5 Karakter Menteri Susi yang “Nyentrik” ini Patut Ditiru Perempuan Manapun

Menteri Susi, Kartini masa kini

1.4k
SHARES

Berbicara sosok Susi Pudjiastuti memang tidak akan pernah habis untuk kita telisik kisah menariknya. Sosok yang kehadirannya penuh dengan kontroversi ini memang memiliki sejuta kisah yang menarik untuk kita ulas. Susi memang bisa dikatakan mematahkan stigma masyarakat Indonesia dari berbagai persoalan.

Dari mulai seorang yang pendidikannya tidak sampai lulus SMA bisa menjadi menteri, kebiasaannya yang suka merokok dan minum kopi di depan umum yang bagi masyarakat Indonesia menjadi pemandangan yang tidak biasa, sampai tato yang terdapat di tubuhnya yang sempat ramai diperbincangkan masyarakat.

Susi pudjiastuti merupakan satu-satunya menteri yang tidak sampai lulus SMA (ibususipudjiastuti.blogspot.co.id/)

Namun di luar itu semua, sosok Susi Pudjiastusi memiliki beberapa karakter yang patut ditiru oleh perempuan manapun. Bahkan jika penulis tidak berlebihan, akan mengatakan jika Susi merupakan simbol emansipasi perempuan saat ini. Lalu hal apa saja yang ada dalam diri Susi yang bisa ditiru perempuan saat ini?

1. Sosok perempuan yang berkarakter pekerja keras

Jika kita baca kembali tentang biografi Susi Pudjiastuti, ia merupakan satu-satunya menteri yang tidak bergelar akademisi bergengsi, bahkan ia hanya lulusan sekolah menengah pertama. Meskipun pernah mengenyam pendidikan SMA, namun diakuinya itu tidak sampai mendapatkan ijazah dan hanya sampai di kelas dua.

Susi memang bukan berasal dari seorang akademisi, ia beranjak ke istana berasal dari seorang pebisnis yang sukses. Berbagai bisnis pernah ia geluti, dari mulai berbisnis pakaian sampai bedcover pernah ia tekuni. Namun layaknya pebisnis manapun Susi pernah mengalami pasang surut dalam menjalankan bisnisnya.

Berawal dari seorang pebisnis, Susi kini menjadi menteri (elshinta.com)

Karir Susi sebagai pebisnis mulai menemukan titik terang setelah ia memilih untuk terjun ke bisnis di sektor laut, khususnya jual beli ikan. Bisnis perikanan sepertinya memang cocok bagi perempuan kelahiran 15 Januari 1965 tersebut. Ia menggeluti bisnis tersebut dengan kerja eras yang patut diacungi jempol.

Susi turun tangan sendiri mengirim ikan yang ia beli di daerah Pangandaran untuk didistribusikan ke daerah Cirebon dan sekitarnya. Bahkan konon ia sering berhari-hari diatas truk untuk mengirim ikan. Bisnis Susi mencapai puncaknya setelah ia mengekspor lobster ke luar negeri, hingga kini Susi memiliki beberapa pesawat untuk menunjang bisnisnya dan alat transportasi umum yang kemudian diberi nama Susi Air.

Dari usaha lobster, susi melebarkan sayapnya di tranportasi udara dengan membeli pesawat dengan nama Susi Air (kapanlagi.com)

Sosok Susi yang pekerja keras dan pantang menyerah inilah yang patut ditauladani para perempuan saat ini.

2. Memiliki percaya diri yang kuat

Soal percaya diri, Susi bisa masuk nominasi sebagai salah satu orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Bayangkan saja, meskipun pendidikannya tidak begiu tinggi tapi ia tetap PD ketika beada ditengah-tengah forum para akademisi dan politisi. Bahkan beberapa kali ia mengisi acara di depan jutaan audiens yang berlatar belakang akademisi, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Menteri Susi memang terkenal dengan gayanya yang cuek dan percaya diri (mojok.co)

3. Sosok perempuan yang mandiri

Seperti yang kita singgung diatas, perjuangan Susi dalam membesarkan bisnisnya begitu luar biasa. Ia mengirim sendiri barang-barang jualannya ke restoran-restoran yang ada di berbagai daerah di Jawa Barat. Dengan menggunakan truk Susi dan seorang supir harus berhari-hari berkeliling dari satu kota ke kota lainnya untuk mengirimkan lobster dan ikan.

Meskipun berpendidikan tidak begitu tinggi, Susi selalu percaya diri tampil di forum-forum internasional (kkp.go.id)

Ha yang sangat jarang mau dilakukan perempuan saat ini, Susi tidak canggung untuk terjun ke nelayan langsung untuk membeli ikan dan lobster dan mengirimkannya sendiri. Kalau kebanyakan cewek saat ini sih jangankan bergulat dengan ikan yang baunya menganggu, ke pasar tradisional saja banyak yang gengsi. Meskipun tidak semuanya seperti itu  😀  santai sis..

4. Perempuan yang tidak begitu mempersoalkan penampilan, tetapi cakap dalam prestasi

Jika kamu sering melihat menteri Susi di bingkai foto media massa atau di layar televisi, kamu akan menemukan Susi tampil dengan kostum apa adanya, terkecuali dalam acara resmi kenegaraan Susi tampil lebih formal. Namun jika ia sedang bekerja sebagai menteri di lapangan ia akn meninggalkan pakaian formalnya dan memilih pakaian biasa yang terlihat lebih santai dan sederhana.

Soal penampilan, Mneteri Susi tidak begitu mempersoalkan (bisikan.com)

Jangankan polesan lipstik, eye liner, atau make up di wajahnya, untuk busana kerja di lapangan saja menteri perikanan dan kelautan ini cenderung apa adanya. Bandingkan dengan cewek sdi sekitarmu. Bagaimana penampilan mereka? Sudahlah jangan dijawab disini, cukup dalam hati saja  😀

5. Meskipun memiliki jabatan dan harta, ia tetap apa adanya

Beberapa hari terakhir ini mungkin kita sering lihat foto viral menteri Susi sedang ngopi dan merokok dengan santai diatas perahu kecil. Selain foto tersebut mungkin kamu juga meliha bagaimana Susi mengunakan mobil pick up terbuka saat berkunjung ke daerah. Kunjungan Susi yang menggunakan mobil pick up bahkan sampai mendapatkan apresiasi dari masyarakat Indonesia.

Meskipun menjadi menteri, Susi masih tetap tampil apa adanya

Susi memang unik, energik, dan nyentrik. Berbeda dengan tuan menteri lainnya yang terhormat dengan pengawalan ketat jika mengunjungi daerah, Susi justru tampil apa adanya dengan duduk di belakang mobil pick up. Jika kita boleh mengomentari, padahal ia seorang pebisnis yang sukses loh yang omzetnya sampai miliaran, apalagi ia seorang menteri.

Menteri Susi saat mengunjungi daerah denan menggunakan mobil pick up polisi (liputan6.com)

Karakter menteri Susi yang satu ini memang sangat patut menjadi contoh bagi kita semua. Meskipun ia bergelimang harta dan tahta, namun ia memilih hidup sederhana dan apa adanya.

1.4k
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,