidak sesuai dengan harapan (Dragon Ball)

Piccolo (dvsgaming.org)

Meski Piccolo semula dikenal sebagai tokoh antagonis dan merupakan makhluk dari planet Namec, namun selanjutnya Piccolo berbalik jadi tokoh protagonis yang bahu-membahu bersama Son Goku cs menjaga perdamaian di Bumi. Tak heran jika Piccolo pun akhirnya bisa mengucapkan kata-kata inspiratif yang bisa memotivasi siapapun untuk tidak pernah menyerah.

Kata-kata adalah pedang. Jika salah menggunakannya akan mengubahnya menjadi senjata yang tajam (Detektif Conan)

Conan Edogawa (youtube)

Conan Edogawa mungkin terlihat seperti anak SD pada umumnya. Namun siapa sangka jika ia sebenarnya adalah seorang siswa SMA bernama Shinichi Kudo yang tubuhnya menyusut karena racun misterius? Meski tubuhnya mengecil, namun kecerdasan otaknya tidak berkurang. Sebagai salah seorang detektif SMA terkenal, Shinichi atau Conan tahu betul bahwa salah ucap bisa berakibat fatal dan mendorong orang untuk melakukan kejahatan. Oleh karenanya, selalu berhati-hatilah dalam berucap.

Teman adalah kekuatan (Spongebob Squarepants)

Patrick Star (pinterest)

Selain Spongebob yang dikenal punya tingkah laku aneh dan kadang menyebalkan, kita juga tahu bahwa ia juga memiliki sahabat karib bernama Patrick Star, seorang (atau seekor?) bintang laut yang dungu luar biasa. Meski begitu, Patrick meyakini bahwa teman adalah kekuatan. Ia meyakini bahwa setiap orang akan lebih kuat dan berani menghadapi hidup jika ada teman-teman baik di sisinya.

Aku adalah apa adanya aku (Popeye)

Popeye the Sailorman (youtube)

Pelaut kuat yang hobi makan bayam ini meyakini bahwa menjadi diri sendiri adalah yang paling baik. Kita tak perlu mencoba untuk meniru orang lain atau menjadi seseorang yang bukan diri kita sendiri hanya untuk mengesankan orang lain.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Karena Cinta Harus Selalu Menuntut, Bukan Hanya Diam Dan Menerima Apa Adanya

Terkadang, Mata Bisa Lebih Banyak Bercerita Ketimbang Bibir