Pada Akhirnya, Kamu Hanya Bisa Memiliki 5 Sahabat Saja

Seribu teman terlalu sedikit, satu musuh terlalu banyak. Lima sahabat? Pas dan tepat

“Seribu teman terlalu sedikit, satu musuh terlalu banyak”. Pernah mendengar kalimat ini? Saat susah, ada saja teman yang memberi dukungan. Itu, kalau kamu punya banyak teman. Tapi sebuah riset baru membuktikan, sebagian besar orang hanya bisa memiliki sahabat dalam satu waktu.

Dalam hidup, sebenarnya berapa teman yang kita butuhkan? | pixabay.com

Lima, 10, 35, dan 100

Riset yang dilakukan oleh Robin Dunbar, Padraig McCarraon, dan Kimmo Kaski itu bertujuan untuk membuktikan pendapat mereka bahwa adanya lapisan dalam hubungan manusia itu benar. Menurut mereka, rata-rata satu orang memiliki lima sahabat, 10 teman dekat, 35 teman biasa, 100 kenalan.

Pada akhirnya, setiap orang rata-rata hanya akan memiliki lima sahabat saja. | roswellpark.org

Mengambil data dari enam miliar panggilan telepon yang dibuat oleh 35 juta orang di sebuah negara di kawasan Eropa pada tahun 2007, riset yang kemudian diberi nama Dunbar’s number itu dilakukan dengan cara melihat siapa saja yang dihubungi lewat telepon, dan seberapa sering.

Hasilnya, menunjukkan bahwa lapisan hubungan yang disimpulkan Dunbar dan kedua temannya mendekati kesempurnaan. Rata-rata, setiap orang memiliki 4,1 sahabat, 11 teman dekat, 29,8 teman biasa, dan 128,9 kenalan.

Era media sosial

Kesimpulan lain yang menarik dari riset ini adalah persamaan yang dimiliki orang ekstovert dan introvert. Meski ekstrovert terlihat lebih mempunyai banyak teman daripada mereka yang introvert, pada akhirnya, dua kelompok ini tetap memiliki jumlah sahabat dan teman yang nyaris sama.

Meskipun saling bertolak belakang, orang ekstrovert dan introvert ternyata mempunyai jumlah sahabat dan teman yang nyaris sama. | pixabay.com

Tapi walau bagaimana pun, perlu diingat bahwa data yang digunakan untuk riset ini berasal dari data tahun 2007, di mana belum semua orang mempunyai smartphone dan asyik berteman di media sosial.

Media sosial memang sangat membantu untuk menjaga kualitas hubungan di saat kamu tidak bisa menemui teman secara langsung. Tapi, seberapa pun seringnya kamu berkomunikasi lewat media sosial, persahabatanmu bisa memudar kalau kamu enggan menemui mereka secara langsung.

Jadi, berapa sahabat yang sampai saat ini masih kamu pertahankan? Coba mention mereka di kolom komentar.

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *