John Hanke: Sebelum Meruntuhkan Semua Rekor, Pokemon GO Adalah Visi Tanpa Nama Selama 20 Tahun

Jauhkan kata “akhir” dari pikiranmu, kemudian fokuskan hari ini untuk menaikkan level hidupmu

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk meraih kesuksesan dalam semalam? Bagi John Hanke, perlu waktu setidaknya 20 tahun untuk membuat sebuah game fenomenal bernama Pokemon GO.

Pokemon GO telah memecahkan semua rekor dengan 10 juta unduhan di minggu pertama. Hasil ini melebihi pengguna aktif harian Twitter, dan waktu rata-rata yang dihabiskan penggunaannya jauh di atas Facebook, Snapchat, Instagram, dan WhatsApp.

(Via gamemonday.com)
(Via gamemonday.com)

Lalu, bagaimana John Hanke berhasil membuat pencapaian gila tersebut hanya dalam semalam? Berikut ini adalah 10 langkah yang dia lalui dengan hati-hati dan penuh kepercayaan diri selama 20 tahun.

1. 1996 – Menciptakan MMO (Massively Multiplayer Online Game)

Saat masih berstatus mahasiswa, John menciptakan MMO (Massively Multiplayer Online Game) pertama dalam sejarah yang diberi nama Meridian 59. Namun, kemudian dia malah menjual game tersebut pada 3DO dan beralih ke tujuan yang lebih besar: pemetaan dunia.

(Via meridian59.de)
(Via meridian59.de)

2. 2000 – Menciptakan Keyhole dan peta 3D berbasis GPS

Empat tahun kemudian, John meluncurkan aplikasi Keyhole yang mampu menghubungkan peta dengan pencitraan wilayah. Di tahun yang sama juga, dia menciptakan peta 3D berbasis GPS pertama dalam sejarah teknologi dunia.

(Via techinsider.io)
(Via techinsider.io)

3. 2004 – Dengan bantuan John, Google mengubah Keyhole menjadi Google Earth

Google membeli Keyhole dan dengan bantuan John, Keyhole menjadi apa yang sekarang kita kenal sebagai ‘Google Earth’. Sejak saat itulah John memutuskan untuk fokus pada pembuatan game berbasis GPS.

(Via geek.com)
(Via geek.com)

4. 2004-2010 – Menciptakan Google Maps dan Google Street View

John berlari kencang bersama tim Google Geo pada tahun 2004 sampai 2010 untuk menciptakan Google Maps dan Google Street View. Pada periode ini juga dia membentuk sebuah tim yang nantinya akan menciptakan Pokemon GO.

(Via venturebeat.com)
(Via venturebeat.com)

(Via ttgtmedia.com)
(Via ttgtmedia.com)

5. 2010 – Meluncurkan Niantic Labs

Setelah berhasil dengan Google Maps dan Google Street View, John langsung meluncurkan Niantic Labs sebagai sebuah startup yang didanai oleh Google untuk membuat game berbasis peta. John pun menjelaskan mengapa dia memberi nama Niantic.

(Via plus.google.com)
(Via plus.google.com)

“The Niantic adalah nama dari sebuah kapal penangkap ikan paus yang muncul saat demam emas melanda Amerika. Selama bertahun-tahun, San Francisco pada dasarnya hanya dibangun di atas kapal tersebut. Sebenarnya sekarang Anda masih berdiri di atas kapal tersebut, Anda hanya tidak menyadarinya. Itu menjadi sebuah ide besar bahwa ada hal-hal di dunia ini yang benar-benar keren namun tidak pernah kita lihat, bahkan di internet sekali pun.”

6. 2012 – Menciptakan Ingress, MMO berbasis geo-location pertama

Pada tahun 2012, John menciptakan MMO berbasis geo pertama, Ingress.

