Kamu yang Pekerjaannya Selalu Diremehkan Orang Lain, Merasakan Hal Ini Nggak?

Nggak usah didengerin!

Ketika pertama kali kamu memasuki dunia kerja, sebenarnya disaat itulah hidup yang sebenarnya dimulai. Saat kuliah mungkin kamu mengharapkan banyak hal ketika bekerja, entah sesuai dengan jurusan, minat ataupun mendapatkan gaji tinggi. Namun faktanya, semua tidak selalu sesuai dengan ekspetasi yang kamu bayangkan.

Ketika pekerjaanmu diremehkan (trbimg.com)

Mulai dari susahnya dapat pekerjaan, sekalinya dapat tapi nggak sesuai jurusan, nggak sesuai passion hingga gaji yang minim. Saat mulai bekerja, banyak masalah dan kendala yang dihadapi, target yang terlalu tinggi hingga tekanan dari orang-orang dan lingkungan sekitar.

Ketika kamu menghadapi kasus seperti itu, dukungan orang tua, teman, sahabat hingga keluarga sangat dibutuhkan untuk mengembalikan semangat. Namun apa jadinya kalau orang-orang disekitar nggak mendukung dan justru meremehkan pekerjaan kamu? Mungkin inilah yang sedang kamu rasakan.

Semangat memudar mengingat pekerjaan nggak dianggap

Persaingan ketat di kantor mengharuskanmu mengumpulkan semangat setiap pagi agar bisa selelu dan lebih produktif daripada yang lainnya. Namun semangat ini seakan luntur seketika saat kamu mendengar cibiran dan cemooh orang-orang sekitar tentang apa yang kamu kerjakan.

Semangat memudar mengingat pekerjaan nggak dianggap (postmalesyndrome.com)

Semangat yang susah payah kamu kumpulkan berganti dengan rasa malas luar biasa yang menyelimuti diri. Goodmood juga berganti dengan badmood hingga kamu kurang produktif saat bekerja.

Pengen cari pekerjaan lain, tapi belum tentu senyaman pekerjaan sekarang

Cemooh dan cibiran yang kamu dapatkan terkadang “menggoda” untuk mencari pekerjaan lain yang lebih sesui. Namun mengingat sulitnya mencari pekerjaan, membuatmu berpikir dua kali untuk melakukannya. Meskipun dapat, kamu tak bisa menjamin bahwa pekerjaan baru akan lebih nyaman dari pekerjaan yang sekarang.

Pengen cari pekerjaan lain, tapi belum tentu senyaman pekerjaan sekarang (becomegorgeous.com)

Belum lagi kamu harus muali adaptasi dnegan lingkungan baru, menjalin kehangatan dan kekeluargaan dengan teman-teman baru dan tentu ini tidaklah mudah. Kamu bimbang, harus mencari pekerjaan yang lebih “layak” menurut orang lain atau harus bertahan dengan pekerjaan sekarang meskipun penuh cibiran.

Meskipun posisi tinggi jika sudah diremehkan sejak awal akan sama saja rasanya

Setiap karyawan pasti sangat senang apabila mendapatkan kenaikan gaji maupun jabatan, meskipun kamu tidak cinta dengan pekerjaan atau kantor setidaknya kamu akan senang dengan kenaikan ini. Yang seharusnya kamu bisa lebih semangat karena prestasi yang kamu dapatkan, namun ini tak ada asrtinya apabila tidak ada dukungan dari orang-orang terdekat.

Meskipun posisi tinggi jika sudah diremehkan sejak awal akan sama saja rasanya (iqglobal.intel.com)

Mereka merasa apa yang kamu raih adalah hal biasa yang tidak memberikan efek khusus pada hidupmu. Dan lagi-lagi perspektif ini tidak berubah karena sejak awal mereka telah meremehkan pekerjaanmu.

Jadi, pekerjaan apa yang cocok untukmu?

Mungkin di awal kamu tidak terlalu memperdulikan omongan orang sekitar. Dapat pekerjaan saja sudah beruntung, hingga omongan negatif tak kamu hiraukan. Namun apabila cibiran ini terus saja berlanjut justru menjadi sumber kegalauan bagimu. Kamu mungkin mulai bertanya, apakah benar pekerjaan tersebut cocok untukmu?

Jadi, pekerjaan apa yang cocok untukmu (wp.com)

Terus menerus mendengarkan cibiran membuat pikiran menjadi kacau dan produktivitas menurun. Lama-kelamaan kamu justru tak tahu harus melakukan apa dan hanya buang-buang waktu memikirkan nasib di masa depan.

Tapi kamu tetap harus bersyukur

Daripada terus buang-buang waktu memikirkan cibiran orang-orang yang tidak sejalan denganmu, lebih baik lakukan apa yang bisa kamu kerjakan. Bersyukur dengan keadaan sekarang dimana kamu bisa mendapatkan pekerjaan. Di luar sana masih banyak orang yang berjuang keras hanya agar bisa bekerja dan berada di posisi kamu sekarang.

Tapi kamu tetap harus bersyukur (kilroy.net)

Meskipun banyak yang meremehkan, setidaknya kamu bisa hidup mandiri dengan pekerjaanmu, bisa mendapatkan gaji setiap bulannya dan kemampuan yang terus terasah hingga berguna untuk masa depan. Jadi, bersyukurlah!

Satu-satunya jalan untuk membungkam mulut mereka yang meremehkanmu adalah dengan keberhasilan dan kesuksesan. Dengerin omongan orang memang nggak akan ada habisnya, jadi lebih baik bekerja keras saja hingga cibiran berubah jadi pujian. Semangat!

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Waspada! Inilah Bahaya Saat Mengupload Foto Hamil di Media Sosial

Meski Terlihat Sangat Sederhana, Logo-logo Ini Memiliki Harga yang Bisa Bikin Melongo