Jika Kamu Sudah Menjalin Persahabatan Selama 7 Tahun. Kamu Sudah Menjadi Bagian dari Keluarganya

Sahabat sejati memang bisa menjadi saudara namun beda ayah dan ibu..

Persahabatan bisa jadi bukan hanya sekedar hubungan pertemanan yang hanya diikat hanya dengan sebuah perkenalan. Namun lebih dari itu, persahabatan memiliki peran lebih banyak kepada diri kita dibandingkan dengan hanya sekedar pertemanan.

Biasanya, kita akan lebih dekat dengan sahabat dibandingkan dengan teman. Bahkan sahabat bisa tahu segala hal tentang diri kita, dari yang sifatnya rahasia, sampai hal-hal apa yang kita suka maupun tidak suka, biasanya sahabat lebih tahu.

Persahabatan sejati (zettamedia.co)

Hal tersebutlah yang menjadikan status persahabatan biasanya lebih lama terjalin. Bahkan, menurut psikologi, jika hubungan persahabatanmu sudah berjalan selama tujuh tahun, kamu sudah menjadi bagian keluarganya jika dilihat dari kedekatan sosial (bukan dari status).

Ikatan persahabatan yang sudah dibangun lebih dari tujuh tahun, maka kedekatan dan kehangatan yang muncul pun layaknya seorang keluarga sendiri. Rasa pengertian, empati dan simpati, akan muncul jika persahabatnmu sudah mencapai tujuh tahun.

Adapun alasan yang mendasari kenapa persahabatan yang terjalin selama tujuh tahun bisa menjadikan kamu layaknya seperti seorang keluarga ialah sebagai berikut.

Sudah sering menghadapi suka duka bersama

7 tahun bukanlah waktu yang sebentar untuk menjalin persahabatan dengan orang lain. Maka tidak heran jika waktu selama itu akan banyak sekali kejadian suka maupun duka yang akan kamu lewati bersama sahabatmu.

Suka duka hadapi bersama (tribunnews.com)

Moment-moment melewati hal-hal tersebutlah yang justru akan membuat hubungan persahabatnmu semakin lebih dekat.

Tahu segala rahasia satu sama lain

Jangan ngaku sebagai sahabat sejati jika kamu tidak tahu rahasia-rahasia dari sahabatmu. Biasanya seorang sahabat merupakan bunker rahasia dari sahabatnya. Sebab sahabat merupakan orang yang paling sering bersamanya, paling tahu segala permasalahannya, dan paling ngerti dengan karakter kita.

Seorang sahabat pasti tahu rahasia sahabatnya (liputan6.com)

Maka tidak heran jika sahabat merupakan tempat paling nyaman untuk curhat persoalan pribadi. Pada akhirnya sahabatlah merupakan gudang penyimpanan rahasia kita.

Rasa saling percaya yang kuat

Rasa saling percaya antar sahabat (hipwee.com)

Tidak mungkin kan kita akan menceritakan rahasia kita kepada orang yang tidak kita percaya. Seorang sahabat merupakan dia yang bisa dipercaya dan layak untuk dipercaya. Jika sudah saling percaya, kamu bisa dikatakan sedang menjalin hubungan persahabatan sejati tanpa takut akan dikecewakan atau ditusuk dari belakang.

Bisa menjadi diri sendiri tanpa ada yang harus ditutup-tutupin

Jika kamu masih suka jaim dengan sahabatmu, sepertinya kamu perlu cek lagi apakah benar dia sahabat sejatimu? Sebab jika sudah berstatus sahabat, seharusnya tidak ada kata-kata jaim lagi saat sedang bersamanya.

Kamu tidak perlu jaim-jaim an lagi sama sahabatmu (newshub.id)

Kamu bisa menjadi dirimu sendiri tanpa ada yang harus ditutup-tutupin. Kamu tidak takut sahabatmu akan meninggalkanmu, atau ngomongin hal buruk tentangmu yang orang lain tidak tahu. Sebab sahabat sejati tidak akan melakukan hal itu.

Pengertian, perhatian, empati dan simpati sangat kuat

Inilah yang menjadikan sahabatan selama tujuh tahun bisa dikatakan sudah menjadi bagian dari keluarga. Layaknya seorang saudara kandung, sahabat yang seperti ini akan saling memiliki perhatian, empati, dan simpati yang sangat kuat. Bahkan sahabatmu bisa jadi akan sangat marah dan tidak terima jika ada orang yang menyakiti hatimu.

Rasa empati dan simpati yang cukup tinggi (liputan6.com), 

Itulah beberapa alasan menurut psikologi kenapa pesahabatan selama tujuh tahun kamu akan dianggap sebagai bagian dari keluarga sahabatmu. Punya sahabat seperti ini?

Amin Aulawi (Aw)

Written by Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Dari 7 Tipe Pengguna Facebook Berikut Ini, Mana yang Paling Sering Kamu Jumpai?

Jangan Biarkan Rasa Bersalah Terus Mengikuti, Ini Cara Untuk Menghilangkannya Dari Dalam Diri