John menjelaskan, “aktivitas dalam Ingress saling tumpang-tindih antara dunia nyata dan dunia maya. Saya mendapat ide ini ketika sadar bahwa ada sesuatu yang selalu saya gunakan setiap bolak-balik dari rumah ke kantor Google.”

(Via allthingsd.com)
(Via allthingsd.com)

“Saya berpikir bisa membuat game mengagumkan menggunakan semua data geo-location yang ada. Saya menyadari bahwa smartphone menjadi semakin kuat dan sudah waktunya Anda memainkan game petualangan online berbasis dunia nyata yang benar-benar keren.”

7. 2014 – Mendapatkan ide Pokemon GO setelah melihat guyonan Google dan The Pokemon Company

Google dan The Pokemon Company bekerja sama untuk membuat lelucon April Mop pada tahun 2014, dimana para penonton dalam acara tersebut ditantang untuk menemukan Pokemon pada peta Google. Peristiwa tersebut adalah sebuah langkah besar karena John kemudian menemukan ide untuk mengubahnya menjadi game nyata.

(Via youtube.com)
(Via youtube.com)

8. 2014 setelah April Mop – Memulai proyek Pokemon GO

John memutuskan untuk membangun Pokemon GO, dimulai dari titik-titik pertemuan yang telah diciptakan oleh para pengguna Ingress. Di Pokemon GO, titik-titik ini nantinya bernama Pokéstops dan Gyms.

(Via youtube.com)
(Via youtube.com)

Seperti yang dikatakan John, “Pokestops diserahkan sepenuhnya oleh pengguna, jadi jelas bahwa tempat-tempat tersebut berdasarkan di mana pengguna berada. Kami memiliki data berusia dua setengah tahun yang berisi semua tempat yang selalu digunakan pengguna Ingress, tidak terkecuali daerah terpencil seperti Antartika dan Kutub Utara.”

9. Desember 2015 – Februari 2016 – menyatukan lebih dari 40 perusahaan untuk merampungkan proyek Pokemon GO

John mengumpulkan dana $ 25 juta dari Google, Nintendo, The Pokemon Company, dan lebih dari 40 investor lain dari Desember 2015 sampai Februari 2016 untuk segera merilis Pokemon GO.

(Via youtube.com)
(Via youtube.com)

10. 6 Juli 2016 – John merilis Pokemon GO

John dan timnya merilis Pokemon GO pada tanggal 6 Juli 2016 di Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru. Sejak dirilis, harga saham Nintendo langsung naik $ 12 miliar. Sementara itu, Pokemon GO menghasilkan lebih dari $ 2 juta setiap hari dari pembelian dalam aplikasi. Sebuah fenomena gila dalam semalam.

(Via theverge.com)
(Via theverge.com)

Kesuksesan Pokemon GO dalam semalam telah membayar tuntas kerja keras John Hanke selama 20 tahun sebelumnya. Selama 20 tahun tersebut, dia memiliki visi besar dari sebuah game, namun tidak pernah tahu akan seperti apa hasilnya. Selama 20 tahun tersebut, pada setiap langkah, dia hanya fokus pada level yang lebih tinggi.

Pada setiap level yang baru, dia memiliki kekuatan baru, anggota tim baru, dan ide-ide baru.


Apakah kamu akan seperti John yang memperlakukan MMO sebagai langkah awal untuk sebuah pencapaian besar?

Jauhkan kata “akhir” dari pikiranmu, kemudian fokuskan hari ini untuk menaikkan level hidupmu. Pada setiap level, akan tumbuh kekuatan dalam dirimu, timmu, dan keberuntunganmu. Dan pahami bahwa, dibutuhkan banyak level untuk memenangkan sebuah game.

Dibutuhkan waktu 20 tahun untuk sukses dalam semalam - Eddie Canto Click To Tweet

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Kulit Belang Setelah Main di Pantai? Tenang, Atasi Saja dengan 5 Bahan Alami Ini

Resmi Pakai Putih Abu-abu? 4 Hal ini Mungkin Akan Menghantuimu