4 Alasan Kenapa Jasa Mak Comblang Sudah Tak Lagi Digunakan Saat Ini

Dulu begitu populer, bagaimana nasib mak comblang saat ini ya?

Mak comblang bukanlah nama wanita tua, tapi sebutan untuk orang yang mencarikan pasangan. Profesi tanpa bayaran itu begitu populer dulu sebelum maraknya penggunaan media sosial di dunia maya. Jika ada yang mencari pacar tinggal minta tolong teman atau seseorang untuk didekatkan dengan lawan jenis yang diincar. Nah yang dimintai tolong itulah yang disebut dengan mak comblang.

Jika ingin kepo pada gebetan tinggal tanya saja ke mak comblang. Ingin memberikan sesuatu tapi malu memberikan secara langsung, mak comblang dengan senang hati akan melakukannya. Pokoknya, peran mak comblang sangat penting sekali dalam penyatuan dua hati menjadi sepasang kekasih. Namun, menjadi mak comblang juga ada suka dan dukanya, seperti merasa bahagia tak terkira ketika melihat pasangan yang dicomblangi akhirnya menikah.

Tapi terkadang mak comblang juga ikut terlibat dalam berbagai masalah pelik terkait percintaan. Namun itu dulu, saat ini mak comblang sudah tidak populer lagi. Tak banyak yang mau menjadi mak comblang begitu juga yang mau menggunakan jasanya. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa jasa mak comblang sudah tak lagi digunakan saat ini.

1. Anak Sekarang Lebih Terbuka

Tak bisa dipungkiri lagi jika anak zaman sekarang lebih terbuka bahkan kepada lawan jenisnya. Jika anak remaja zaman dulu malu-malu, jangankan untuk ngobrol dan menyapa, memandang pun masih malu. Sehingga jika ingin berkenalan, maka terlebih dahulu mak comblang yang turun tangan untuk mengenalkan. Tapi tidak untuk kebanyakan anak masa kini yang lebih terbuka dalam pergaulan.

Lebih terbuka [via huffingtonpost.com]
Lebih terbuka [via huffingtonpost.com]
Mereka tampil apa adanya dan jika menyukai seseorang, sudah lebih berani untuk ngomong secara langsung. Jika sudah mendapatkan nomor kontak si gebetan, langsung deh usaha pendekatan dilancarkan demi menggaet gebetan menjadi pasangan kekasih. Fenomena ini terjadi karena pengaruh pergaulan yang semakin bebas termasuk juga eksisnya media sosial di dunia maya.

2. Eksisnya Media Sosial

Jangan mengaku generasi masa kini jika tidak tahu berbagai macam situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, hingga Instagram. Perkembangan teknologi memungkinkan manusia memiliki kehidupan lain yang terkadang malah lebih seru dibanding dunia nyata. Apalagi kalau bukan dunia maya. Eksisnya media sosial membuat seseorang bisa mengenalkan diri, mencari teman, bahkan berbagi beragam informasi terkait pribadinya. Mulai dari foto diri, hingga alamat.

Media sosial [via thenanfang.com]
Media sosial [via thenanfang.com]
Dulu sebelum ada gempuran media sosial, mak comblanglah yang bertugas mencari tahu berbagai informasi termasuk juga nama, alamat, umur, hingga hobi dan makanan favorit. Namun karena semua informasi itu bisa didapat lewat media sosial, banyak yang tak membutuhkan jasa mak comblang lagi.

3. Banyak Aplikasi Kencan Online

Saat ini juga banyak muncul aplikasi kencan online dan pencarian jodoh yang fungsinya sama seperti mak comblang yaitu memasangkan orang-orang yang sedang mencari pasangan dengan bantuan aplikasi chatting. Sebut saja Tinder dan Happen yang bisa digunakan oleh para jomblo untuk mencari teman kencan. Jika cocok, tentu bisa lanjut ke tahapan yang lebih serius seperti pacaran atau bahkan pernikahan.

Aplikasi kencan online [via sheknows.com]
Aplikasi kencan online [via sheknows.com]
Di aplikasi tersebut, kamu bisa memasang foto dan menampilkan data diri. Orang yang tertarik akan langsung mengajakmu untuk berbalas pesan online. Begitu juga sebaliknya, kamu akan dihadapkan pada beberapa foto pengguna aplikasi chat online. Kamu bisa langsung mengajaknya berkenalan dan bertukar informasi. Jika cocok, langsung saja ajak untuk berkencan siapa tahu dia memang jodohmu.

4. Pemborosan

Menggunakan jasa mak comblang juga seringkali dianggap pemborosan. Memang mak comblang dikenal sebagai profesi tak berbayar, tapi kadang kala mereka sering meminta traktiran karena dengan bantuan merekalah kamu akhirnya bisa menggaet si dia menjadi pacar.

Pemborosan [via merdeka.com]
Pemborosan [via merdeka.com]
Belum lagi jika kamu ingin memberikan sesuatu untuk gebetan, mereka juga seringkali minta jatah tersendiri. Kalo kamu nggak ngasih, mereka nggak akan mau memberikan titipanmu itu. Tapi karena sekarang ada aplikasi kencan online, menggunakan mak comblang yang dinilai pemborosan sudah mulai ditinggalkan.

Itulah beberapa alasan kenapa mak comblang tak lagi digunakan. Bagimana menurut kamu? Pernah menjadi mak comblang atau menggunakan jasanya? Silahkan tuliskan pengalamanmu di bawah ini ya.

Written by Titasya Anugraheni

Titasya Anugraheni

She's busy with her life goals: living life to the fullest. a sky lover, sunrise hunter.

5 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

  3. Pingback:

  4. Pingback:

  5. Pingback:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *