Jeans yang Jarang Dicuci Justru Makin Oke, Mitos Atau Fakta?

Asal jangan sampai bulukan dan berjamur deh….

Bagi para pecinta jeans dan denim, pastinya sering mendengar aneka istilah, mitos dan fakta seputar jenis pakaian yang populer itu. Salah satunya adalah istilah fading yang merupakan istilah untuk menggambarkan perubahan warna jeans atau denim di bagian-bagian tertentu akibat proses pemakaian.

Uniknya, perubahan warna ini justru kemudian digemari dan bahkan statusnya naik menjadi seni tersendiri yang bisa membuat penggunanya puas dan bangga. Sejumlah mitos pun beredar mengenai fading tersebut, termasuk pertanyaan klasik: benarkah jeans yang jarang dicuci justru akan semakin oke?

Kampanye Nudie

Menurut mitos, jika kita menginginkan hasil fading pada jeans dan denim kita makin oke, maka akan lebih baik jika kita jarang mencucinya. Bahkan, Nudie yang merupakan brand jeans dan denim asal Swedia pun telah mengkampanyekan pada para penggunanya untuk tidak mencuci jeans-nya minimal selama enam bulan hingga satu tahun setelah pemakaian pertama!

Fading yang oke mensyaratkan kita tidak mencuci jeans hingga minimal 6 bulan pemakaian (nudiejeans.com)

Alasannya, hal tersebut bisa menciptakan karakter pada setiap jeans melalui guratan luntur warna indigo. Sejumlah situs fashion pun mengatakan hal serupa. Pada dasarnya, fading terjadi karena adanya gesekan pada bagian-bagian tertentu pada jeans yang mengakibatkan warna indigo terlepas dari jeans. Jadi saat kita mencelupka jeans pada air dengan tujuan ingin mencucinya, maka indigo tersebut akan makin terkelupas pula dan mengakibatkan adanya perbedaan-perbedaan warna di bagian tertentu.

Menyalahkan air

 

Atas dasar itulah banyak pecinta jeans dan denim yang lantas menyalahkan air sebagai penyebab rusaknya hasil fading pada jeans dan denim kesayangannya. Air dianggap jahat bagi jeans dan denim karena mengakibatkan lepasnya indigo. Padahal ini tidak selamanya benar, karena kualitas jeans juga mempengaruhi tingkat indigo yang lepas.

Air adalah musuh utama jeans? (says.com)

Jeans buatan jepang contohnya, adalah salah satu jenis jeans yang secara umum memiliki kualitas handal. Jeans Jepang diketahui memiliki kualitas indigo yang bagus dan juga teknik dying yang canggih. Itulah sebabnya Jeans buatan Jepang lebih kuat mempertahankan indigo dan fading yang oke meski jeans dicuci berkali-kali.

Perhatikan baik-baik petunjuk pencucian yang diinstruksikan oleh produsen jeans-mu (thatmamalove.com)

Dari penjelasan di atas, bisa kita simpulkan bahwa jarang mencuci jeans memang bisa membuatnya lebih oke. Kalaupun kamu ingin segera mencucinya karena satu dan lain hal, pastikan kamu menaati panduan mencuci yang sudah dijelaskan oleh produsen jeans. Contohnya, Dry Denim atau Raw Denim adalah jenis denim yang wajib menunggu minimal 6 bulan pemakaian sebelum diperbolehkan untuk dicuci.

Nggak apa-apa deh jeans kita bau karena dipakai terus-menerus selama minimal 6 bulan, yang penting tampilannya oke punya dan kece badai. Ya, nggak?

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Ngapain Beli iPhone X Kalau Ternyata 8 Fitur Andalannya Sudah Ada di Android?

Luar Biasa, Inilah Daftar Tarif Endorsement Artis Indonesia. Ada yang Sampai Rp 20 Juta!