Jika Hubungan Kamu Mulai Hambar, Lebih Baik Teruskan atau Udahan?

Karena setiap pilihan punya konsekuensinya, coba pikirkan matang-matang

Rasa bosan dan hambar seringkali dirasakan pasangan yang menjalin hubungan dalam waktu lama. Mungkin di awal hubungan rasanya berbunga-bunga, setiap hari bertemu dan berkomunikasi secara intens tidak menjadi masalah. Namun seiring waktu berjalan, perasaan menjadi hambar dan rasa bosan mulai menjalar. Apalagi jika tak ada sesuatu yang baru dalam hubungan tersebut.

Baca juga : Kalau Sudah Tak Cinta Mending Katakan Saja, Jangan Tunjukkan Dengan Hal-hal Menyakitkan Ini

Hubungan mulai terasa hambar (Romantic Love Messages)

Jika sudah dihinggapi rasa bosan dan hambar, nggak sedikit pasangan yang memilih perpisahan. Tapi ada juga yang memilih bertahan dan lanjutkan. Rasa bosan sendiri sebenarnya disebabkan karena tidak adanya hal-hal atau rutinitas baru dalam hubungan. Rasa bosan ini kemudian menjelma menjadi perasaan hambar. Jika sudah begini, apa yang mesti dilakukan?

1. Mencoba berbagai macam gaya kencan

Mungkin selama ini kamu dan pasangan hanya jalan-jalan mengelilingi mall, makan bareng ataupun sekedar nonton bioskop. Mulai sekarang cobalah cari suasana baru dengan gaya kencan yang berbeda. Kamu dan pasangan bisa mencoba olahraga bersama, traveling ke tempat baru hingga kegiatan sosial.

Mencoba berbagai macam gaya kencan (wallpapersguru.com)

Berbagai kegiatan baru ini akan memberikan udara segar bagi hubungan yang sudah berlangsung lama. Tak hanya menghilangkan rasa bosan, kamu dan pasangan juga bisa mendapat pengalaman baru dan saling belajar bagaimana mengatasi sebuah masalah.

2. Memberikan kejutan-kejutan kecil

Selain mencoba berbagai gaya kencan baru, kamu juga bisa mulai memberikan kejutan-kejutan kecil untuknya. Memberikan kejutan tak harus menunggu hari atau momen spesial. Berikan saja kejutan secara tak terduga pada hari yang tak terkira.

Memberikan kejutan-kejutan kecil (datingdonut.com)

Nggak perlu kejutan yang mahal, kamu bisa mulai dengan menelponnya di pagi buta hanya untuk berkata “I love you” atau tiba-tiba datang memberinya sarapan. Kejutan-kejutan ini bisa membuat hubunganmu lebih berwarna dan terhindar dari rasa bosan.

3. Jangan memendam rasa bosan

Jika sedang bosan ataupun merasa hambar, jangan pendam sendirian. Alih-alih mengabaikannya, kamu justru harus mengutarakan semua yang kamu rasakan padanya. Ajak dia untuk mencari solusi terbaik. Buatlah catatan-catatan apa yang sebenarnya kamu inginkan dalam sebuah hubungan.

Jangan memendam rasa bosan (datedialogue.com)

Ingat kembali kenapa kamu memilihnya sebagai pasanganmu dan apa yang membuatmu begitu mencintainya. Ingat momen-momen indah kalian berdua. Atau kalau perlu, ulangi momen tersebut untuk menghilangkan rasa hambar.

4. Jadilah pendengar yang baik untuknya

Jangan selalu menuntutnya untuk mendengarkan apapun yang kamu keluhkan. Cobalah sesekali dengarkan apa yang dia sampaikan. Jadilah pasangan yang juga pendengar yang baik baginya. Dengan menjadi pendengar yang baik, kamu bisa tau apa saja yang dia inginkan dan cobalah untuk lakukan selama kamu mampu.

Menjadi pendengar yang baik (cloudfront.net)

Menjadi pendengar yang baik tak hanya saat kalian ngobrol dan bertukar pikiran, kamu juga bisa melakukannya saat kalian bertengkar. Dengan begitu kamu bisa melihat suatu masalah dari sudut pandang lain.

5. Buatlah sebuah karya bersamanya

Untuk menghilangkan rasa hambar, jenuh maupun bosan kamu bisa menerapkan cara ini. Cobalah untuk membuat sebuah karya bersamanya. Entah itu lukisan, lagu, desain produk atau apapun sesuai minat kalian berdua.

Membuat karya bersama (rmafinancial.co.nz)

Cara ini terbukti bisa mengatasi rasa “flat” dalam hubungan. Selain itu kamu juga bisa lebih mengenal dirinya, tau bagaimana kreativitasnya, minatnya, bakatnya, cara berpikir hingga bagaimana memanajemen waktu. Intensitas kebersamaan kalian akan meningkat, kalian juga akan mendapatkan hal-hal baru yang tak terduga.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu coba ketika rasa bosan menghampiri. Jika memang cara di atas tak bisa mengatasi rasa jenuhmu dengannya, berati hubungan kalian harus dipertimbangkan kembali apakah harus diteruskan atau tidak. Karena memang rasa jenuh itu wajar, jadi jangan buru-buru memutuskannya hanya karena rasa bosan sesaat.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Pernah Jadi Imam di Masjidil Haram, 3 Ulama Indonesia Ini Lebih dari Mengagumkan

Meski Terlihat Sepele, Profesi Pelawak Menjadi Profesi yang Butuh Kecerdasan Tingkat Tinggi