Kakeibo: Konsep Hemat Uang Ala Jepang Hingg 35 Persen

Sampai kapan kamu mau boros seperti itu?

Meski sudah tahu pentingnya menyisihkan sebagian dari hasil penghasilan, tapi tetap saja, masih banyak orang yang kesulitan mengatur keuangan. Dengan kata lain, menabung adalah hal yang sulit bagi mayoritas orang. Nah, kalau kamu tak mau terus-terusan seperti mereka, cobalah kakebo.

Menabung adalah hal yang sangat sulit bagi banyak orang. | pexels.com

Apa itu kakeibo?

Kakeibo adalah konsep hemat uang ala masyarakat Jepang hingga 35 persen. Konsep ini ditemukan pada tahun 1904 oleh Hani Motoko, seorang jurnalis Jepang. Kini, konsep kakeibo semakin populer setelah penulis Fumiko Chiba merilis buku panduan kakeibo dalam bahasa Inggris.

Konsep hemat uang kakeibo diklaim bisa menghemat uang hingga 35 persen. | dailymail.co.uk

Dibanding konsep hemat uang lain, kakeibo terbilang lebih sederhana. Setiap awal bulan, kamu hanya perlu memeriksa berapa banyak uang yang sebenarnya kamu miliki. Periksa dengan seksama apa yang kamu dapatkan, dari gaji tetap, bonus, atau penghasilan tambahan lainnya.

Selanjutnya, rencanakan dengan tepat berapa banyak uang yang akan kamu belanjakan, berapa banyak yang akan ditabung, dan tulis apa yang perlu dilakukan untuk memastikan kamu bisa berkomitmen penuh pada rencana yang kamu buat sendiri tersebut.

Setelah itu, pisahkan uang ke dalam empat kategori, yaitu:

  1. Kelangsungan hidup, yaitu makanan, keperluan rumah tangga, transportasi, sewa tempat tinggal, dan kesehatan.
  2. Opsional, termasuk makan di luar, pakaian, dan pembelian barang-barang hobi atau koleksi.
  3. Hiburan seperti membeli buku, menonton konser, atau menonton film.
  4. Biaya tambahan, yaitu biaya tak terduga, membeli hadiah, atau biaya perbaikan rumah.

Hal sederhana yang membuat perbedaan

Percayalah, kalau kamu benar-benar bisa berkomitmen, kamu pasti bisa mengeluarkan uang yang tepat untuk setiap kategori. Kabar baiknya, kamu bahkan bisa mencatat pengeluaran mingguan sehingga bisa dengan mudah melacak ke mana uangmu pergi.

Mengeluarkan uang yang tepat untuk tujuan yang tepat. Itulah konsep kakeibo. | uk.news.yahoo.com

Kemudian pada akhir bulan, periksa catatan kakeibo-mu untuk melihat pengeluaran bulan terakhir secara keseluruhan, dan memeriksa apakah rencana anggaranmu berhasil atau ada yang salah, untuk kemudian merencanakan bagaimana kamu akan melakukan hal yang berbeda bulan depan.

Memisahkan uang tunai secara fisik ke dalam beberapa dalam amplop membuat kamu cenderung tidak membelanjakannya untuk hal lain. Hal sederhana seperti itu, bisa membuat perbedaan besar. Bertindak dengan sabar dan konsisten adalah apa yang mendorong keberhasilan konsep kakeibo.

Konsep ‘keharusan’ dan ‘keinginan’

Di jaman sekarang, segala sesuatu bisa dibeli dengan sangat cepat. Inilah fungsi kakeibo sebenarnya: membantu memperlambat pengambilan keputusan sehingga bisa mempertimbangkan apa saja yang akan kamu beli dengan cara yang tenang dan terukur.

Dengan kakeibo, kamu bisa bisa mempertimbangkan apa saja yang akan dibeli dengan cara yang tenang dan terukur. | intelejen.co.id

Kakeibo juga bisa menjadi latihan untuk memahami konsep ‘keharusan’ dan ‘keinginan’. Kamu, akan tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan dan apa saja yang sebenarnya bisa dihilangkan.

Mengaplikasikan kakeibo adalah tentang menghapus hal yang tidak perlu dari pengeluaran sehari-hari. Setelah terbiasa, kamu akan tahu berapa banyak uang yang masuk, memikirkan bagaimana harus menghabiskan sisanya, dan berencana melakukan kakeibo dengan lebih baik lagi.

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *