Karena Traveling Nggak Selalu Sesuai Ekspetasi, Ini yang Harus Dilakukan Kalau Liburanmu Gagal!

Memang menyebalkan kalau mendapati sebuah realita yang tidak sama dengan ekspetasi yang diharapkan. Bahkan sangat jauh sekali perbedaannya dan bisa jadi bertolak belakang. Tapi mau bagaimana lagi, memang begitulah hidup. Kegagalan bisa hadir dimana saja termasuk saat kamu sedang liburan.

Liburan gagal, harus bagaimana? (miignon.com)

Pernah merasakan gagal ketika liburan? Sebut saja saat ketinggalan pesawat, tempat yang kamu kunjungi tak sesuai ekspetasi, hingga berbagai pengalaman buruk yang terjadi. Padahal kamu sudah menghabiskan banyak waktu, usaha dan biaya untuk mewujudkan piknik yang kamu idamkan. Banyak rencana yang sudah tersusun rapi namun akhirnya semua sia-sia. Lalu, apa yang harus kamu lakukan?

Menyiapkan mental untuk hal terburuk yang akan terjadi

Ketika merencanakan liburan, kamu pasti berharap yang terbaik. Ingin semuanya berjalan lancar sesuai ekspetasi. Namun jangan lupa untuk bersiap juga dengan kemungkinan terburuk. Utamanya menyiapkan mental agar tak terlalu kecewa nantinya. Oh ya siapkan juga fisik agar lebih siap menghadapi kemalangan yang tak diharapkan.

Menyiapkan mental untuk hal terburuk yang akan terjadi (pinimg.com)

Jika di kota tujuan kamu mendapati hal yang tidak sesuai keinginan, jangan dulu berkecil hati. Pikirkan cara untuk memperbaiki keadaan agar tak makin mengecewakan. Misalnya air terjun yang ingin dikunjungi ternyata kering kerontang, nah  segera pikirkan cara agar kamu tetap bisa bahagia. Entah dengan mencari spot baru atau menikmati sisi lain dari wisata tersebut.

Cari tau faktor yang membuat kamu gagal liburan

Saat kamu merasa liburanmu gagal dan kacau, coba evaluasi diri. Cari tau faktor apa saja yang membuatnya berantakan. Alih-alih bahagia mengapa kamu malah kecewa dan merasa sia-sia. Apa karena hotel yang tidak nyaman, akomodasi yang menyulitkan, atau bahkan lokasi yang tidak sesuai keinginan. Catat semua hal yang kira-kira membuatmu bete saat perjalanan.

Cari tau faktor yang membuat kamu gagal liburan (cloudfront.net)

Dengan mengetahui faktor apa saja yang menggagalkan, maka kamu bisa mencari solusi yang sesuai. Pun sebagai pembelajaran agar tak terulang di perjalanan selanjutnya. Yang penting kamu harus tau dulu penyebab mengapa liburan bisa gagal total.

Buat alternatif lain saat perencanaan

Jika kamu merasa sedih karena kagagalan liburan, maka buatlah alternatif untuk mengembalikan kebahagiaan. Tak perlu ragu pindah penginapan jika dirasa kotor atau tak nyaman. Pindah lokasi wisata kalau tak sesuai dengan harapan. Atau bahkan ubah jadwal kegiatan dan susun kembali sesuai keadaan terkini.

Buat alternatif lain saat perencanaan (miignon.com)

Berbagai rencana cadangan memang harus disiapkan saat perencanaan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Kamu berhak menikmati liburan sesuai dengan kemauan. Siapa tau plan B justru lebih menyenangkan dibanding rencana awal?

Nah itulah tiga hal yang bisa kamu lakukan ketika liburan berakhir berantakan. Jangan dulu kecewa atau bekecil hati ya. Semua bisa diperbaiki kok dengan pikiran jernih. Jadi, tak perlu takut lagi kalau realita tak sesuai ekspetasi.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *