Jerawat Itu Menyebalkan. Tapi Bagi Remaja, Justru Bagus untuk Tunda Penuaan

Jadi bagaimana, kamu masih malu setiap kali ada jerawat yang tanpa malu muncul di jidatmu?

Ya.. jerawat itu menyebalkan. Entah itu satu, apalagi sampai jumlahnya banyak. Kamu yang pernah jerawatan atau istilah kerennya breakout, pasti paham rasanya. Tapi kalau kamu jerawatan di masa remaja, kamu justru lebih beruntung daripada teman-temanmu yang berkulit mulus. Lho.. kok bisa?

Orang yang berjerawat justru lebih beruntung daripada mereka yang berkulit mulus. | kinosmidja.com

Hasil riset pada 1.205 perempuan

Karena menurut riset King’s College London, orang yang berjerawat di masa remaja akhirnya justru punya kulit yang terlihat lebih muda setelah beranjak dewasa. Kesimpulan ini merupakan hasil riset sampel darah dari 1.205 perempuan kembar, yang 25 persen di antaranya pernah jerawatan.

Orang yang berjerawat di masa remaja akhirnya justru punya kulit yang terlihat lebih muda setelah beranjak dewasa. | youtube.com

Secara terpisah, periset mencocokkan usia antara 195 kembar tak berjerawat, dengan 39 kembar jerawatan. Mereka lalu melakukan biopsi kulit dan menggunakan seluruh data genom untuk membandingkan ekspresi gen.

Semakin banyak jerawat, penuaan semakin lambat

Riset ini mempelajari telomer pada kromosom partisipan. Mereka menemukan kaitan antara telomer, jumlah jerawat, dan proses penuaan. Telomer yang lebih panjang merupakan faktor yang menjelaskan perlindungan terhadap penuaan dini pada kulit individu yang sebelumnya menderita jerawat.

Semakin banyak jerawat, maka perlindungan tubuh dari penuaan semakin kuat. | skincare.com

Enzim telomerase berfungsi melindungi telomer dan mengurangi kerusakan DNA yang berkontribusi pada proses penuaan. Artinya, semakin banyak jerawat, maka proses penuaan juga semakin lambat.

Apakah ada buktinya? Ada. Orang yang punya keluhan jerawat cenderung lebih lama mengalami keriput, kulit menipis, dan tanda-tanda penuaan lain. Berbeda dengan mereka yang di masa remajanya berkulit mulus.

Jadi bagaimana, kamu masih malu setiap kali ada jerawat yang tanpa malu muncul di jidatmu?

Bagaimana.. suka dengan apa yang baru saja kamu baca? Kalau iya, maka jangan ragu untuk membagikannya kepada teman dan orang-orang tercinta.

Salam, dan jangan lupa bahagia!

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *